Home Berita Inilah 5 Rekomendasi Menu Diet yang Cocok Untuk Sahur dan Buka Puasa

Inilah 5 Rekomendasi Menu Diet yang Cocok Untuk Sahur dan Buka Puasa

0
9

SB30 Health  – Sobat sehat, tahukah anda bahwa puasa sangat efektif untuk menurunkan berat badan? Apalagi di bulan Ramadhan seperti ini, jadi jangan disia-siakan kesempatan ini! Karena selain mendapatkan pahala, anda juga akan mendapatkan tubuh ideal, sesuai body goals yang selama ini anda impikan!

Tetapi yang harus diperhatikan ketika berpuasa adalah anda harus tetap mengonrol pola makan anda. Jangan sampai karena anda merasa sudah berpuasa seharian, lalu ketika berbuka puasa anda langsung makan sepuasnya. Sebenarnya kebiasaan ngemil, minum es buah dan sebagainya ketika berbuka puasa inilah yang justru dapat menyebabkan berat badan anda semakin naik.

Yang perlu anda ketahui disini adalah : Berpuasa itu mirip dengan metode diet intermittent fasting. Metode diet seperti ini membuat pencernaan kita memiliki waktu istirahat untuk mengolah makanan. Dan otomatis karena puasa dilakukan di jam yang sudah ditentukan, maka besar kemungkinan untuk terjadinya kalori defisit. Itulah sebabnya anda mampu menurunkan berat badan selama puasa. Tentunya, hal ini berlaku jika menu sahur dan buka puasa anda tidak sembarangan, sobat sehat.

Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan 5 rekomendasi menu diet yang cocok untuk sahur dan buka puasa :

1. Kurma

Menu yang pertama adalah buah kurma. Memasuki bulan Ramadhan, buah kurma menjadi salah satu makanan yang diburu oleh umat Islam. Selain karena sunah Rasul, buah kurma juga mampu mengembalikan beberapa asupan tubuh yang hilang akibat berpuasa walaupun kita memakannya hanya dalam porsi kecil.

Hal ini dikarenakan satu buah kurma mengandung 20 gram kalori, 5,3 gram karbohidrat dan juga mengandung serat. Bagi kalian yang sedang menjalankan program diet, buah kurma bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk menu buka puasa kalian.

2. Alpukat

Menu kedua yang SB30 Health sarankan adalah mengkonsumsi jus alpukat. Selain untuk melepas dahaga,  buah alpukat juga kaya akan asam lemak tak jenuh yang tentunya merupakan lemak sehat yang bermanfaat untuk tubuh anda. Bahkan, mereka yang rutin mengkonsumsi alpukat memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah. Kandungan ini merupakan salah satu jenis lemak yang juga ada di minyak zaitun.

Buah alpukat juga memiliki kandungan serat dan air yang cukup banyak. Kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat mampu meningkatkan penyerapan antioksidan karotenoid dari sayuran 2,6 kali hingga 15 kali lipat. Itulah sebabnya, buah alpukat sangat cocok menjadi bahan tambahan untuk salad sayuran. Selain itu, anda juga bisa mengolah buah alpukat menjadi jus atau campuran sop buah.

3. Daging Panggang

Mengkonsumsi daging juga cukup bermanfaat untuk program diet yang sedang anda jalani. Terutama jenis daging dengan kandungan protein yang tinggi, seperti daging ayam.

Selain itu, daging sapi tetaplah juga bisa anda konsumsi selama program diet. Caranya adalah dengan tidak menggorengnya, melainkan dipanggang. Selain itu, pastikan anda menggunakan daging sapi dengan kadar lemak yang rendah.

Selain daging ayam dan daging sapi, anda juga bisa mengkonsumsi ikan. Ikan merupakan jenis makanan yang kaya akan protein, vitamin, dan mineral yang baik bagi tubuh.

Pada beberapa jenis ikan seperti tuna dan salmon, terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi yang dapat menyehatkan jantung. Jika anda ingin mengkonsumsi ikan untuk program diet, anda bisa mengukus ikan tersebut.

4. Sup Sayuran

Sayur merupakan jenis makanan yang mengandung banyak vitamin, serat, dan mineral yang penting bagi tubuh. Untuk itu, rutin mengkonsumsi sayuran di bulan puasa dapat menjaga tubuh anda tetap sehat dan berenergi.

Beberapa jenis sayuran tinggi serat seperti bayam, brokoli, dan wortel sangat cocok untuk dijadikan menu sahur dan berbuka puasa. Buah-buahan dan sayuran merupakan makanan dengan kepadatan energi rendah.

Anda bisa mengolah sayur-sayuran tersebut menjadi sup sayuran, campuran pada sup ayam, salad sayuran, dikukus, ataupun ditumis.

5. Telur

Telur merupakan salah satu menu buka puasa terbaik bagi anda yang saat ini sedang menjalani program diet. Pasalnya, telur memiliki kandungan protein dan lemak yang tinggi. Bahkan, hampir seluruh nutrisi yang dibutuhkan selama diet bisa anda temukan pada kuning telur.

Mengkonsumsi telur saat sahur bisa meningkatkan rasa kenyang. Agar lebih sehat, anda bisa mengkonsumsi telur rebus atau omelette yang digoreng dengan sedikit minyak zaitun atau mentega.

Pilihlah menu makanan dengan kandungan minyak, gula, dan garam sedikit agar tidak menyumbang kalori berlebih. Makanan yang dimasak dengan cara direbus, dikukus, dan dipanggang merupakan makanan yang baik untuk anda konsumsi saat sedang diet.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here