Kenapa Bisa Muncul Jerawat Di Punggung?

0
24

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali saya akan membahas : “Kenapa Bisa Muncul Jerawat Di Punggung?”.

Sobat sehat, di video saya setahun yang lalu, saya pernah membahas bagaimana solusi untuk jerawat yang membandel. Jadi bagi anda yang sudah menggunakan obat dan antibiotik tetapi tidak sembuh-sembuh, pada saat itu saya menjelaskan solusi dari dalam tubuh. Kali ini, saya akan ceritakan dahulu bagaimana jerawat tersebut bisa muncul di permukaan kulit. Jadi, kita bahas dari lokal kulitnya dulu.

Jerawat ini kadang muncul di wajah, namun terkadang juga muncul di punggung. Mengapa bisa begitu? Karena di kulit kita terdapat kelenjar sebum atau kelenjar minyak. Yang kita tahu selama ini mungkin hanya kelenjar keringat. Kalau suhu tubuh kita panas, maka tubuh kita akan memproduksi cairan, yaitu keringat. Ternyata ada juga kelenjar lainnya, yaitu sebum. Jadi, ada lemak yang dikeluarkan seperti minyak yang namanya sebum. Ini adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat.

Jadi, ada 4 penyebab jerawat.

Yang pertama adalah peningkatan produksi sebum. Kemudian yang kedua adalah keratinisasi folikel. Apa maksudnya? Kulit kita ini terdiri dari beberapa lapisan. Lapisan paling atas disebut keratin. Ketika lapisan paling bawah beregenerasi dan bertumbuh ke atas, akhirnya lapisan paling atas akan lepas dan disebut kulit mati. Terkadang, pelepasan ini tidak sempurna dan justru menyumbat pori-pori. Jadi ketika kelenjar minyak ini akan keluar, minyaknya terhambat dan menutupi pori-pori. Hal itu juga dapat menyebabkan jerawat.

Kemudian yang ketiga, ada yang namanya kolonisasi dari bakteri propionibacterium acnes.

Nama bakteri ini keren ya, ada acnes di belakangnya. Tetapi ini bukan artis, ini adalah bakteri penyebab jerawat.

Kemudian yang keempat adalah terdapat peradangan atau inflamasi. Jadi, inilah yang menyebabkan timbulnya jerawat sampai muncul merah, bengkak, dan ada nanahnya. Rasanya sakit dan gemes pengen mencet. Siapa disini yang terbiasa ketika ada jerawat langsung dipencet? Sebaiknya jangan anda lakukan karena dapat menyebabkan timbulnya scar atau bekas jerawat. Dan yang ditakutkan, kumannya bisa masuk ke pembuluh darah dan masuk ke otak. Kita tidak menginginkan hal itu terjadi ‘kan?

Lalu, mengapa bisa muncul jerawat di punggung?

Kurang lebih jawabannya hampir saya dengan wajah tadi. Yaitu ada empat faktor utama yang sudah saya sebutkan di atas. Kemudian diatambah lagi karena anda tidak menjaga kebersihan. Siapa disini yang sehari cuma mandi satu kali? Atau bahkan 3 hari sekali? Misalnya keasyikan main game atau anda habis olahraga. karena anda kecapekan, anda langsung tidur tanpa mandi terlebih dahulu. Besok atau dua hari berikutnya anda baru mandi. Inilah yang menyebabkan jerawat di punggung anda semakin banyak.

Kalau jerawat di wajah, biasanya lebih diperhatikan. Mengapa? Karena setiap bangun pagi dan bercermin, mereka melihat jerawatnya. Dan setiap bertemu orang, anda pasti memperhatikan wajahnya. Sedangkan di punggung karena tertutup oleh baju, akhirnya kurang diperhatikan. Tetapi pada beberapa orang, hal ini juga mengganggu.

Sekarang, saya akan memberikan tips-tipsnya untuk anda yang mengalami masalah jerawat.

Tips yang pertama adalah jaga kebersihan. Jadi ketika anda berkeringat, ganti pakaian anda. Atau ketika habis berolahraga, habis berkeringat, habis main kotor-kotoran, sebaiknya anda mandi. Setelah mandi, langsung dikeringkan dan pakai pakaian yang bersih. Gunakan pakaian yang terbuat dari katun agar bisa menyerap keringat anda. Dan pilihlah pakaian yang tidak terlalu ketat agar kulit anda bisa bernapas.

Lalu, anda juga bisa menggunakan sabun yang mengandung tea tree oil karena mempunyai efek alami anti bacterial. Kemudian tips yang terakhir untuk anda yang mengalami masalah jerawat, anda bisa mengguanakan salep anti jerawat. Anda bisa membeli benzoylperoxide di apotek terdekat. Ada yang 5%, dan ada juga yang 2,5%.

Namun ketika anda sudah menggunakan itu tetapi jerawat anda masih sering muncul lagi, artinya anda harus menjaga kebersihan anda. Tetapi jika semuanya sudah anda lakukan tetapi jerawat anda masih sering muncul, mungkin anda bisa cek. Apakah anda menggunakan KB? Apakah hormonal anda terganggu? Sebaiknya anda konsultasikan ke dokter. Atau anda bisa lakukan tips yang saya berikan di video saya sebelumnya. Itu adalah solusi yang ampuh untuk anda yang mengalami jerawat membandel.

Jadi, solusinya adalah mengatur pola makan dari dalam.

Jadi, kita selesaikan dari dalam, yaitu sistem pencernaan. Karena secara TCM atau Traditional Chinese Medicine atau di ilmu akupuntur, mungkin anda yang menonton video ini ada yang praktisi akupuntur. Pasti anda mengerti apa yang saya maksud.

Jadi, kulit kita ini berhubungan dengan usus, terutama usus besar. Jadi ketika anda memperbaiki usus besar anda atau sistem pencernaan, otomatis kulit anda yang bermasalah dengan jerawat tersebut juga ikut terbantu. Untuk itu, anda harus mengurangi gula. Anda juga harus mengurangi makanan berminyak atau lemak yang terhidrogenase.  Kemudian anda juga harus mengurangi gluten dan lain-lain. Dan yang perlu anda tambahkan adalah serat. Untuk lebih lengkapnya, silahkan tonton videonya disini.

Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat. Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here