Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik : “Bagaimana Pengaruh Rokok Bagi Tubuh Kita?”.

Sobat sehat, di video sebelumnya saya pernah membahas pertanyaan-pertanyaan anda di kolom comment.

“Dok, kenapa tetangga saya/om saya merokok terus, tetapi sampai usia 80 tahun dia masih sehat?”

Saya sudah pernah bahas di video berjudul : “Kenapa perokok masih tetap sehat?”. Namun, saya akan mengulas sedikit pada video kali ini. Jadi, mereka yang perokok itu mungkin hanya satu dari sekian faktor yang dilanggar.

Tubuh kita bisa sakit itu karena ada beberapa faktor. Yang pertama karena merokok, kemudian konsumsi tinggi lemak, tinggi gula, kemudian gaya hidup, tingkat stress dan lain-lain. Mungkin mereka yang merokok itu tidurnya cukup, makan teratur, namun hanya satu hal itulah yang dilanggar. Kurang lebih seperti itu penjelasannya.

Hal ini juga kembali lagi karena setiap individu itu berbeda, serta berapa jumlah rokok yang dikonsumsi. “Biasanya cuma satu-dua batang dalam sehari dok”. Jadi, di video tersebut saya bukannya mendukung para perokok. Tetapi agar lebih fair, kali ini kita bahas pengaruh rokok terhadap tubuh kita.

Jadi, beberapa hari yang lalu saya menonton video TED Education yang membahas tentang rokok. Dan saya sudah membuat rangkumannya berikut ini.

Disini dikatakan bahwa sat kita merokok, kita menghirup sekitar lima ribu lebih zat kimia yang terkandung di dalam rokok.

Di dalam rokok terdapat zat yang disebut TAR. Yaitu bahan resin berwarna hitam yang mulai melapisis gigi kita, lalu merusak enamel atau email gigi kita. Padahal, enamel ini sangat keras. Namun, TAR ini bisa menghancurkan enamel dan dapat menyebabkan pembusukan.

Coba perhatikan teman anda, om anda atau keluarga anda yang perokok berat. Pasti giginya banyak yang rusak. Kemudian seiring waktu, merokok juga dapat menyebabkan kerusakan ujung syaraf pada hidung. Hal ini mengakibatkan berkurangnya indra penciuman. Kemudian merokok juga dapat menyebabkan infeksi di saluran pernapasan dan paru-paru. Disini dikatakan penyakit kronis, yaitu PPOK atau Penyakit Paru Obstruktif Kronik. Ada juga yang menyebutnya PPOM, Kronik diganti dengan Menahun. Contohnya adalah bronkitis dan emfisema.

Biasanya anda akan batuk panjang lebih dari 3 bulan. Kemudian emfisema itu adalah paru-parunya molor.

Bagaimana cara kerjanya sampai dapat menyebabkan penyakit tersebut?

Jadi cara kerjanya adalah asap rokok yang mengandung bahan-bahan kimia tadi merusak bulu-bulu pada saluran napas atau yang dikenal dengan silia. Jadi, silia ini berfungsi untuk menyaring kotoran dan udara yang kotor agar tidak masuk ke dalam paru-paru. Namun, asap rokok tadi menyebabkan silia rusak. Kemudian asap rokok ini akan memenuhi alveoli. Jadi, alveoli itu seperti kantung-kantung kecil di paru-paru kita yang bertugas untuk transfer atau melakukan pertukaran gas antara oksigen dan karbon dioksida. Jadi akan saya jelaskan sedikit disini.

Ketika kita menghirup udara yang mengandung oksigen, oksigen ini akan dipakai oleh tubuh kita. Kemudian tubuh ktia akan menghasilkan karbon dioksida yang beredar di dalam darah. Dan tugas alveoli ini untuk pertukaran gas tersebut. Jadi ketika kita menghirup oksigen, kemudian di alveoli ini akan bertukar dengan darah yang mengandung karbon dioksida. Lalu, karbon dioksida ini dikeluarkan lagi oleh tubuh kita.

Namun pada perokok, ia menghirup juga yang namanya karbon monoksida.

