7 Gejala Pertanda Stroke Ringan Yang Perlu Diwaspadai - Stroke Ringan

Stroke ringan merupakan masalah stroke yang masih berada di tahap awal atau tidak terlalu parah. Meskipun dapat dikatakan sebagai kondisi penyakit kategori ringan, namun tentunya hal ini tidak dapat diremehkan begitu saja, mengingat kondisi ini masih sangat berbahaya. Stroke sendiri merupakan penyakit yang sangat berbahaya dengan tingkat kematian yang sangat tinggi, bahkan dapat menyebabkan kematian secara tiba-tiba akibat adanya kelumpuhan otak bagi penderita stroke.

Stroke ringan pada umumnya dapat disebabkan oleh adanya gumpalan udara maupun lemak dengan ukuran kecil yang tersangkut di dalam pembuluh darah otak. Kondisi ini akan mengakibatkan adanya gangguan pada fungsi otak. Namun, untuk khasus stroke ringan gumpalan tersebut dapat hancur dengan sendirinya. Sehingga fungsi otak dapat berkerja secara normal kembali tidak akan menyebabkan kerusakan secara permanen pada otak.

Stroke ringan dapat diidentifikasi sejak dini dengan adanya berbagai macam keluhan atau gejala yang dirasakan oleh penderitanya. Dimana beberapa keluhan atau gejala yang dapat mengindikasikan seseorang mengalami stroke ringan ini didasarkan pada penuturan berbagai ahli di National Institutes of Health, gejala-gejala tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Adanya perubahan pada indra, seperti timbulnya gangguan pada indra pendengaran, pengelihatan, perasa, peraba, dan lain sebagainya.
  2. Perubahan kewaspadan, termasuk di dalamnya kantuk atau tidak sadar.
  3. Adanya perubahan dari sisi mental atau psikologi seperti kebingungan, kehilangan ingatan, kesulitan berbicara dan memahami orang lain, dan lain sebagainya.
  4. Adanya masalah pada otot, seperti otot menjadi melemah, kesulitan saat menelan makanan, hingga kesulitan dalam berjalan.
  5. Sering merasa pusing atau kehilangan keseimbangan serta koordinasi tubuh.
  6. Kurangnya kontrol terhadap kandung kemih maupun usus.
  7. Timbulnya masalah pada saraf, seperti mengalami mati rasa maupun kesemutan pada satu sisi.

Gejala stroke ringan yang sudah disebutkan di atas pada umumnya akan hilang dengan sendirinya setidaknya dalam kurun waktu 10 menit.

Selain gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas terdapat berbagai macam gejala lain yang mungkin akan timbul ketika seseorang menderita stroke ringan. Gejala-gejala tersebut antara lain seperti adanya peningkatan tekanan darah secara mendadak, salah satu sisi mulut atau wajah penderita terlihat menurun, kelelahan yang muncul secara tiba-tiba, tubuh mengalami kesemutan, cara bicara menjadi kacau atau tidak jelas, lengan maupun kaki mengalami kelumpuhan atau tidak dapat diangkat, kehilangan keseimbangan atau koordinasi tubuh, diplopia atau pandangan ganda, pandangan menjadi kabur atau bahkan mengalami kebutaan, hingga kesulitan dalam memahami kata-kata orang lain.

Stroke ringan merupakan masalah kesehatan yang dapat dialami oleh siapa saja dan tentunya tidak dapat dianggap remeh. Segera hubungi dokter apabila mengalami gejala-gejala stroke ringan yang sudah disebutkan di atas untuk memeperoleh penanganan sejak dini. Semoga bermanfaat!

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here