Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Video kali ini saya tujukan untuk para wanita yang sedang hamil. Jadi, pada video kali ini saya akan membahas tentang : “Kenapa Wanita Hamil Cepat Lapar & Pengen Makan Terus?”.

Sobat sehat, bagi mereka yang baru pertama kali hamil, tentunya mereka belum memiliki pengalaman sehingga mereka memiliki segudang pertanyaan.

Jadi ada yang bertanya :

“Apakah saat hamil tidak boleh mengendarai motor?”

Kemudian ada juga yang bertanya :

“Apakah meminum air kelapa saat hamil bisa membuat kulit anak saya putih?”

Kemudian ada juga yang bertanya :

“Dok, mengapa ketika hamil bawaannya cepat lapar dan pengen makan terus?”

Beberapa pertanyaan lainnya dari sobat sehat tentang kehamilan sudah pernah saya jawab di video saya sebelumnya. Khusus pada kesempatan kali ini, saya akan membahas pertanyaan “mengapa ketika hamil bawaannya cepat lapar dan pengen makan terus?”.

Sebenarnya ibu yang hamil pada trimester pertama itu tidak membutuhkan banyak kalori. Mereka justru cenderung sering mengalami gejala-gejala yang tidak enak. Ada yang mengalami mual dan muntah, kemudian badan pegal-pegal, pusing, atau bahkan gangguan mood. Ada yang berkata : “Mungkin itu bawaan orok..”

Ketika masuk ke trimester kedua, biasanya nafsu makan mulai naik. Kemudian badan mulai bertambah besar, perut juga badan mulai bertambah besar karena janin di dalam perut juga ikut berkembang. Pada saat inilah kebutuhan kalori anda akan meningkat. Biasanya orang akan berkata begini : “Jika saat hamil perut mulai bertambah besar, maka anda harus menambah porsi makanan jadi porsi double. Kalau biasanya makan 2 donat, sekarang jadi 4 donat. Kalau biasanya makan mie 1 mangkuk, sekarang harus 2 mangkuk”.

Sebenarnya hal ini tidak 100% salah, tetapi juga agak keliru. Memang ketika wanita hamil pada trimester kedua dan ketiga itu perut mereka sudah semakin membesar. Otomatis, kebutuhan kalori mereka juga bertambah. Namun, bukan berarti sampai dua kali lipat. Misalkan kebutuhan kalori harian anda biasanya 2000 kalori, bukan berarti ketika hamil anda butuh 4000 kalori. Akhirnya, anda hanya mengikuti nafsu makan saja tanpa memperhatikan nilai gizinya. Akhirnya, berat badan anda naik sampai 20-30 kilo. Padahal, bayi yang anda kandung itu maksimal berat badannya 3,5 kilo.

Lalu, mengapa berat badan anda bisa naik begitu pesat?

Itu karena anda tidak memperhatikan makanan anda. Lalu, bagaimana tipsnya agar anda dapat menaikkan jumlah kalori tanpa menaikkan berat badan anda secara berlebihan?

Ya, wanita hamil memang membutuhkan kalori yang lebih banyak, yaitu sekitar 300-350 kalori tambahan. Jadi, perhatikan jam makan anda. Bukan berarti sekali makan itu dalam porsi besar, setelah itu makan lagi dan makan lagi. Jadi, anda harus menghitung kalori anda. Anda harus menghitung berapa kebutuhan protein anda, lalu anda bagi menjadi 5-6 kali makan. Tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan kalori dan kebutuhan gizi anda serta anak anda. Jadi, bukan untuk memenuhi nafsu makan anda.

Ingat, kebutuhan kalori itu berbeda dengan kebutuhan nafsu makan.

Lalu, bagaimana cara mengatur pola makan yang baik?

Kebanyakan wanita hamil itu ngidam makanan yang manis-manis. Makanan manis itu perlu, tetapi jangan setiap kali makan anda mengkonsumsinya. Jadi, bisa anda ganti dengan makanan yang mengandung karbohidrat. Gantilah dengan makanan mengandung karbohidrat yang simple dan dikombinasi dengan karbohidrat kompleks. Makanan mengandung karbohidrat yang simple itu contohnya donat, roti, gula atau sirup juga boleh anda konsumsi. Namun, sebaiknya dikombinasi dengan karbohidrat kompleks sehingga kebutuhan nutrisi anda tetap terpenuhi.

Karbohidrat kompleks itu contohnya sayuran yang tinggi serat. Anda dapat mengkonsumsinya, sehingga kebutuhan nutrisi sekaligus serat anda tetap terpenuhi. Lalu zat gizi lainnya yang penting adalah protein dan lemak yang baik untuk perkembangan janin anda. Protein ini merupakan bahan dasar sel.

“Lalu, bagaimana dengan suplementasi? Apakah saya butuh mengkonsumsi suplemen ketika hamil?”

Hal ini kembali lagi pada kebutuhan diri anda masing-masing, karena kondisi setiap individu itu berbeda. Namun anda bisa konsultasi kepada bidan atau dokter kandungan anda tentang masalah ini. Biasanya anda akan diberi suplemen seperti asam folat atau vitamin B9. Untuk suplemen protein dan lainnya, itu tergantung kebutuhan diri anda masing-masing. Jika anda tidak memiliki nafsu makan saat hamil atau tidak kuat makan banyak, maka anda bisa menambahkan suplemen untuk memenuhi kebutuhan gizi anda.

Sobat sehat, sekian informasi yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat untuk anda yang sedang hamil, dan semoga anda serta bayi anda selalu dalam keadaan sehat.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here