Jadi, karbon monoksida ini adalah hasil dari pembakaran rokok itu tadi. Zat inilah yang terikat dengan hemoglobin atau HB. Kita tahu bahwa tugas hemoglobin adalah mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Namun ketika karbon monoksida ini masuk, maka oksigen ini akan kalah. Jadi yang diikat oleh HB adalah karbon monoksida. Itulah sebabnya perokok sering mengalami sesak napas.

Kemudian dalam sekitar 10 detik, darah akan membawa zat yang bernama nikotin. Inilah zat yang dicari oleh para perokok. Nikotin ini akan mencapai otak, kemudian akan memicu pelepasan dopamin dan neurotransmitter lainnya termasuk endorphin. Inilah yang menyebabkan sensasi kita merasa lebih senang ketika merokok. Dan itu juga yang menyebabkan kita ketagihan atau addictive terhadap rokok.

Siapa disini yang sudah kecanduan rokok? Apa yang anda rasakan? Dan ketika melepas rokok, apa yang anda rasakan? Silahkan anda comment di bawah.

Dari video tersebut, saya mendapatkan pelajaran bahwa nikotin dan zat kimia lainnya yang digunakan secara serentak dapat membuat pembuluh darah menyempit dan merusak lapisan endotelial.

Jadi, di pembuluh darah kita terdapat lapisan paling dalam yang namanya endotelial. Inilah yang akan rusak ketika asap rokok masuk, kemudian dapat menyebabkan penebalan dinding pembuluh darah dan mudah terjadi perlengketan. Akhirnya, mudah terjadi pembekuan darah disana. Trombosit membeku disana. Dan inilah yang meningkatkan resiko terjadinya stroke dan penyakit jantung koroner.

Kemudian, banyak zat kimia di dalam rokok yang dapat memicu mutasi DNA sehingga dapat menyebabkan kanker. Itulah alasannya ketika anda membeli roko, terdapat tulisan : “Merokok dapat menyebabkan penyakit jantung, blablabla..”

Termasuk salah satunya adalah kanker. Selain itu, bahan-bahan lainnya seperti arsenik dan nikel dapat mengganggu proses perbaikan DNA.

Sobat sehat, setelah mendengarkan penjelasan tadi, saya mempunyai satu kabar baik dan satu kabar buruk. Kabar buruknya adalah, mungkin anda sudah mendengar manfaat melepaskan rokok, dampak rokok bagi tubuh, dan anda memutuskan untuk berhenti total menghisap rokok. Kabar buruknya, ketika anda melepaskan itu semua, maka tubuh anda akan kekurangan nikotin. Akhirnya anda merasa cemas, gelisah, bahkan sampai depresi. Mungkin ketika anda bekerja, anda menjadi tidak fokus.

Kabar baiknya adalah anda bisa melepas rokok pelan-pelan.

Jadi, jangan langsung dilepas total. Misalkan anda biasanya merokok 2 pak dalam sehari, kurangi menajdi satu pak dulu. Jadi, dilepas pelan-pelan secara bertahap. Sebagai gantinya, anda bisa mencari permen karet atau spray mint. Jadi, saya berikan tools penggantinya. Bisa permen karet, spray mint, lalu anda juga bisa olahraga untuk melepaskan kecanduan anda terhadap rokok. Kemuain, anda juga bisa melakukan terapi akupuntur.

Apa sih efek akupuntur terhadap pecandu rokok?

Jadi pada saat anda melepaskan rokok, kemungkinan besar anda akan mengalami cemas dan gangguan tidur. Akupuntur dapat membantu mengurangi kecemasan anda dan membuat anda tidur lebih nyenyak. Namun, hasilnya akan berbeda pada setiap individu. Itu saja penjelasan dari saya.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk anda semua. Dan untuk anda yang perokok, anda harus bisa mengambil keputusan sendiri karena saya tidak mungkin melarang anda untuk merokok karena itu uang anda, bukan uang saya. Mungkin setelah menonton video ini, anda memutuskan untuk tetap merokok, mengurangi rokok, atau berhenti merokok. Itu terserah anda.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here