Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas : “Apakah Fogging Benar-Benar Efektif Untuk Membunuh Nyamuk?”.

Indonesia pada saat ini sedang mengalami musim hujan. Dimana kita tahu banyak sekali berita tentang nyamuk demam berdarah. Banyak sekali pertanyaan yang masuk di kolom comment tentang apakah fogging benar-benar efektif untuk membunuh nyamuk demam berdarah atau nyamuk yang kita kenal dengan sebutan nyamuk Aedes Aegypti.

Untuk penjelasan demam berdarah sendiri, saya sudah pernah bahas di video saya sebelumnya. Anda bisa cek disini. Jadi, pertanyaan-pertanyaan yang sudah saya kumpulkan melalui Google Autocomplete yang pertama adalah ‘Apakah fogging dapat berbahaya untuk kucing?’. Kucing disini mewakili hewan peliharaan, tentunya. Siapa disini yang memelihara kucing, anjing, tikus? Ups, sorry.. Mungkin gak memelihara tikus, tapi hamster ya..

Fogging sendiri jika dalam dosis yang normal, yang biasanya dilakukan, maka hal itu tidak akan membahayakan binatang peliharaan anda. Tetapi sebaiknya pada saat fogging, anda juga mengamankan binatang peliharaan anda. Jadi, jangan biarkan binatang peliharaan anda di kandang, lalu disemprot begitu saja. Namun jika binatang peliharaan anda menghirup asapnya terlalu banyak, maka hal itu juga dapat membahayakan binatang peliharaan anda.

Kemudian, kita masuk ke pertanyaan selanjutnya. ‘Apakah Fogging Benar-Benar Efektif Untuk Membunuh Nyamuk?’. Fogging sendiri dapat membunuh nyamuk Aedes Aegypti atau jenis nyamuk lainnya. Tetapi, khusus jenis nyamuk yang sudah dewasa. Nyamuk yang sudah bisa terbang.

Lalu, bagaimana dengan jentik nyamuk atau nyamuk yang belum menjadi nyamuk dewasa atau nyamuk tersebut masih dalam bentuk larva? Untuk memberantas larva tersebut, tidak ada cara lain selain dengan menguras. Jadi, bisa dibilang dengan cara 3M. Jadi menguras bak mandi, menguras tempat penampungan air, kemudian mengubur benda-benda yang dapat menampung air. Serta menutup tempat penampungan air. Jadi misalkan anda menadah air di rumah dengan ember, selesai ditadah, ketika akan anda tinggalkan, segera ditutup.

Dan satu hal lagi untuk anda semua yang hobi memelihara ikan. Sebaiknya, jangan biarkan kolam anda kosong. Ketika kolam anda kosong, tidak ada ikannya, maka kolam itu akan menjadi sarang jentik-jentik nyamuk. Jadi, nyamuknya akan happy, bertelur disana dan akan menghasilkan larva yang banyak. Akhirnya, larva inilah yang akan berkembang menjadi nyamuk dewasa. Sebaiknya anda memelihara ikan untuk memakan jentik nyamuk tersebut.

Lalu pertanyaan selanjutnya, ‘Apakah fogging berbahaya bagi manusia?’. Dengan dosis yang normal, dengan takaran yang pas, fogging tersebut hanya efektif untuk membunuh nyamuk. Bahkan, hewan peliharaan saja tidak apa-apa. Apalagi manusia?

Tetapi pada beberapa orang yang sensitif atau dosis yang diberikan terlalu banyak, atau terlalu banyak menghirup asap fogging tersebut, ingat, fogging juga dilakukan dengan pembakaran. Jadi apabila terlalu banyak menghirup asap fogging tersebut, maka juga dapat membahayakan tubuh kita.

Mungkin bagi mereka yang sensitif, mereka akan mengalami sakit kepala, kemudian mata mulai berair, hidung gatal, dan juga gangguan pada pencernaan. Mungkin bisa terjadi mual dan muntah. Jika terjadi hal-hal demikian, sebaiknya anda harus ke Rumah Sakit untuk diperiksakan.

Lalu, kita masuk ke pertanyaan selanjutnya.Pertanyaan nomor empat. ‘Apakah fogging itu bayar?’. Jika anda bertanya bayar atau tidak, itu tergantung dari lingkungan RT dan RW anda masing-masing. Terkecuali anda dapat sponsor, mungkin bisa dapat gratis.

Kita lanjut kepertanyaan terakhir. Pertanyaan nomor lima. ‘Apakah fogging berbahaya bagi ibu hamil?’. Sampai sekarang, belum ada penelitian yang menyatakan fogging ini berbahaya atau tidak. Tetapi sekali lagi, untuk anda yang tidak hamil saja disarankan jangan menghirup asapnya terlalu banyak. Apalagi bagi anda yang sekarang dalam kondisi hamil?

Sebaiknya pada saat penyemprotan atau pengasapan fogging tadi, anda yang sedang hamil segera meninggalkan tempat tersebut. Jadi, biarkan mereka yang tidak hamil untuk menjaganya disana.

Oke, semoga pertanyaan dan jawaban seputar fogging ini dapat anda pahami. Dan tadi saya sudah menjelaskan dengan bahasa yang sederhana. Semoga anda semua dapat mengerti. Dan seperti biasa bagi anda semua yang membutuhkan produk untuk mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Seperti biasa bagi anda yang menyukai video seperti ini, silahkan andaklik like di bawah ini. Silahkan comment dan share kepada teman-teman anda.

Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here