Bagaimana Cara Menambah Berat Badan?

0
26

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik yang menarik. Kalau biasanya saya membahas diet untuk program penurunan berat badan, kali ini terbalik. Kali ini saya akan membahas : “Bagaimana Cara Menambah Berat Badan?”.

Sobat sehat, jadi pada video-video sebelumnya saya membahas tentang diet, bagaimana cara menurunkan berat badan. Dan ternyata, di kolom comment banyak juga yang menanyakan :

“Dok, bagaimana cara menaikkan berat badan?”.

“Dok, bagaimana cara agar saya bisa gemuk?”

“Dok, obat ini bagus atau tidak untuk menaikkan berat badan?”

“Dok, saya sudah makan banyak. Tetapi mengapa berat badan saya tidak kunjung naik?”

Untuk kasus yang satu ini, sebaiknya anda cek dulu apakah ada cacing di perut anda? Atau mungkin juga naga, sehingga berat badan anda tidak kunjung naik. Atau faktor yang kedua adalah anda mengalami gangguan hormon, misalnya hipertiroid.

Jadi, mereka yang menderita hipertiroid itu walau makan sebanyak apapun akan susah untuk menaikkan berat badannya. Kalau seperti ini, anda harus cek ke dokter anda. Atau faktor yang ketiga adalah anda merasa sudah makan banyak, tetapi ternyata makanan yang anda makan tersebut kalorinya belum cukup untuk membantu meningkatkan berat badan anda.

Pada video kali ini saya akan memberikan tips-tips untuk anda semua yang merasa kekurangan berat badan untuk meningkatkan berat badan anda. Tetapi sebelum itu saya ingin bertanya satu hal kepada anda semua. Anda ingin meningkatkan berat badan seperti apa?

Jadi, poin yang pertama adalah anda ingin bentuk tubuh yang seperti apa?

Kalau anda bingung, anda bisa searching di Google. Anda bisa lihat contoh artis yang tubuhnya sesuai dengan bentuk tubuh impian anda. Apakah anda ingin menaikkan berat badan yang banyak lemaknya? Atau yang atletis?

Kemudian, yang kedua adalah lakukan penimbangan berat badan. Cek dulu berapa kilo berat badan anda sekarang. Kemudian, ukur tinggi badan anda, lalu masukkan ke dalam rumus BMI atau Indeks Massa Tubuh. Saya sudah pernah memberikan rumusnya di video saya sebelumnya. Anda bisa cek disini : “Bagaimana Cara Menghitung Berat Badan Ideal”.

Jika anda malas menghitung dengan menggunakan rumus, anda bisa cari aplikasinya di HP anda. Jadi anda tinggal memasukkan jenis kelamin, usia, tinggi badan dan berat badan anda. Nanti akan keluar hasilnya. Dan setelah keluar hasilnya, anda masuk kategori yang mana? Apakah kurus, ideal, atau kelebihan berat badan? Untuk anda yang kelebihan berat badan, anda tidak perlu menambah berat badan lagi.

Kemudian, langkah yang ketiga adalah anda bisa cek berapa kalori harian anda.

Lalu, bagaimana cara mengetahui kalori harian tersebut? Saya akan berikan link’nya di bawah ini.

https://www.bodybuilding.com/fun/macronutcal.htm

Anda tinggal klik link di atas. Lalu anda masukkan jenis kelamin anda, usia, serta kegiatan anda sehari-hari. Apakah itu ringan, sedang, berat, atau berat sekali. Andah arus menjawabnya dengan jujur. Jika aktivitas fisik anda itu ringan, setiap hari hanya main game dan nonton TV, jangan pilih yang aktivitas berat karena hasilnya pasti berbeda. Kemudian setelah keluar angkanya, maka itu adalah angka kalori harian anda.

