Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini saya akan membahas topik yang cukup menarik. Yaitu tentang : “Kenapa Tubuh Tetap “Biasa Saja” Meski Sudah Makan Sehat?”.

Sobat sehat, kita sering mendengar bahwa “diri kita adalah apa yang kita pikirkan”.

Hal ini sering kita dengar dari motivator atau kita baca dari buku-buku motivasi. Tetapi di dalam dunia kesehatan, “kita adalah apa yang kita makan”. Tentu saja.

Namun banyak orang yang menyepelekan hal tersebut. Mereka menganggap, “Yang penting kenyang. Murah, kenyang dan enak”. Jadi ramah di kantong, enak di lidah, puas dan kenyang pula. Sama. Saya dulunya pun juga seperti itu. Apalagi kita yang tinggal di kost-kostan, masih kuliah. 3 syarat tadi itu adalah yang paling utama. Namun setelah belajar dan mengerti, ternyata tubuh manusia disusun oleh makanan-makanan yang kita konsumsi.

Saya ingin bertanya kepada anda. Dulu anda ketika lahir berapa kilogram? Mungkin ada yang beratnya 2,5 kg, 2,8 kg, 3 kg atau 3,5 kg. Lalu, sekarang berat anda berapa? Mungkin ada yang menjawab, “Saya 50 kg, saya 60 kg, saya 70 kg, saya 80 kg”. Dari berat anda 2-3kg tadi sampai ke berat anda yang sekarang, mengapa bisa terjadi seperti itu? Pasti karena dari makanan yang anda makan. Bukan dari obat-obatan, bukan dari Rumah Sakit. Maksud saya, semua itu dari makanan.

Jadi, makanan sangat berperan penting untuk membentuk tubuh kita.

Ibaratkan saya mau membangun rumah. Maka saya membutuhkan batu bata yang baik, semen, dan pasir yang seimbang. Misalnya saya membangun rumah, maka membutuhkan 100 ribu batu bata. Ternyata batu bata yang saya miliki hanya separuhnya saja. 50 ribu, misalnya. Bisakah saya ‘paksakan’ menjadi rumah? Jawabannya BISA.

Tetapi apa yang terjadi? Rumah tersebut tidak akan kokoh, tidak akan kuat. Mungkin kena angin sedikit atau kena badai, rumah tersebut ambruk/roboh. Atau baru kita tinggali 1-2 tahun sudah banyak retak dimana-mana karena komposisinya tidak seimbang antara batu bata, semen, pasir, air dan sebagainya.

Begitu juga dengan kondisi tubuh kita. Pernahkah anda mengalami ketika sudah tidur cukup, tetapi rasanya masih kurang. Badan anda masih lemas. Lalu tidak ada masalah, tidak ada apa-apa, tetapi rasanya anda malas sekali. Anda mudah mengantuk, anda mudah capek. Bisa jadi selain pikiran anda, makanan anda juga berpengaruh terhadap kondisi fisik anda saat ini.

Sobat sehat, sebenarnya apa sih yang tubuh kita perlukan?

Banyak teman-teman, banyak sobat sehat yang bertanya di kolom comment : “Dok, cara diet yang baik itu bagaimana? Apa yang harus saya makan? Anak-anak harus makan apa?”. Jadi begini, saya pernah bahas di video saya sebelumnya. Bahwa komponen gigi manusia, sistem pencernaan manusia, dan kuku manusia itu semuanya mirip dengan hewan herbivora. Jadi anda bisa melihat hewan herbivora itu makanannya apa.

Banyak dari kita yang ketika makan, porsi dagingnya jauh lebih besar. Dan mungkin, dalam satu bulan, anda mengkonsumsi sayur dan buah-buahan hanya sekali dalam seminggu. Jadi dalam sebulan, mungkin hanya 4 kali. Tetapi, anda tidak pernah absen makan sate, rendang, nasi padang, dan sebagainya. Nasi Padang masih bagus, karena ada sayur nangka dan sayur daun singkong. Itupun kalau anda makan. Biasanya, saya lihat mereka tidak makan, tetapi dibuang. Yang dimakan hanya nasi, santan, dan dagingnya saja.

