Kenapa Saya Flu & Bagaimana Cara Mengatasinya?

0
28

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Kalau sebelumnya saya pernah membahas tentang common cold atau masuk angin, Pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik : “Kenapa Saya Flu & Bagaimana Cara Mengatasinya?”.

Sobat sehat, selama ini yang kita tahu ketika kita sedang sakit, batuk, pilek, maka orang-orang menyebut saya sedang sakit ‘pilek’ atau ‘saya sedang masuk angin’. Sebenarnya, ini adalah hal yang berbeda. Jadi, pilek merupakan gejala dari suatu penyakit.

Biasanya, yang anda sebut common cold atau masuk angin itu gejalanya lebih ringan.

Tetapi gejalanya memang mirip dengan flu, tetapi biasanya flu itu akan lebih berat. Jadi anda akan merasa sakit kepala, mual, pusing, kemudian hidung pilek, batuk, dan gejala-gejala lainnya seperti nyeri sendi dan nyeri otot. Dan biasanya pada penyakit flu atau influenza musiman gejalanya akan lebih parah dibandingkan mereka yang hanya masuk angin.

Dari segi virus juga berbeda. Virus penyakit flu itu disebabkan oleh virus influenza tipe A atau B. Sedangkan common cold itu disebabkan oleh virus rhinovirus. Namun, gejalanya memang mirip-mirip, apalagi pada mereka y ang memiliki daya tahan tubuh lemah. Akhirnya, gejala ini akan muncul lebih dominan. Jadi, sakitnya kelihatan lebih parah, dan bahkan bisa masuk Rumah Sakit untuk diopname karena menimbulkan komplikasi.

Jadi, flu ini merupakan penyakit yang cukup serius. Saya pernah membaca literatur dari WHO. Disini dikatakan bahwa epidemi musiman terjadi terutama pada musim dingin, dari Oktober hingga Maret di belahan bumi bagian utara. Sedangkan di bagian selatan terjadi mulai dari April hingga September. Lalu, bagaimana dengan negara tropis dan subtropis?

Jadi, influenza musiman ini dapat terjadi sepanjang tahun di kedua negara tersebut.

Indonesia ini masuk di garis khatulistiwa. Negara kita tergolong negara tropis. Itulah sebabnya influenza ini bisa terjadi sepanjang tahun. Oleh sebab itu, sobat sehat perlu menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat.

Lalu, bagaimana cara agar kita bisa sembuh setelah terkena flu?

Misalnya saya sudah terinfeksi virusnya. Maka caranya adalah anda harus banyak minum air putih. Kemudian istirahat yang cukup, jangan terlalu banyak aktivitas. Bagi anda yang punya hobi jalan-jalan atau olahraga, anda bisa olahraga secukupnya. Jika tidak kuat, sebaiknya anda istirahat dulu. Ha; ini berguna untuk memulihkan sistem imun anda.

Kemudian, anda harus makan makanan yang bergizi. Hindari gorengan dulu. Kebanyakan kalau terkena flu, pasti disertai juga dengan radang tenggorokan. Terasa nyeri pada saat menelan sesuatu. Ini juga yang membuat orang malas makan ketika flu. Jadi sudah terkena infeksi, malas makan, plus tenggorokannya sakit pula. Akhirnya, asupan makanan akan berkurang. Kalau sudah begini, bagaimana caranya?

Anda bisa tambahkan dari suplemen.

Lalu, kapan harus ke dokter?

Jadi apabila gejala yang anda rasakan sudah berat dan tidak kuat, sebaiknya anda pergi ke dokter. Karena takutnya anda mengalami komplikasi, misalnya sesak napas atau pneumonia. Dengan berkonsultasi dengan dokter, anda bisa mendapatkan terapi yang tepat. Dan diharapkan penyakit ini bisa lebih cepat sembuh.

Tetapi pada beberapa kasus, pada orang-orang yang daya tahan tubuhnya kuat, mereka yang menderita flu ini akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu sekitar 1-2 minggu. Kembali lagi, tentunya setiap individu punya daya tahan tubuh yang berbeda.

Dari WHO sendiri menulis bahwa ada beberapa orang yang memiliki faktor resiko lebih rentan terkena flu. Siapa saja? Yaitu orang-orang yang sedang hamil pada setiap tahap kehamilan. Jadi, wanita hamil lebih rentan terkena virus flu. Kemudian anak-anak di bawah usia 5 tahun dan juga orang-orang lanjut usia di atas 65 tahun. Tentunya karena mereka memiliki daya tahan tubuh, sistem organ dan sebagainya yang sudah menurun dibandingkan kita yang masih muda.

Lalu orang-orang dengan kondisi medis kronis. Seperti HIV/AIDS, kemudian asma, penyakit jantung, diabetes, serta mereka yang mengguankan obat immunosupressant. Mereka lebih rentan terkena infeksi virus ini.

Kemudian juga orang-orang dengan peningkatan resiko pencegahan influenza seperti petugas kesehatan. Jadi untuk anda semua yang bertugas sebagai tenaga medis, disarankan untuk memberi vaksin pada diri anda. Jadi, lakukan vaksin setiap tahun untuk mencegah anda terkena infeksi ini. Anda juga bisa menjaga kualitas kesehatan anda. Mungkin anda bisa  tambahkan suplemen dan tidur yang cukup.

Untuk virus influenza yang berkembang secara konstan, jadi sekali dalam 2 tahun WHO membuat rekomendasi untuk memperbaharui komposisi vaksin. Jadi untuk musim influenza di belahan bumi utara pada tahun 2016-2017,  maka mereka memperbaharui formula vaksin pada bulan Februari tahun 2016. Jadi, vaksin ini mengandung 2 virus tipe A H1N1 dan H3N2 serta virus tipe B.

Tetapi karena kita tinggal di Indonesia, tentu vaksinnya berbeda dengan belahan bumi utara dan selatan.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk anda semua, apalagi sebentar lagi akan terjadi perubahan cuaca. Jadi, jangan sampai sakit. Dan kalau sudah sakit, rawatlah diri anda. Jika sudah tidak kuat, anda harus pergi ke dokter anda.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk anda.  Video ini saya buat untuk memberikan edukasi,bukan untuk mengganti diagnosis dari dokter. Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here