Jika anda ingin mengetahui kalori harian anda untuk menaikkan berat badan, maka pilih yang untuk menaikkan berat badan. Jadi tujuannya menghitung kalori tadi adalah agar anda bisa mengatur pola makan anda dari pagi hingga malam hari agar kalorinya sesuai dengan angka tersebut.

Setelah itu, tips selanjutnya adalah persiapkan makanan anda.

Sesuaikan dengan angka kalori ya ng tadi anda dapatkan. “Saya ‘kan tidak tahu makanan apa saja yang sesuai dok? Bagaimana saya bisa tahu telur itu kalorinya berapa, nasi itu kalorinya berapa, kentang itu kalorinya berapa.” Itu mudah. Anda tinggal search, anda tinggal tanya ke mbah Google atau download aplikasinya, yaitu Fat Secret. Jadi, disana akan keluar jenis makanan beserta kalorinya.

Setelah itu, anda juga harus tahu berapa kebutuhan protein anda.

Terutama untuk anda yang ingin meningkatkan massa otot. Jadi, berat badan anda naik karena massa otot, bukan massa lemak. Jika anda hanya sembarangan makan, misalkan ketemu 2000 kalori dalam sehari untuk meningkatkan berat badan. Jadi, anda bisa konsumsi 4 bungkus mie instant ala-ala Korea. Satu bungkusnya itu sekitar 490 kalori.

Jadi apabila anda makan 4 bungkus ditambah 1-2 butir telur itu sudah lengkap 2000 kalori. Atau jika anda ingin mengejar protein, anda bisa makan telur atau tempe yang sudah anda hitung kalorinya. Itu akan lebih berguna untuk meningkatkan massa otot anda. Jika anda hanya mengandalkan mie instant, maka akhirnya otot anda tidak akan mendapatkan asupan protein yang cukup.

Dan langkah yang terakhir adalah anda harus olahraga, yaitu angkat beban.

Jadi ketika anda ingin membetuk otot, maka anda harus olahraga angkat beban atau gunakan tubuh anda sendiri sebagai beban. Anda bisa pergi ke tempat gym, atau anda juga bisa bayar personal trainer jika anda punya budget lebih.

Dan untuk mengatur makanan, anda juga bisa pesan di ahli gizi atau catering yang bisa menghitung berapa kalori harian anda dan dikonversikan ke dalam makanan. Jika budget anda pas-pasan, ya sudah. Anda bisa lakukan kegiatan di rumah. Anda bisa melakukan push up, sit up, atau gunakan alat apapun. Anda bisa menggunakan botol aqua yang diisi air atau besi. Atau mungkin bagi anday ang ingin olahraga sambil mencari penghasilan? Anda bisa melamar jadi tukang bangunan.

Tapi ini kembali lagi pada diri anda. Lakukan olahraga yang anda sukai. Dan tujuan dari olahraga angkat beban ini adalah untuk merusak otot. Jadi ketika otot anda dirusak, dengan anda mengisi asupan protein dan kalori yang cukup, maka akhirnya tubuh anda secara alamiah akan membentuk otot lagi karena yang tadi sudah rusak. Dan otot yang dibentuk ini ukurannya akan lebih besar yang kita sebut dengan hipertrofi. Jika makanan anda tidak cukup, maka yang terjadi adalah otot anda semakin menyusut atau disebut dengan atrofi.

Dan tips yang terakhir, anda harus istirahat yang cukup.

Jadi ketika anda olahraga, itu bukan untuk membentuk otot, melainkan merusak otot. Kapan otot tersebut dibentuk? Ketika anda tidur di malam hari. Jika istirahat anda cukup, maka tubuh anda bisa recovery dan membentuk regenerasi sel otot anda dengan lebih baik.  

 Jadi, itu semua adalah tips-tips yang bisa saya berikan untuk anda semua. Semoga program yang anda jalankan bisa berjalan dengan baik, entah itu menaikkan, menurunkan berat badan atau menjaga tubuh anda.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here