Sistem pencernaan kita (manusia), ususnya panjang, mirip dengan hewan herbivora. Susunan gigi kita pun sama dengan hewan herbivora, taring kita hanya empat. Kecuali gigi kita taring semua, seperti macan misalnya. Wajar saja kalau anda makan daging yang banyak. Dari susunan anatomi tubuh manusia, baik gigi maupun pencernaan tadi (usus), sebenarnya kita mirip dengan herbivora. Jadi wajar saja kalau kita harus banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Bukan saya melarang anda untuk makan daging, tidak. Jadi, anda tetap membutuhkan sumber protein juga dari daging dan dari biji-bijian (kacang-kacangan). Namun kebanyakan dari kita, pola makan kita seperti karnivora atau harimau. Jadi jumlah dagingnya banyak, dan anda lupa menyertakan sayur-sayuran di dalamnya.

Akhirnya yang terjadi adalah pencernaan anda banyak bermasalah. Seperti sembelit atau konstipasi, kemudian wasir. Dari WHO menyarankan bahwa kita membutuhkan 5 sampai 9 porsi sayur-sayuran dan buah-buahan setiap harinya. Jadi dengan mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan, tubuh kita dilengkapi dengan vitamin, mineral dan zat fito kimia atau fito nutrisi. Ini semua dapat menjaga stamina kita dan sistem imun kit jauh lebih baik ketimbang anda hanya mengkonsumsi daging.

Lalu saya juga pernah mendapatkan pertanyaan seperti ini, “Dok, saya sudah makan sehat setiap hari. Saya sudah kurangi gorengan. Saya sudah tidak makan gorengan sama sekali, saya tidak makan kerupuk, dan saya tidak makan sebagainya. Tetapi mengapa badan saya tidak ada perbaikan? Justru semakin menurun. Stamina saya menurun, energi saya menurun. Disini saya akan menjelaskan.

Ketika anda berubah dari pola makan lama ke pola makan yang baru,  anda melakukannya dengan terpaksa. Jujur, ini benar ‘kan? Anda tidak suka sayur, tiba-tiba anda disuruh makan sayur. Anda akan melakukannya dengan terpaksa.

Jadi sobat sehat, saya mau memberitahukan kepada anda semua bahwa segala sesuatu yang dilakukan secara terpaksa, hasilnya tidak akan baik.

Begitu pula dengan makanan. Jadi, caranya adalah berusahalah untuk belajar makan sayur-sayuran. Saya tahu bahwa tidak semua orang bisa menerima jika ‘harus makan sayur’. Saya juga memiliki beberapa teman yang bila disuruh makan sayur, pasti menolak. Terutama bagi anak-anak. Disinilah peran orang tua untuk anak-anak mereka.

Jangan dibiasakan setiap hari hanya diberi mie instan. Tetapi coba diajarkan, diberi makan sayur-sayuran dan buah-buahan. Mungkin anda bisa mencoba dengan jumlah kecil dulu. Lalu dinaikkan secara pelan-pelan. Daripada anda langsung mencoba dalam jumlah besar, tetapi anda makan dengan terpaksa. Anda jengkel dan anda maki-maki, “Wah, Dokter Sung suruh saya makan yang seperti ini!”. Rasanya itu tidak akan baik.

Jadi, yang perlu anda lakukan adalah anda harus berusaha menikmatinya. Jadi sesuatu yang bisa anda nikmati itu hasilnya akan jauh lebih baik daripada anda makan dalam keadaan terpaksa. Disini juga ada beberapa video bagaimana cara memasak yang baik. Bagi anda yang ingin masak sayuran tetapi tidak tahu harus diapakan, jadi anda bisa cek di YouTube. Banyak sekali channel memasak, dan salah satunya saya tampilkan disini.

Semoga penjelasan singkat ini dapat anda mengerti dan dapat memberikan manfaat untuk anda semua. Dan seperti biasa, jika anda menyukai video ini silahkan klik like di bawah ini, comment dan share kepada teman-teman anda.

Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here