5 Cara Menghilangkan Flek Hitam Terbukti Efektif Dengan Bahan Alami - Flek Hitam

SB30 – Sobat sehat, tahukah anda bahwa setelah melakukan eksfoliasi kulit kita akan cenderung kering dan lebih sensitif. Itulah sebabnya setelah eksfoliasi sangat diwajibkan untuk memakai sunscreen di pagi hari. Selain itu, anda juga harus mengaplikasikan moisturizer atau pelembab untuk memastikan kulit anda terhidrasi dengan baik.

Lalu, apa yang akan terjadi jika kulit kita kurang terhidrasi setelah melakukan eksfoliasi?

Jika kulit kita kurang terhidrasi dengan baik, maka pori-pori di kulit wajah kita akan semakin besar. Jadi apabila anda menggunakan physical exfo, pastikan jangan menggunakan scrub yang terlalu kasar,dan mengusapnya di wajah anda dengan keras karena cara itu justru membuat kulit anda iritasi.

Jika menggunakan AHA BHA(chemical exfo) sebagai exfo, sebaiknya hindari bahan aktif niacinamide. Karena apabila kedua bahan tersebut dicampurkan, maka dapat mengurangi efektivitas kinerja keduanya pada kulit bahkan bisa menimbulkan jerawat.

Akan tetapi, AHA BHA dan niacinamide bisa digunakan berbarengan, tergantung pada konsentrasi dan pH produk. Namun cocok atau tidaknya tergantung pada kulit masing-masing. Anda bisa menggunakan beberapa tips ini jika anda ingin memakai AHA BHA dan niacinamide :

  • Gunakan produk skincare mengandung AHA BHA pada malam hari, lalu gunakan skincare dengan bahan aktif niacinamide pada saat pagi hari.
  • Apabila ingin menggunakan AHA BHA dan niacinamide secara berbarengan, beri jeda waktu minimal 30 menit.

Jenis kulit berminyak akan memiliki kemungkinan lebih besar mengalami pori-pori besar dibandingkan kulit kering atau normal, sehingga

pemakaian skincare juga akan mempengaruhi. Mulai dari facial wash yang terlalu membuat kulit kering, serum yang tidak sesuai kebutuhan kulit, hingga pemakaian toner yang memiliki kandungan AHA BHA tinggi yang tidak dilengkapi dengan pemakaian sunscreen.

Dan yang paling berpengaruh adalah intensitas facial atau eksfoliasi. Kotoran tersumbat di pori-pori memang perlu eksfoliasi, bisa dengan chemical atau physical. Semakin sering anda melakukan eksfoliasi, maka pori-pori anda juga akan semakin membesar.

Jadi setelah melakukan eksfoliasi kulit, jangan lupa gunakan moisturizer walaupun kulit anda berminyak. Tujuannya adalah agar kulit tidak memproduksi sebum sendiri. Selain itu untuk menghindari rusaknya skin barrier setelah melakukan eksfoliasi, gunakan sunscreen 2 ruas jari di pagi hari & siang hari sehabis mencuci muka.

Setelah melakukan eksfoliasi, terkadang komedo putih di wajah justru semakin kelihatan. Itulah sebabnya kita perlu mengangkat komedo tersebut, tapi bukan sembarang diangkat seperti dipencet. Hal itu justru bisa memperburuk kondisi kulit, apalagi jika tangan kita tidak steril.

Jika komedo anda cenderung besar dan terpusat di sekitar hidung atau hanya sekitar hidung saja, anda bisa mengangkatnya dengan menggunakan pore pack.

Namun, jika komedo andacenderung kecil-kecil dan tersebar diseluruh wajah, maka anda bisa menggunakan masker peel off. Anda bisa menggunakan masker ini setelah melakukan eksfoliasi. Semoga bermanfaat.

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here