Home Berita Kenapa Habis Jongkok Lalu Berdiri Kepala Saya Pusing?

Kenapa Habis Jongkok Lalu Berdiri Kepala Saya Pusing?

0
22

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik : “Kenapa Habis Jongkok Lalu Berdiri Kepala Saya Pusing?

Sobat sehat, siapa disini yang ketika terlalu lama jongkok, lalu 5 menit kemudian berdiri kepala anda terasa pusing? Kalau kata orang, rasanya berkunang-kunang. Ada yang bilang pandangannya menjadi gelap. Silahkan anda comment di bawah, seberapa sering anda mengalami hal tersebut? Kali ini, saya akan menjelaskan mengapa hal itu bisa terjadi.

Jadi, pada video sebelumnya saya pernah menjelaskan bahwa ketika anda bangun dari tempat tidur, jangan langsung berdiri atau langsung mandi. Yang saya khawatirkan, anda bisa terjatuh. Hal ini juga berkaitan dengan ketika anda duduk lama. Misalkan setelah duduk bersila di lantai atau habis jongkok, kemudian anda berdiri. Maka anda akan mengalami pusing.

Jadi penjelasannya seperti ini. Ketika kita duduk atau rebahan dalam jangka waktu lama lalu berdiri, maka akan terjadi gaya gravitasi. Gaya gravitasi ini akan menarik paksa darah anda ke pusat bumi. Karena kita tinggal di bumi, jadi ada gaya gravitasi bumi. Cairan darah tadi akan tertarik ke bawah. Inilah yang menyebabkan kepala kita terasa pusing.

Kita tahu bahwa darah itu mengangkut oksigen. Jika otak kita kekurangan oksigen, maka itulah yang akan terjadi. Pusing, kemudian berkunang-kunang dan terasa gelap. Jadi sebagai respon hal tersebut, jantung kita akan berdetak lebih kencang dan lebih kuat untuk memompa darah sampai ke otak dan ke seluruh tubuh. Akhirnya ketika anda mulai berdiri, anda merasa pusing dan jatung anda berdetak lebih kencang. Itulah yang akan terjadi.

Namun, hal ini tidak bersifat permanen. Hanya sebentar, kemudian akan kembali normal.

Tetapi anda tetap harus berhati-hati, terutama anda yang mempunyai hipotensi postural atau hipotensi ortostatik yang dipengaruhi oleh posisi tadi. Jadi bagi anda semua yang mengalami hal ini atau anda yang berusia di atas 40-50 tahun, sebaiknya ketika anda baru bangun tidur jangan langsung berdiri atau mandi. Sebaiknya anda duduk terlebih dahulu sebentar, baru anda bangun dari tempat tidur. Hal itu perlu anda lakukan agar tubuh anda beradaptasi dulu dan tidak kaget.

Terkecuali anda masih kecil, bangun tidur langsung salto juga silahkan saja. Tetapi jika anda sudah berusia lanjut, walaupun anda tidak mengalami hipotensi ortostatik, sebaiknya anda biasakan diri anda untuk duduk dulu sebentar, kemudian baru bangun. Itu tadi penjelasannya.

Kemudian untuk anda yang sering mengalami hal ini dan terus berkelanjutan, bahkan mungkin ketika dalam posisi duduk lalu berdiri pelan-pelan tetapi masih tetap pusing, sebaiknya anda cek ke dokter. Apalagi jika bukan karena perubahan posisi, namun anda merasa pusing atau sering pusing, coba anda cek di kaca anda. Lihat konjungtiva mata anda, lalu anda tarik ke bawah. Pucat atau tidak?

Atau yang paling mudah, coba anda cek kuku anda. Jika kuku anda pucat, itu artinya anda mengalami anemia.

“Anemia itu apa, dok?”

Anemia adalah kekurangan zat besi. Jadi, hemoglobin anda turun.

Mungkin bukan hanya zat besi saja, bisa juga karena kekurangan protein dan vitamin B12. Silahkan anda konsultasi ke dokter. Kemudian, penyakit pusing ini dikaitkan juga dengan beberapa jenis penyakit. Misalnya gangguan endoktrin atau sistem syaraf. Dan bisa juga ini adalah gejala awal dari stroke, kemudian gangguan jantung, lalu hipoglikemia. Terutama untuk anda yang diabetes.

Jadi, biasanya mereka yang diabetes diberitahu oleh dokter : “Jaga pola makan ya, jangan makan sembarangan. Terutama karbohidrat yang manis-manis”. Mungkin anda salah paham, jadi anda tidak memakannya sama sekali. Akhirnya gula darah anda turun, ditambah dengan obat penurun gula darah. Akhirnya, yang terjadi adalah anda hipoglikemia. Tentu saja anda akan mengalami pusing, kemudian badan anda akan gemetaran.

Oke, semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk anda. Jika anda mengalami gejala ini dalam jangka panjang, segera kunjungi dokter anda. Video ini saya buat untuk memberikan edukasi,bukan untuk mengganti diagnosis dari dokter. Sekali lagi jika anda memiliki masalah kesehatan, segera kunjungi dokter anda.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan pada video kali ini. Saran saya adalah jaga kebersihan tubuh anda, terutama kulit anda. Dan jika terjadi gatal dalam jangka waktu lama, segera konsultasikan ke dokter anda.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk anda semua. Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here