Home Fitness Bolehkah Saya Olahraga Lari Saat Usia di Atas 40 Tahun?

Bolehkah Saya Olahraga Lari Saat Usia di Atas 40 Tahun?

0
13

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, topik saya adalah untuk anda semua yang berusia di atas 40 tahun. Jadi, banyak pasien-pasien dan dari teman-teman juga yang bertanya : “Dok, bolehkah Saya Olahraga Lari Saat Berusia di Atas 40 Tahun?”. Untuk mengetahui jawabannya, tonton video ini sampai selesai.

Sobat sehat, siapa disini yang sebentar lagi berusia kepala empat?

Artinya, usianya di atas 40 tahun. Atau mungkin sekarang usia anda sudah 40 tahun ke atas. Silahkan anda comment di bawah. Biasanya, olahraga apa yang anda lakukan? Mungkin ada yang angkat bantal atau angkat besi (sendok dan garpu ‘kan juga besi).

Jadi untuk anda semua, biasanya ketika ingin melakukan olahraga, anda merasa ragu-ragu. Kata si A, kata teman saya, kata guru saya, kata siapapun, saya tidak peduli itu siapa. Mereka bilang, “Jangan lari, nanti lututnya kalah, lututnya cedera! Nanti jatuh. Kalau patah tulang, tidak bisa sembuh” dan lain-lain. Jika anda mendengarkan itu semua, akhirnya anda cuma di rumah dan tidak melakukan apa-apa.

Akhirnya, tubuh anda akan obesitas.

Akhirnya, penyakit-penyakit yang lain juga musah masuk atau anda mudah menderita penyakit-penyakit degenerative. Disini saya akan membahas mengapa mereka melarang anda untuk melakukan olahraga. Terutama olahraga lari.

Yang pertama, karena lari dapat memperparah penyakit lutut, bagi anda yang punya penyakit lutut. Tetapi kalau berat badan anda normal, kemudian pola makan anda normal dan bagus, walaupun di usia 40 ataupun 50, anda tetap boleh lari.

Disini saya akan menunjukkan beberapa klip video bukti bahwa mereka bisa berlari walaupun usia mereka sudah lanjut. Bahkan, sudah di atas 70 tahun. Silahkan anda tonton video ini. Oke, jadi itu adalah beberapa video yang menunjukkan bahwa walaupun usianya di atas 40 tahun, mereka masih boleh melakukan olahraga lari.

Tetapi, apa yang perlu anda perhatikan? Yang pertama, asupan nutrisi anda. Jadi ketika anda melakukan olahraga lari, anda perlu menyiapkan kalsium, kemudian glukosamin untuk tulang rawan atau sendi anda. Kemudian juga protein. Jadi, ketiganya adalah bahan dasar yang perlu anda konsumsi.

Kemudian, anda juga harus melakukan latihan di bawah pengawasan.

Artinya, anda membutuhkan seorang trainer. Jadi, kebanyakan orang hanya bermodalkan sepatu dan lari. Serta membawa air minum. Apakah hal itu benar?

 Bagi anda yang sudah latihan lari sejak muda, sudah tahu basic’nya lari, sudah tahu cara lari yang benar, itu tidak masalah. Namun untuk anda yang baru pertama kali belajar lari dan hanya karena ikut-ikutan teman, sebaiknya anda belajar dulu cara berlari yang benar.

Jadi ada taping’nya, kemudian lari tidak boleh miring ke kiri atau ke kanan, atau badan condong ke depan. Hal itu justru akan merusak postur tubuh anda. Selain lututyang kalah, ankle, kemudian bagian pinggang. Saran saya untuk anda semua yang ingin lari, ada satu hal lagi. Biasanya mereka mengatakan : “Jangan lari terlalu cepat, nanti jantungnya kalah. Nanti bisa terkena penyakit jantung dan lain-lain”.

Sekarang sudah ada smart watch. Tapi, ini bukan smart watch. Jadi, anda bisa beli smart watch merek apapun yang bisa mendeteksi denyut jantung anda. Jadi, jangan dipaksakan berlari. Karena keasyikan lari, anda jadi lupa.

Jadi, syaratnya begini.. Denyut jantung anda tidak boleh melebihi 220, dikurangi umur anda sekarang.

Contoh, umur saya sekarang 50, misalnya. Jadi, denyut jantung saya tidak boleh melebihi angka 220 dikurangi 50. Silahkan dihitung. Anda punya kalkulator ‘kan?

Oke, jadi seperti itu saja masukan dari saya. Jadi ketika anda ingin lari, persiapkan dulu sepatu yang baik, kemudian nutrisi anda dihitung kalorinya jika perlu. Kemudian, suplemen jika perlu juga. Jika nutrisi tidak cukup dari makanan anda, coba sediakan suplemen. Dan yang terakhir adalah coach atau trainer.

Oke, ini saja informasi dari saya. Semoga dapat bermanfaat untuk anda yang hobi lari. Lanjutkan, tidak perlu ditahan. Tetapi harus mengikuti saran saya yang tadi ya..

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk untuk mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, bagi anda yang menyukai video seperti ini, silahkan anda comment di bawah ini. Silahkan anda share kepada teman-teman anda yang suka olahraga lari dan olahraga lainnya juga, terutama mereka yang berusia di atas 40 tahun. Dan sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here