Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas : “7 Tips Buat Anda yang Sedang Stress”.

Sobat sehat, sebelum saya membahas video ini lebih lanjut, saya akan menginformasikan kepada kalian semua, para subscriber dan viewer dari SB30 Health.

Untuk pertama kalinya, tim SB30 Health akan membuat grup WhatsApp. Jadi, nantinya setiap hari kami akan memberikan tips-tips untuk kesehatan. Kami akan usahakan setiap hari, namun kalau tidak bisa setiap hari, jangan dikomplain yaa..

Tips-tips kesehatan ini akan kami berikan gratis, dan utnuk satu grup WhatsApp hanya untuk 250 orang. Memang terbatas seperti itu. Jadi untuk anda yang benar-benar membutuhkan, silahkan klik link’nya di bawah ini atau di atas. Silahkan anda cari. Silahkan daftar disana dan bergabung bersama kami di grup WhatsApp.

Oke, mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan di awal video ini. Kita lanjut.. Sobat sehat, siapa disini yang sedang dalam masalah atau sedang stress? Mungkin stress karena pekerjaan anda atau karena kuliah, apapun itu. Atau mungkin anda stress karena idola anda kalah dalam pemilu? Atau mungkin idola anda itu artis yang saat ini cerai atau karena sudah menikah, sehingga anda jadi stress. Jadi, disini itu semua tidak penting. Disini saya akan membahas solusinya.

Jika anda sedang stress, disini saya akan membuat 7 tips untuk anda semua yang sedang mengalami stress.

Jadi, langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah refreshing atau rekreasi. Jadi, bisa saya katakan hal ini adalah terapi. Terapi jalan-jalan atau terapi rekreasi. Mengapa hal ini penting? Begini.. Mengapa orang yang bekerja sepanjang tahun dan tidak pernah jalan-jalan bisa stress? Boro-boro jalan ke luar negeri, di dalam negeri saja mungkin tidak pernah.

Jadi, rekreasi itu penting bagi anda semua. Apapun pekerjaan anda, apapun status sosial anda, anda perlu yang namanya rekreasi. Ketika anda rekreasi atau jalan-jalan, anda bisa menikmati pemandangan. Ketika anda menikmati liburan anda, maka hal tersebut dapat me’refresh otak anda. Dan biasanya untuk anda semua yang banyak melakukan kegiatan atau pekerjaan anda membutuhkan pikiran, maka anda butuh refreshing. Jika tidak, pikiran anda akan buntu dan mentok. Dan mungkin kreativitas anda tidak bisa keluar lagi.

Namun, refreshing ini akan berguna jika anda benar-benar refreshing. “Maksudnya gimana, dok?”. Jadi, banyak orang yang ke luar negeri, jalan-jalan, badannya di luar negeri, badannya jalan-jalan, tetapi pikirannya tetap di kantor. Atau pikirannya masih berkeliaran kemana-mana, memikirkan pekerjaan. Jadi, saran saya pada saat anda ke luar negeri atau anda ke pantai atau ke gunung, matikan ponsel anda. Nikmati pemandangan disana, nikmati suara burung-burung disana.

“Jika saya tidak sempat ke pantai atau ke gunung, saya harus jalan-jalan kemana?”

Ke tempat yang anda suka, terserah dimanapun. Ada yang suka belanja ke mall, ada yang suka jalan-jalan dengan bersepeda bersama teman. Silahkan anda lakukan.

Lalu, tips yang kedua adalah membaca buku. Selain buku, anda juga bisa membaca dari sumber-sumber lainnya. Kalau zaman sekarang, tidak harus dari buku. Anda bisa baca dari e-book atau dari social media. Namun sekali lagi, apa yang anda baca?

Dengan membaca, anda bisa mengetahui banyak hal. Ada yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia. Namun, zaman sekarang, tidak harus dari buku. Yang terpenting anda suka membaca. Dengan membaca, ada materi-materi yang membuat anda termotivasi. Ada yang membuat anda menjadi rileks. Ada yang membuat anda tertawa.

Ketika anda tertawa, maka hal ini juga akan membuat tubuh anda menjadi rileks.

Namun sekali lagi, itu jika yang anda baca adalah hal positif. Berbeda halnya jika yang anda baca itu negatif. Mungkin yang anda baca itu status Facebooknya orang lain yang lagi galau. Kemudian anda baca berita politik yang lagi panas. Akhirnya, anda jadi tambah stress dan cemas. “Oh, nanti ada kerusuhan! Nanti ada gempa!”.

Jika anda tidak siap dengan itu semua, lebih baik anda tidak usah membacanya. Daripada setelah anda baca, lalu anda sendiri yang takut. Jadi, ada beberapa teman saya yang akhirnya takut untuk naik pesawat karena mendengar kabar pesawat yang jatuh. Karena setiap hari yang diberitakan tentang pesawat jatuh. Akhirnya mau naik pesawat takut, mau keluar rumah juga takut. Kalau begini, anda justru semakin stress.

Lalu, tips yang ketiga adalah mendengarkan musik.

Jadi, anda semua bisa mendengarkan musik yang anda sukai. Jadi, carilah alunan melodi yang anda sukai. Ada bermacam-macam jenis musik yang dapat membuat anda lebih bersemangat, termotivasi ataupun membuat anda rileks. Carilah musik yang membuat anda rileks.

Dan sekali lagi, musik yang anda dengarkan tidak harus dalam bentuk mp3. Tidak harus dari radio, tidak harus dari video. Anda juga bisa mendengarkan musik dari alam. Silahkan anda jalan-jalan, denganrkan kicauan burung, suara air terjun, suara air mengalir di sungai, atau suara ombak. Hal ini juga dapat membuat anda rileks. Atau anda juga bisa mendengarkan suara istri anda di rumah.

