Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung dalam acara : “Tanya dr. Sung”.

Pada kesempatan kali ini saya akan sharing sebuah topik yang cukup menarik buat anda yaitu : “Bagaimana stress atau khawatir berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan anda”.

Sobat sehat, apakah anda seseorang yang mungkin susah tidur atau mood-mood’an? Anda merasa  tidak punya teman, atau anda sering merasa terisolasi? Mungkin anda sedang mengalami sesuatu yang namanya “STRESS”.

Jadi stress di sini itu tidaklah sesuatu hal yang selalu buruk, saya bisa bilang stress disini bisa mempunyai dampak positif dan negatif. Stress itu tetap perlu, saya kasih contoh satu misalnya : anda sedang berada di hutan dan tiba tiba dari kejauhan anda melihat seekor harimau misalnya.

Harimau yang kita tahu ‘kan seeekor binatang buas . Jadi saat anda melihat harimau tersebut anda akan mulai merasa khawatir. Setelah anda mulai merasa khawatir dan stress, kemudian otak anda akan menghasilkan suatu hormon. Hormon tersebut disebut KORTISOL

Apa sih gunanya hormon ini ?

Hormon kortisol ini berguna untuk mendistribusikan energi pada daerah atau organ yang membutuhkan. Jadi pada saat melihat harimau tersebut otomatis otak kita akan mengeluarkan hormon tersebut dan memerintahkan kita untuk lari, segera lari. Segera lari untuk menghindari bahaya tersebut karena otak menangkap sinyal tersebut sebagai bahaya.

Dan apa yang terjadi kalau seandainya otak anda tidak menangkap sinyal tersebut sebagai bahaya dan otak anda tidak menghasilkan hormon kortisol tersebut? Anda tidak stress, misalnya. Anda tidak khawatir, misalnya. Bisa jadi anda akan menjadi santapan siang bagi harimau tersebut.

Saya beri contoh lagi yang berikutnya. Contoh kedua, misalnya ada sesuatu hal yang terjadi di rumah anda atau di suatu tempat misalnya terjadi kebakaran. Disana misalnya anda membawa putra atau putri anda yang masih kecil. Dan jika anda membiarkan putra atau putri anda di dalam ruangan yang terbakar, tentu saja putra putri anda akan habis terbakar oleh api.

Jadi pada saat anda melihat api tersebut, ini adalah ancaman buat putra atau putri anda. Akhirnya tubuh anda menghasilkan hormon kortisol dan anda akan segera berlari menuju tempat putra atau putri anda dan anda akan menggendong keduanya mungkin  keluar dari ruangan. Jadi, stress tetap diperlukan. Tetapi bukan dalam jangka panjang.

Sekarang, saya akan membahas bagaimana efek stress jika berkepanjangan, efek khawatir yang berkepanjangan. Saat anda stress berkepanjangan tetap hormon kortisol tersebut akan dibentuk namun jika hormon tersebut dibentuk dalam jangka waktu panjang tentu saja tidak baik buat tubuh anda.

Anda bisa bayangkan kalau setiap hari anda harus ke kantor atau harus ke sekolah jantung anda terus berdetak kencang karena khawatir yang berlebihan karena stress yang berlebihan tentu saja tidak baik buat hidup anda. Jadi saran saya anda bisa nonton video sebelumnya, Bapak Chandra Putra Negara telah membahas video tentang bagaimana solusinya.

Jadi beliau mengangkat dari satu buku yang dikarang oleh Dale Carnegie, buku tersebut sangat bagus dan juga rekomendasi buat anda dan saya disini akan membahas dari sisi medis bagaimana sih stress itu bekerja dalam tubuh anda ? apa sih efeknya ?

Saya beri contoh dulu yang pertama. Jika anda khawatir berlebihan misalnya anda seorang pelajar, anda seorang kerja kantoran misalnya anda punya jadwal deadline untuk presentasi atau untuk meeting bertemu dengan client dari luar negeri misalnya anda sangat takut, anda sangat gugup, anda stress berlebihan, saat sebelum presentasi mungkin anda datang lebih awal 30 menit sebelumnya. Tapi kebanyakan mereka selesai menyiapkan materi dan sebagainya mereka bolak balik ke toilet bahkan bisa sampai 10 kali .

Dari sini kita bisa lihat kenapa sih anda bisa bolak balik ke toilet misalnya buang air kecil jadi organ anda bekerja secara keras saat itu karena terbebani dari kekhawatiran anda yang berlebihan. Mungkin anda khawatir nanti kalau saya di tanya seperti ini, guru saya bertanya seperti ini saya tidak bisa menjawab.

