Hallo sobat sehat, jupa lagi dengan saya Dr. Sung. Tulisan kali ini saya mau bahas topik tentang perempuan yaitu kenapa saya telat haid? Apakah saya hamil?

Sebelum saya bahas topik ini, sobat sehat yang sedang mecari produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat seperti suplemen, vitamin atau mineral yang mendukung gaya hidup sehat silahkan kunjungi www.boxsehat.com. Disana banyak pilihan produk kesehatan yang mungkin cocok untuk anda.

Oke, tulisan kali ini saya tunjukan untuk anda para perempuang yang sudah haid sebeumnya tetapi belakangan ini anda mengalami telat haid. Jadi bukan buat anda yang dari kecil sampai saat ini belum juga haid kalau hal itu terjadi silahkan kunjungi dokter kandungan.

Disini kalau kita bacara soal telat haid pasti ada dong siklus normalnya. Mungkin saya sudah bahas di tulisan sebelumnya tapi tidak apa-apa saya bahas lagi. Jadi durasinya sekitar 3-7 hari dan siklusnya sekitar 21-35 hari. Jangan harap setiap bulan harus sama seperti gajian karyawan.

Lalu kalau tidak menstruasi atau tidak haid?

Sebagian besar orang berfikiran hamil, ya karena yang sering kalian lihat di sinetron seperti itu heheh. Disini ada beberapa penyebab kenapa haid tidak teratur dan saya akan membahasnya satu persatu.

Bagi Seorang Wanita Yang Sudah Memasuki Usia Menopause

Usia Periode Menopause menuju Menopause disini sering terjadi haid yang tidak teratur jadi silahkan konsultasi ke dokter anda. Ini terjadi di usia kurang lebih 40 tahun ke atas.

Aktivitas Fisik Yang Berlebihan

Orang-orang yang sedang kelelahan dapat mengganggu siklus haid mereka.

Diet Yang Terlalu Ketat

Hormon ini juga membutuhkan asupan nutrisi. Jadi beberapa nutrisi di butuhkan untuk membentuk hormon, kalau nutrisinya kurang otomatis anda akan terkena gangguan hormonal. Jadi bukan gangguan hormonal saja, semua sistem di tubuh anda akan rusak kalau anda dietnya terlalu ketat.

Berat Badan

Orang yang kegemukan dan kekurusan ini dapat menganggu siklus menstruasinya jadi pertahankan berat badan anda di berat badan ideal. Anda bisa itung sendiri berapa berat badan anda.

Kemudian Ada Kondisi Hamil dan Menyusui

Lalu Ada Gangguan Pada Bagian Otak

Yaitu ada Hypothalamus ini berfungsi mengirimkan sinyal-sinyal hormon ke organ anda. Ketika sekolah belajar pelajaran biologi yang di butuhkan menstruasi yaitu Hypothalamus yang di otak jika tidak ada gangguan akan berjalan lancar. Kemudian hormon, ovarium lalu jalan keluar lewat vagina jadi singkat saja seperti itu. Selama tidak ada gangguan-gangguan pada jalur yang saya sebutkan menstruasinya akan lancar.

Polycystic Ovary

Segala penyakit yang ada pada uterus segera konsultasikan pada dokter.

Penggunaan Pil KB Juga Dapat Mengganggu Siklus Menstruasi

Stress atau Tekanan Berlebih

Sebagaian perempuan jaman now yang mengalami gangguan siklus menstruasi biasanya karena gaya hidup atau lifestyle jadi coba rubah gaya hidup anda. Tingkat stress semakin tinggi, tekanannya semakin tinggi ini juga akan mengacaukan siklus menstruasi.

Saya jadi ingat salah satu kalimat dari seorang komedian

“Gaya itu berbanding lurus dengan tekanan”

Jadi semakin tinggi gaya hidup anda semakin banyak tekanan dalam hidup anda.

Oke itu saja yang bisa saya berikan di tulisan ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda dan sampai jumpa di video selanjutnya.

Salam Hebat Luar Biasa.

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here