Kenali Pentingnya Bed Rest Saat Sedang Sakit - Bed Rest

Bed rest merupakan salah satu langkah terbaik yang dapat kita lakukan saat sedang sakit. Hal ini tentunya berguna agar kita dapat segera sembuh dan pulih. Namun beberapa orang menganggap bahwa saat sedang sakit, lebih baik kita lebih banyak berolahraga untuk mengeluarkan keringat dan membuat tubuh kita dapat lebih pulih dengan cepat. Sayangnya, anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar, bahkan menurut beberapa ahli serta dokter berolahraga saat sedang sakit bukan hanya tidak efektif, namun hal ini justru memiliki dampak yang berbahaya bagi tubuh. Hal ini dikarenakan pada fase awal saat mengalami sakit, tubuh akan memberi sinyal bawah sedang terdapat masalah.

Untuk menjawab sinyal tersebut, kita diminta untuk menyiapkan tubuh kita dalam memerangi masalah atau penyakit yang ada, salah satunya dengan memperbanyak istirahat atau bed rest. Selain itu, kita juga perlu mengkonsumsi berbagai nutrisi baik yang disarankan dan diperlukan oleh tubuh kita. Sehingga dengan melakukan hal tersebut, maka tubuh kita akan jauh lebih siap dan tidak mudah “kelelahan” pada saat sedang berperang melawan penyakit.

Pada saat tubuh mengirimkan sinyal adanya masalah atau penyakit yang menyerang, kamu perlu memberikan waktu bagi tubuhmu untuk memaksimalkan kemampuan menyembuhkan diri sendiri. Sehingga kamu perlu untuk bed rest atau istirahat yang cukup. Tidak hanya itu, kamu juga perlu untuk memasok nutrisi baik yang diperlukan oleh tubuh serta memperbanyak konsumsi air putih.

Bed rest atau beristirahat yang cukup dapat menjadi salah satu cara terampuh agar tubuh kembali sehat pada saat sedang sakit. Hal ini dikarenakan ketika tidur tubuh akan mengaktifkan “pasukan” sel darah putih sebagai sistem imun untuk melawan penyakit. Kata ahli dalam buku Microbes Factor, sel darah putih bernama Macrofag dan Neutrofil akan beraksi membasi bakteri dan virus yang masuk ke dalam tubuh. Kalau kedua sel putih itu kalah, ada bantuan lain dari sel-sel limfatik (getah bening) yang lebih ampuh malawan bakteri dan virus, sekaligus memproduksi semacam antibodi tubuh.

Meskipun bed rest merupakan cara untuk memulihkan tubuh pada saat sedang sakit, hal ini tidak dapat dilakukan pada semua kondisi penyakit. Ada beberapa kondisi penyakit yang tidak dapat sembuh dengan efektif apabila kita hanya beristirahat secara total. Oleh karena itu, bijaklah dalam menyikapi masalah atau penyakit yang sedang dialami tubuh.

Bed rest merupakan salah satu cara terbaik dan dianjurkan untuk melawan penyakit serta mengembalikan kondisi tubuh kita agar segera pulih. Namun, tentunya hal ini perlu didukung dengan konsumsi berbagai macam nutrisi yang baik dan penting bagi tubuh. Apabila kamu mengalami gejala penyakit, sebaiknya segera hubungi dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat dengan segera. Semoga bermanfaat!

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here