Home Info Kesehatan Kenali Penyebab Dan Gejala Nyeri Punggung Bawah Yang Menganggu

Kenali Penyebab Dan Gejala Nyeri Punggung Bawah Yang Menganggu

0
3
Kenali Penyebab Dan Gejala Nyeri Punggung Bawah Yang Menganggu - Nyeri Punggung Bawah

Nyeri punggung bawah merupakan rasa nyeri pada pinggang atau tulang punggung bagian bawah yang dapat terasa hingga di area bokong dan paha. Pada beberapa kasus tertentu nyeri punggung bawah bahkan dapat menjalar hingga area kaki. Tentunya kondisi ini akan menganggu aktivitas orang tersebut, karena nyeri punggung bawah tentunya dapat sangat menyiksa penderitanya.

Punggung bawah sendiri tersusun dari beberapa kompenen antara lain yaitu tulang punggung, ligamen, serta otot. Bagian tubuh tersebut merupakan bagian tubuh dengan struktur yang kuat. Dimana bagian tubuh punggung bawah berperan penting dalam menopang tubuh ketika berdiri tegak maupun saat tubuh bergerak ke berbagai arah. Selain itu, pada punggung bawah juga terdapat sebuah saraf yang berfungsi mengatur pergerakan serta menangkap rangsangan dari tubuh bagian bawah. Apabila struktur tersebut mengalami gangguan maka hal ini akan menimbulkan rasa nyeri pada bagian punggung bawah.

Gejala Nyeri Punggung Bawah

Nyeri punggung bawah yang dialami oleh setiap penderitanya dapat berbeda-beda tingkat keparahannya. Ada yang hanya mengalami nyeri punggung bawah dengan tingkat keparahan ringan hingga berat yang dapat menganggu aktivitas seseorang. Berikut beberapa gejala umum yang dialami oleh penderita nyeri punggung bawah:

  • Nyeri punggung terasa seperti ditusuk maupun tersetrum listrik.
  • Nyeri punggung dapat dirasakan hanya di area punggung saja ataupun meluas hingga ke bagian tubuh lain seperti paha dan kaki.
  • Nyeri punggung terasa pada kondisi serta posisi tertentu seperti saat sedang duduk maupun berjalan, namun pada saat sedang berdiri atau berbaring kondisi tersebut segera membaik.
  • Nyeri punggung akan terasa semakin berat atau bertambah parah setelah tubuh mengangkat beban berat.
  • Nyeri punggung yang diderita dapat disertai dengan adanya kedutan otot atau spasme.
  • Nyeri punggung  bagian bawah ini dapat dialami oleh seseorang selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Namun kondisi ini biasanya dialami tidak lebih dari 6 minggu.

Penyebab Nyeri Punggung Bawah

Nyeri punggung bawah sendiri dapat disebabkan oleh beberapa kondisi serta beberapa faktor. Berikut beberapa penyebab seseorang mengalami nyeri punggung bawah yang tentunya wajib diwaspadai dan dihindari:

  • Kekakuan otot
  • Kerusakan pada celah sendi tulang belakang
  • Radang sendi atau arthritis
  • Kelainan bentuk tulang belakang
  • Pengeroposan tulang belakang
  • Gangguan pada saraf tulang belakang
  • Batu ginjal

Selain beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas, nyeri punggung bawah ini juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor usia, obesitas, jarang berolahraga, mengangkat beban yang terlalu berat, terlalu banyak duduk, sering membungkuk, sedang hamil, terlalu sering memakai sepatu hak tinggi, hingga merokok.

Nyeri punggung bawah merupakan masalah yang cukup serius dan perlu memperoleh penanganan yang tepat agar tidak menyebabkan masalah yang lebih serius. Segera hubungi dokter apabila mengalami nyeri punggung bawah untuk memperoleh penanganan yang sesuai. Semoga bermanfaat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here