Home Info Kesehatan 6 Manfaat Kol Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Kol Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui

0
4
6 Manfaat Kol Bagi Kesehatan Yang Jarang Diketahui - Manfaat Kol

Manfaat kol bagi kesehatan mungkin masih belum diketahui oleh sebagian besar orang. Tapi jangan salah, sayuran yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Sayur kol merupakan salah satu jenis sayuran yang umum ditemui di berbagai masakan rumahan seperti lalapan, sup sayuran, tumisan, hingga salad. Selain rasanya yang enak serta mudah diolah sayur kol juga memiliki tekstur yang dapat memperkaya cita rasa masakan.

Manfaat kol ini tidak terlepas dari berbagai macam kandungan nutrisi yang terdapat di dalam sayur kol. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam sayur kol antara lain seperti serat, protein, karbohidrat, vitamin C, kalsium, vitamin B1, vitamin B12, kalium, natrium, dan lain sebagainya. Berikut beberapa manfaat kol yang perlu untuk kamu ketahui dan sangat sayang untuk dilewatkan:

1. Memperlancar sistem pencernaan

Manfaat kol yang pertama bagi kesehatan ialah memperlancar sistem pencernaan atau sistem metabolisme tubuh. Dimana salah satu kandungan nutrisi utama sayur kol sendiri adalah serat yang berfungsi dalam menjaga serta memperlancar kerja sistem pencernaan. Setidaknya terdapat 3,4 gram serat yang terkandung di dalam 100 gram sayur kol. Serat yang terkandung di dalam sayur kol tergolong ke dalam jenis serat tidak larut air, dimana pada umumnya serat tidak larut air ini bekerja lebih baik dalam mencerna makanan dibandingkan dengan serat larut air. Serat tidak larut air juga mampu membantu melancarkan pergerakan kotoran di usus sehingga dapat mencegah terjadinya sembelit.

2. Menjaga fungsi jantung

Sayur kol memiliki manfaat yang baik untuk membantu menjaga fungsi serta kerja jantung. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa di dalam kol terkandung senyawa antioksidan polifenol yang cukup tinggi. Dimana kandungan polifenol memiliki manfaat untuk menjaga fungsi organ jantung, membantu menurunkan tekanan darah, hingga mencegah terjadinya penumpukan trombosit.

3. Mencegah kanker

Manfaat kol yang sangat penting bagi tubuh ialah mencegah terjadinya kanker akibat paparan radikal bebas. Hal ini dikarenakan terdapat kandungan vitamin C yang cukup tinggi di dalam sayur kol. Selain itu, sayur kol juga mengandung senyawa sulforaphane yang diduga memiliki berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal sel kanker dengan cara menghambat kerja enzim histone deacetylase atau HDAC, dimana enzim tersebut terlibat dalam pembentukan sel kanker.

4. Menurunkan tekanan darah

Sayur kol memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini dikarenakan sayur kol memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, dimana kalium memiliki kemampuan untuk membantu mengatur tekanan darah. Selain itu, kalium juga berperan dalam mengeluarkan kandungan natrium yang berlebih dikarenakan natrium bisa meningkatkan tekanan darah. Semua jenis kubis atau sayur kol memiliki kandungan kalium, namun varietas kubis ungu memiliki kandungan kalium paling tinggi diantara jenis lainnya.

5. Menjaga fungsi otak

Kubis atau kol merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki kemampuan dalam menjaga fungsi kognitif otak untuk tetap bekerja secara optimal seiring bertambahnya usia. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat di dalam kubis atau sayur kol ini memiliki kemampuan untuk membantu memperlancar peradaran darah pada otak. Hal ini akan membuat otak untuk lebih mudah mengingat, menyerap informasi, serta memproses informasi tersebut.

6. Meredakan peradangan

Manfaat kol bagi kesehatan yang tak kalah penting ialah meredakan peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Dimana kol atau kubis mengandung senyawa sulforaphane yang berperan sebagai agen anti-inflamasi. Kandungan antioksidan tersebut dapat membantu mengatasi peradangan yang ada di dalam tubuh, termasuk yang disebabkan oleh infeksi. Bahkan dengan mengkonsumsi kubis secara rutin, hal ini akan membantu tubuh untuk mendeteksi peradangan yang terjadi sehingga nantinya sistem imun akan dengan lebih cepat dalam mengatasi peradangan tersebut.

Manfaat kol ternyata sangat banyak, bahkan mungkin sebagian besar orang tidak menyadari manfaat kol tersebut. Konsumsilah sayur kol atau kubis secara rutin dengan porsi yang tepat untuk memperoleh kebaikan dari manfaat kol.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here