Home Berita Bukan Hanya Untuk Diet, Inilah 6 Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan dan...

Bukan Hanya Untuk Diet, Inilah 6 Manfaat Yogurt Untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

0
10

SB30 Health – Yogurt adalah hasil fermentasi susu yang umumnya terbuat dari susu sapi atau susu kambing menggunakan bakteri asam laktat. Fermentasi gula susu (laktosa) menghasilkan asam laktat yang berperan dalam protein susu untuk menghasilkan tekstur seperti gel dan aroma unik pada yogurt.

Yogurt dibuat melalui proses fermentasi menggunakan bakteri asam laktat pada temperatur yang dikontrol dan disesuaikan dengan suhu optimum pertumbuhan bakteri. Bakteri merombak gula susu alami dan melepaskan asam laktat sebagai produk sisa.

Kadar keasaman yang meningkat menyebabkan protein susu mengalami denaturasi menghasilkan tekstur padat pada yogurt.Yogurt mengandung bakteri baik, yakni Streptococcus salivarius subsp. thermophilus dan Lactobacillus delbrueckii subsp. Bulgaricus.

Yogurt biasa dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalankan program diet atau sedang menjaga pola makan demi kesehatan organ  tubuh. Namun ternyata, yogurt tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, tapi juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit loh!

 Apa saja sih manfaat yogurt untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit? Simak beberapa manfaatnya berikut ini :


1. Menghilangkan noda hitam

Yogurt dapat membantu menghilangkan noda hitam pada wajah seperti bekas jerawat. Asam laktat yang terkandung di dalam yogurt akan mengikis kulit mati di lapisan epidermis kulit dan akan digantikan dengan sel kulit yang baru.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, anda bisa mengkombinasikan yogurt dengan perasan air lemon. Caranya adalah dengan mencampur 1 sendok makan yoghurt dengan ½ sendok teh perasan air lemon, kemudian oleskan pada jerawat. Biarkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air.

2. Mengatasi Jerawat

Kandungan yogurt yang kaya akan zinc dan asam laktat mampu mengatasi masalah jerawat. Kandungan lactic acid atau asam laktat yang terkandung di dalam yogurt berperan sebagai eksfoliator dan pembersih wajah alami. Selain itu, yogurt juga berfungsi sebagai anti-bakterial sehingga dapat membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

Caranya adalah celupkan kapas ke dalam yogurt, lalu tempelkan pada area yang berjerawat. Biarkan semalaman, kemudian basuh wajah dengan air ketika bangun tidur.

3. Melembapkan Kulit

Jika anda memiliki tipe kulit kering, moisturizer yang ampuh untuk menjaga kelembapan alami kulit adalah dengan menggunakan yogurt.

Anda bisa memanfaatkan yogurt sebagai masker. Caranya adalah dengan mencampurkan 4 sendok makan yogurt, 1 sendok makan cocoa powder dan 1 sendok makan madu. Selain bermanfaat untuk melembapkan kulit, masker DIY dari campuran yogurt ini juga dapat meremajakan kulit anda.

4. Mengurangi Kerutan dan Garis halus pada wajah

Semakin bertambahnya usia, maka kulit wajah anda juga akan mengalami beberapa perubahan, seperti timbulnya kerutan dan garis halus pada kulit wajah anda. Untuk mencegah penuaan dini, anda bisa memanfaatkan yogurt sebagai scrub wajah alami.

Anda juga bisa memanfaatkan yogurt sebagai bahan scrub alami untuk digunakan pada tangan, kaki dan seluruh tubuh anda. Caranya adalah dengan mencampurkan yogurt dengan oatmeal, kemudian pijat dengan gerakan melingkar ke area wajah, tangan dan kaki anda, kemudian bilas dengan air.

Scrub alami ini akan membuat kulit anda lebih terhidrasi dan terasa halus. Gunakan seminggu sekali untuk mendapatkan manfaat masker yogurt ini sehingga anda terlihat lebih awet muda.

5. Mengurangi lingkaran hitam di bawah mata

Kurang tidur serta faktor genetik dari orang tua merupakan penyebab utama terbentuknya lingkaran hitam di bawah mata yang tentunya sangat mengganggu penampilan anda. 

Kabar baiknya, kandungan zinc dan asam laktat yang terdapat di dalam yogurt terbukti ampuh untuk mencerahkan kulit sehingga dapat mengurangi lingkaran hitam pada area di sekitar bawah mata anda.

Selain itu, kandungan anti-peradangan di dalam yogurt juga dapat mengurangi bengkak di bawah mata. Caranya adalah dengan menempelkan kapas yang sudah direndam dengan yogurt ke area bawah mata anda. Kemudian, diamkan selama 15 menit, lalu basuh dengan air.

6. Mengatasi sunburn 

Ketika kulit wajah dan area tubuh anda terbakar oleh paparan sinar ultra violet (UV), maka anda bisa mengatasinya dengan yogurt karena yogurt mengandung zinc dan zat anti inflamasi. Kulit yang terbakar sinar ultra violet dari matahari akan merusak kulit sehingga tampak kemerahan dan dapat mengelupas.

Kandungan zinc berfungsi untuk mendinginkan kulit dari rasa terbakar dan gatal akibat sengatan matahari. Caranya adalah cukup dengan mengoleskan yogurt dingin pada area kulit anda yang terbakar, lalu diamkan selama 20 menit, Kemudian, bilas dengan air dingin. Anda juga dapat mencampur minyak esensial ke dalam yogurt sebelum mengaplikasikannya pada kulit yang terbakar untuk menenangkan area kulit yang meradang. Campuran kedua bahan ini dapat membantu pemulihan pada area kulit yang terbakar atau mengalami sunburn.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here