Kita lanjut ke tips yang keempat, yaitu silaturahmi.

Silaturahmi ini adalah budaya di Indonesia yang sudah ada sejak lama. Misalnya untuk anda yang sudah lama bekerja di kota dan berpisah dengan keluarga, sesekali anda harus pulang. Anda harus bertemu dengan keluarga yang anda cintai. hal ini juga dapat membuat anda rileks. Terutama untuk anda semua yang sudah menikah dan berpisah dengan pasangan cukup lama. Bertemu kembali juga dapat membuat anda lebih rileks dan dapat mengurangi stress anda.

Selain bertemu dengan keluarga yang anda cintai, anda juga bisa berkumpul dengan teman-teman anda yang positif. Inat, ketika kita berkumpul bersama orang-orang yang positif, kitapun menjadi lebih positif. Energi kita menjadi lebih baik, dan mood kita menjadi lebih baik. berbeda halnya dengan ketika anda bertemu orang-orang yang negatif. Jadi ketika anda ingin silaturahmi, perhatikan juga siapa orang yang harus anda temui.

Jadi, jangan bertemu dengan orang-orang yang negatif atau berkumpul terlalu lama dengan orang-orang yang negatif. Jika orang-orang tersebut hanya membicarakan gosip, bicara politik, bicara hal-hal yang membuat anda panas, maka anda pasti akan bertambah stress.

Tetapi jika anda bertemu dengan orang-orang yang membuat anda sejuk, tentunya akan berbeda, anda tidak harus bertemu secara fisik. Anda juga bisa bertemu melalui media sosial. Hal ini juga penting untuk anda semua. Jika setiap hari yang anda dengarkan dan temui itu orang baik dan membuat hati anda sejuk, otomatis stress anda akan berkurang.

Kita lanjut ke tips yang kelima, yaitu perbanyak memberi.

Atau ada yang meyebutnya bakti sosial atau beramal. Jadi dengan anda perbanyak memberi terhadap sesama manusia ataupun terhadap makhluk lain seperti hewan, apapun itu. Selama anda melakukannya dengan ikhlas, maka hal ini dapat menurunkan stress anda.

Jadi dengan anda memberi, anda bisa belajar dan memahami bahwa anda bukanlah satu-satunya makhluk hidup yang paling malang di muka bumi ini. Bahkan, masih banyak orang laina tau makhluk hidup lain yang kesusahan. Dengan anda memberi atau beramal, maka hal itu dapat membantu menurunkan tingkat stress anda.

“Saya sudah niat memberi, dok. Saya sudah ikhlas memberi. Tetapi pasangan saya, istri atau suami saya tidak ikhlas. Lalu bagaimana?”. Kalau seperti ini, sebaiknya anda rundingkan dulu. Jadi, pemikiran anda dan pasangan and harus sama. Apalagi kalau yang mencari uang atau yang mencari nafkah adalah pasangan anda. Tentu saj anda harus rundingkan dulu. Anda harus minta izin dulu.

Kita lanjut ke tips yang keenam, yaitu olahraga.

Untuk masalah olahraga, saya sudah sering seklai membahas di video-video saya sebelumnya. Jadi selain bagus untuk kesehatan dan untuk membentuk tubuh, olahraga juga baik untuk menurunkan tingkat stress. Jadi untuk anda yang sedang stress, susah tidur di malam hari, maka lakukanlah olahraga secara rutin.

“Olahraga apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi tingkat stress saya, dok?”

Yang pertama adalah olahraga yang bisa anda lakukan. Yang kedua, lakukan dengan rutin. Ini penting. Jadi pada saat anda olahraga, anda jangan memikirkan masalah pekerjaan anda. Jangan memikirkan masalah anda yang lain. Baik itu masalah keluarga, masalah pekerjaan, masalah sekolahan ataupun yang lainnya. Fokuslah dengan olahraga anda.

Jadi, ada para atlet yang mengatakan : “Brain and muscle connection”.

Jadi, koneksikan antara otak anda dengan otot anda sehingga anda mendapatkan gerakan yang baik. Jadi anda harus fokus disana. Apapun pekerjaan anda, jika anda tidak fokus, maka hasilnya tidak akan baik walaupun itu hanya olahraga.

Kemudian, tips yang terakhir adalah bermain dengan binatang peliharaan. Siapa disini yang suka memelihara hewan? Ada yang memelihara kucing, anjing, tikus, kura-kura, kemudian ular atau singa. Saya juga tidak tahu mengapa mereka suka memelihara singa. Kalau saya sih takut..

Jadi dengan bermain dengan binatang peliharaan, hal ini akan membuat hati anda gembira dan dapat menurunkan tingkat stress anda. Tetapi ingat, untuk anda yang tidak bisa memelihara binatang, sebaiknya jangan. Kalau hanya ingin main, silahkan anda kunjungi teman anda yang punya binatang peliharaan. Karena binatang juga yang kasihan jika anda tidak bisa memeliharanya. Anda hanya bisa main-main, namun ketika sakit anda tidak bisa merawatnya dan akhirnya mati.

Oke, semoga 7 tips ini dapat bermanfaat untuk anda semua yagn sedang stress. Silahkan dicoba satu persatu, mana yang bisa menurunkan tingkat stress anda. Jadi, jangan terburu-buru membeli obat tidur untuk mengatasi stress. Lakukan dulu 7 tips ini. Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here