Jadi, kekhawatiran atau stress anda yang berlebihan akan mengganggu sistem urinaria anda, sehingga membuat ginjal anda bekerja berat.

Kemudian contoh yang kedua, misalnya anda sedang marah. Tiba-tiba maag anda tidak lama kemudian terasa sakit. Apalagi mereka yang punya sakit maag yang berkepanjangan dan tidak dapat mengontrol emosi mereka. Tidak dapat mengontrol kekhawatiran mereka.

Mungkin dokter sudah memberikan obat yang baik, anda sudah makan yang baik. Tetapi karena pola pikir anda karena mindset anda terlalu khawatir terlalu stress dengan kerjaan mungkin atau dengan anak mungkin atau dengan istri akhirnya sakit maag anda tidak sembuh sembuh dan anda mungkin menyalahkan kenapa obat yang diberikan tidak mempan ? kenapa kok saya tidak sembuh sembuh..

Anda mungkin sudah gonta ganti dokter, tetapi penyebabnya adalah kekhawatiran anda.

Yang kedua, stress juga bisa mempengaruhi sistem pencernaan anda. Kemudian yang ketiga saya mau kasih contoh lagi, ini saya berikah banyak contoh agar anda dapat mengerti. Jadi yang ketiga saya berikan contoh jadi stress yang berkepanjangan, kekhawatiran yang berlebihan juga dapat mengganggu sistem kerja otak anda. Mungkin awalnya ringan tapi lama kelamaan akan semakin  berat.

Banyak orang yang tingkat stressnya terlalu tinggi dan akhirnya suka lupa. Jadi dalam kehidupan sehari harinya hal-hal kecil mereka bisa lupa, saya taruh kunci dimana ya tadi ? saya ada jadwal dengan siapa ya hari ini ? jadi kekhawatiran yang berlebihan akan mengganggu kinerja otak anda juga. Dan kalau di biarkan berlarut larut bisa ke arah alzheimer, jadi stress atau kekhawatiran berlebihan juga salah satu faktor yang meningkatkan penyakit alzheimer.

Dan disini juga ada kasus, mungkin ini contoh lagi. Ada kasus di fakultas kedokteran, jadi saya sudah catat. Disini ada cerita di fakultas kedokteran universitas Cornell di amerika serikat jadi ada seorang anak usia 9 tahun saat itu dan harus menjalani operasi. Yaitu operasi untuk mendekatkan dinding lambung dan otot perut, dengan di tempelkan dan dibuat lubang untuk lewat makanan. Penyebabnya karena anak tersebut sebelumnya menyeruput sup panas. Akhirnya, dari mulut ke saluran pencernaan sampai ke lambung rusak. Dan kerongkongannya juga rusak.

Setelah dilakukan operasi, tim yang melakukan operasi tersebut melakukan penelitian. Jadi, dilakukan penelitian terhadap anak ini selama belasan tahun. Diteliti bagaimana kerja pikiran anak ini terhadap kinerja pencernaannya. Karena lambung anak itu terbuka, jadi mereka bisa memantau.

Saat anak ini stress atau saat anak ini cemas berlebihan, membran atau mukosa dari lambung ini berwarna merah sekali dan kadang keluar darah. Tapi pada saat anak ini bahagia, pada saat anak ini ceria, membran lambung tersebut bagus dan fungsi lambung tersebut baik. Kemudian saat anak ini agak sedikit cemas, kinerja dari lambung ini akan menurun, sehingga fungsi asam lambungnya pun ikut menurun.

Jadi dari sisi medis, pikiran anda berpengaruh terhadap sistem di dalam tubuh anda. Bukan hanya pencernaan, bukan hanya otak anda, tapi seluruh sistem tubuh anda akan terganggu.

Mungkin anda pernah dengar kalau saya stress berlebihan aduh pungguung saya sakit sekali, akhirnya saya akan beli obat anti nyeri buat punggung saya. Sebenarnya terapi nya adalah hilangkan kekhawatiran anda. Mungkin beberapa contoh penjelasan dari saya dapat anda mengerti dan jika anda suka channel kesehatan yang seperti ini anda boleh subscribe di bawah ini, klik like dan jangan lupa share ke taman teman anda. Dnegan menshare ke taman teman anda, anda telah membantu mereka untuk mengurangi stress mereka.

Sampai jumpa di video saya selanjutnya, salam hebat luar biasa..!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here