Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya Dr.Sung. Tulisan kali ini saya akan bahas tentang bagaimana sih caranya meningkatkan sistem imun?

Sobat sehat, sebelum saya bahas bagaimana caranya menaikkan sistem imun. Saya bahas dulu apa itu sistem imun?

Sistem imun adalah sistem kekebalan tubuh kita untuk melindungi tubuh dari benda asing termasuk kuman seperti bakteri, virus, racun dan lain-lain. Kemudian ada juga namanya respon imun. Jadi respon sistem imun kita terhadap benda asing tadi ada yang normal, berlebihan dan biasa kita sebut dengan autoimun. Untuk autoimun sendiri saya juga pernah membahas dimateri Rheumatoid Arthritis. Kali ini saya fokuskan ke bagaimana cara menaikkan sistem imun.

Buat anda yang masih bingung penjelasan saya yang tadi, saya ibaratkan seperti ini. Di sebuah kota atau disatu negara ada sistem pertahanan tentu saja untuk mempertahankan negara atau kota tersebut. Biasanya siapa yang bertugas? Ada tentara disana. Di tubuh kita pun ada yang namanya tentara yang kita sebut kalau ada sistemnya itu namanya sistem kekebalan tubuh atau sistem pertahanan tubuh kurang lebih seperti itu penjelasannya.

Jadi begitu ada bakteri yang masuk, ada sel-sel tubuh kita yang bertugas membunuh bakteri tersebut atau ada virus yang masuk ada sel-sel di tubuh kita yang bertugas untuk membunuh virus tersebut. Jadi kalau seperti ini saya rasa anda bisa paham.

Lalu faktor apa saja yang dapat meningkatkan sistem imun kita?

Jadi yang pertama adalah asupan makanan yang bergizi

Jadi tubuh kita membentuk sel-sel untuk jadi tentara ditubuh kita. Kita sebut dengan antibody, ada yang namanya lgG, lgM dan sebagainya Sel T dan lain-lain saya tidak bahas disini karena kalau saya bahas disini semua kita jadi kuliah kedokteran. Saya memberikan langsung solusinya yang pertama tadi adalah mengkonsumsi makanan yang bergizi. Terutama mengandung karbohidrat protein, lemak jadi proteinnya perlu anda perhatikan. Setiap sel kita butuh protein untuk membuatnya.

Yang kedua adalah tidur dan istirahat yang cukup

Untuk tidur sendiri saya pernah bahas divideo saya sebelumnya. Jadi tidur akan mempengaruhi tubuh kita baik itu cara berpikir, konsentrasi kemudian salah satunya adalah sistem kekebalan tubuh. Kalau kita kurang tidur, sistem kekebalan tubuh kita akan menurun dan bukan hanya resiko terkena penyakit terinfeksi virus, bakteri juga ke arah cancer/kanker. Nah untuk lengkapnya anda silahkan tonton.

Yang ketiga adalah hindari stress

Kalau ngomong-ngomong soal stress, saya sudah banyak sekali bahas tentang stress divideo-video saya sebelumnya. Stress ini dapat membuat sistem kekebalan tubuh kita juga kacau, sistem hormonal, kemudian sistem saraf dan lain-lain. Termasuk sistem pencernaan. Jadi ketika anda stress ya asiapa disini ketika stress tidak nafsu makan? atau siapa disini ketika stress nafsu makannya malah naik? semua sistem dalam tubuh kita juga akan ikut kacau ketika kita stress.

“Loh dok, kan kita hidup butuh tantangan?” ya kalau stressnya sewajarnya anda bisa manajemen stress anda itu bagus. Jadi bukan berarti anda tidak boleh stress sama sekali yang perlu anda lakukan adalah mengelola stress anda.

Yang selanjutnya adalah rutin olahraga

Mereka-mereka yang rutin olahraga mempunyai fisik dan daya tahan tubuh lebih baik dibandingkan mereka yang mager (malas gerak) jadi hanya tiduran, duduk aja main komputer, main hp. Mereka yang punya aktivitas fisik rutin berolahraga minimal seminggu 3-4x anda bisa lakukan. Kalau ditanya berapa lama? Ya tergantung waktu anda. Saya sarankan buat anda yang secara umum bisa lakukan jalan cepat sekitar 45 menit sampai 1 jam. Kalau olahraga lainnya sesuaikan dengan kondisi fisik dan usia anda. Jangan terlalu dipaksakan dan jangan sampai anda sakit karena terlalu overtarining.

Hindari rokok dan alkohol

Kalau ini saya rasanya sudah tidak perlu jelasin panjang lebar anda semua sudah tahu

Bersihkan gigi anda

Gigi ini perlu anda bersihkan miniman 2x sehari ya yang itu saya anjurkan. Anda boleh konsultasi dengan dokter gigi anda apalagi kalau anda punya masalah gigi sensitif, bolong. Buat anda yang memiliki gigi yang bolong segera ditambal atau lakukan konsultasi ke dokter gigi anda. Karena pada saat gigi anda bolong, ini akan mudah sekali tersimpan sisa-sisa makanan dan ini menjadi sarang bagi bakteri. Nanti arahny akan menjadi sinusitis, kemudian abses ya ini akan membuat daya tahan tubuh anda menjadi drop.

Anda bisa konsumsi vitamin

Anda bisa konsumsi vitamin C, vitamin B kompleks dan vitamin D. Nah vitamin C sendiri anda bisa dapatkan di sayur-sayuran dan buah-buahan yang segar. Kemudian vitamin B kompleks juga kalau perlu anda bisa tambahkan dari suplemen silahkan dan vitamin D. Nah kalau vitamin D anda bisa dapatkan gratis asal anda mau sedikit berkorban. Ya bukan berkorban, anda keluar jalan-jalan sebentar terkena sinar matahari. Jangan gunakan sunblock untuk dapatkan vitamin D nya.

Itu saja yang bisa saya berikan pada tulisan kali ini dan semoga informasi ini dapat bermanfaat. Seperti biasa buat anda yang sedang mencari produk-produk yang mendukung gaya hidu sehat silahkan kunjungi boxsehat.com

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here