Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Apakah Makan Tengah Malam Dapat Menyebabkan Kegemukan?”.

Sobat sehat, dalam praktek keseharian, saya menemukan banyak pasien yang ingin menurunkan berat badan dan mereka bertanya seperti ini. Saya sudah mengumpulkan pertanyaannya. Dan saya akan bacakan untuk anda.

“Dok, bisakah berat badan turun tanpa olahraga? Saya malas, dok. Karena setelah saya berolahraga, badan saya sakit semua”. Kemudian pertanyaan berikutnya :

“Dok, bisakah berat badan turun walaupun saya hobi ngemil?”.

Kemudian : “Dok, kalau jam 11-12 malam, saya suka nongkrong di restoran fastfood. Apakah makan tengah malam berpengaruh dengan kegemukan saya? Karena semenjak saya pindah ke Surabaya, berat badan saya naik 8 kg”.

Lalu ada juga yang bertanya karena saya juga buka praktek akupuntur. Jadi, ada yang bertanya seperti ini : “Dok, bisakah jika setelah akupuntur badan saya kempes?”. Dipikir balon mungkin, ya..

Oke, kita lanjutkan pertanyaan selanjutnya. Yaitu : “Dok, adakah cara kurus tanpa harus berolahraga dan harus diet?”. Di video ini, saya akan membahas pertanyaan-pertanyaan itu semua. Jadi, nanti anda jangan bertanya hal yang sama lagi.

Oke, mari kita bahas yang pertama. “Dok, bisakah berat badan turun tanpa olahraga?”. Jawabannya BISA. Tetapi tidak maksimal dan tidak baik untuk tubuh anda. Karena begini.. Berapapun berat badan anda, gemuk, kurus ataupun normal tetap membutuhkan olahraga. Tetapi jika anda ingin menurunkan berat badan tanpa harus olahraga, kuncinya nomor satu adalah mengurangi jumlah kalori harian anda atau disebut kalori defisit.

Dengan melakukan itu, walaupun anda tidak olahraga, berat badan anda akan turun secara perlahan.

Tetapi, tentu saja tidak akan maksimal. Karena mungkin massa otot anda juga ikut turun, selain lemak. Jika anda tetap berolahraga, maka massa otot anda akan tetap bertahan. Atau mungkin, massa otot anda akan lebih besar daripada sebelumnya. Tetapi, yang dibakar adalah lemak di dalam tubuh anda. Dan tentu saja hasilnya akan lebih bagus, serta hasilnya akan lebih cepat ketika anda melakukan olahraga.

Kemudian, pertanyaan yang kedua. “Dok, bisakah berat badan turun walaupun saya hobi ngemil?”. Ini agak susah ya.. Karena yang pertama, tergantung dari cemilan yang anda konsumsi. Cemilan itu ‘kan di luar makanan utama. Jadi, makanan utama itu pagi, siang dan malam. Dan di antara jam makan berat ini, mungkin anda ngemil krupuk, kripik kentang, tahu isi, tahu goreng, pisang molen dan sebagainya.

Coba hitung berapa kalori harian anda, kemudian dibagi. Jadi bagi anda yang hobi ngemil, mungkin anda bisa tetap ngemil. Hanya saja diganti dengan makanan yang kalorinya lebih kecil. Contohnya anda yang biasanya makan kentang goreng, anda ganti ngemil kentang rebus. Karena kalorinya tentu saja akan lebih kecil. Tetapi sebelumnya, hitung dulu kalori harian anda, lalu dibagi.

“Biasanya camilan apa saja dok, yang kalorinya kecil?”. Buah-buahan, jawabannya. Atau sayur-sayuran. Jadi ketika anda lapar, anda bisa mengkonsumsi apel. Kemudian semangka, seperti itu. Itu adalah makanan yang kalorinya kecil, tetapi cukup mengenyangkan untuk anda. Mungkin di mulut tidak enak, karena anda terbiasa makan makanan yang digoreng.

Kemudian yang ketiga. “Dok, kalau jam 11-12 malam, saya suka nongkrong di restoran fastfood. Apakah berpengaruh makan tengah malam dengan kegemukan saya? Karena semenjak saya pindah ke Surabaya selama 6 bulan, berat badan saya naik 8 kg”.

Normalnya, kita sebagai manusia pada malam hari itu tidur. Bukan nongkrong, kemudian jam 11-12 masih makan.

Tetapi jika anda melakukan itu sesekali, ya silahkan. Bukan setiap hari. Jadi, ketika anda sudah mencukupi kalori harian, pagi sudah makan, siang sudah makan, dan malam sudah makan. Ditambah lagi camilan, dan ditambah lagi pada tengah malam anda makan. Coba anda hitung berapa jumlah kalori yang masuk. Jika melebihi dari kalori harian anda, tentu saja berat badan anda akan naik.

Dan juga ada satu faktor lagi. Yaitu ketika anda makan tengah malam, hal ini sudah pernah saya bahas di video saya sebelumnya. Ada yang namanya hormon BMAL1. Jadi, hormon ini memproduksi lemak lebih banyak lagi. Jadi apabila anda makan tengah malam, kalori sudah berlebih, ditambah lagi hormon ini membantu untuk membuat lemak. Jadi, anda pasti akan susah untuk mendapatkan penurunan berat badan.

Oke, kita lanjut ke pertanyaan selanjutnya. “Dok, bisakah jika setelah akupuntur badan saya kempes tanpa harus diet?”. Jawabannya adalah TIDAK BISA. Karena yang ada di dalam tubuh anda, yang membuat perut anda buncit itu adalah lemak, bukan udara. Jika balon diisi udara, mungkin kempes. Atau mungkin pecah. Tetapi kalau lemak, tidak bisa seperti itu.

Jadi, anda tetap membutuhkan kerjasama. Akupuntur, kemudian pola makan anda, dan olahraga. Kemudian jam istirahat/tidur malam. Jangan sampai anda begadang. Maka hormon anda juga ikut kacau. Akhirnya, program penurunan berat badan anda akan terganggu.

Bagi anda yang ingin cara instan, hanya mengandalkan akupuntur saja bisa langsung turun, itu tidak bisa. Maaf, tidak ada jalan pintas. Anda harus melakukan semuanya.

Kemudian, pertanyaan selanjutnya. : “Dok, adakah cara kurus tanpa harus capek berolahraga dan tanpa harus diet?”. Wah, ini jelas orangnya malas banget ya.. Jadi bagi anda yang tidak mau berolahraga dan tidak mau diet, jawabannya ada. Pernah dengar sedot lemak atau liposuction? Itulah jawabannya. Jadi bagi anda yang tidak suka olahraga, tidak suka mengurangi pola makan atau mengurangi jumlah kalori, silahkan sedot lemak. Tetapi saya tidak menyarankan hal itu. Mengapa?

Setelah anda sedot lemak, kelihatannya lemak anda berkurang. Mungkin di daerah perut yang disedot. Tetapi, lemak visceral anda tidak bisa berkurang. Itulah yang justru berbahaya bagi tubuh anda. Dan ketika pola makan anda tidak berubah, gaya hidup anda tidak anda ubah, tidak pernah olahraga, tentu saja badan anda akan bengkak lagi. Atau sepeti ‘yoyo’.

Jadi setelah disedot, lemaknya naik lagi. Tentu saja, anda semua tidak menginginkan hal ini.

Dan seperti biasa, bagi anda yang menyukai video seperti ini, silahkan klik like di bawah ini, subscribe dan share kepada teman-teman anda.

Disini saya juga memberikan 2 video lagi untuk anda. Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here