Home Info Kesehatan 6 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

6 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Yang Sayang Untuk Dilewatkan

0
3
6 Manfaat Cuka Apel Bagi Kesehatan Yang Sayang Untuk Dilewatkan - Cuka Apel

Cuka apel atau apple cider vinegar merupakan hasil fermentasi dari buah apel yang telah dihancurkan. Cuka apel sering kali dimanfaatkan sebagai bahan pelengkap untuk menambahkan cita rasa dari sebuah masakan. Namun perlu kalian ketahui, cuka apel memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Cuka apel memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain seperti asam asetat, asam gallic, katekin, pektin, asam folat, biotin, kalium, potassium, kalium, magensium serta fosfor. Selain itu, cuka apel juga dipercaya memiliki berbagai macam kandungan vitamin seperti vitamin A, B, B1, B2, B6, C, dan E. Berbagai kandungan itulah yang menjadikan cuka apel memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan khususnya sebagai antioksidan serta antibakteri.

Berikut beberapa manfaat cuka apel bagi kesehatan yang sayang sekali untuk dilewatkan:

1. Menurunkan kadar gula darah

Cuka apel memiliki manfaat bagi kesehatan untuk membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Dimana hal ini telah dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan oleh Universitas Arizona. Dimana pada penelitian tersebut dikatakan bahwa cuka apel dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes yang berguna untuk menjaga kadar gula darah mereka tetap berada dalam batas normal.

2. Atasi jamur kulit

Cuka apel memiliki sifat anti-bakteri. Hal ini dikarenakan dalam cuka apel terdapat senyawa yang bernama asam malat. Senyawa ini berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur. Dengan kandungan ini cuka apel dapat digunakan untuk mengatasi masalah jamur kulit. Kamu hanya perlu mengoleskan kapas steril yang telah ditetesi oleh cuka apel pada area kulit yang terinfeksi jamur kulit untuk mengatasi masalah ini.

3. Turunkan kolesterol jahat

Kandungan serat dalam cuka apel sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Selain itu, asam amino yang terkandung dalam cuka apel memiliki kemampuan untuk mampu menetralkan kolesterol jahat serta mengeluarkannya dari tubuh. Tak hanya itu, cuka apel juga dipercaya memiliki kemampuan untuk meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh.

4. Menyehatkan pencernaan

Cuka apel dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan dari organ pencernaan. Hal ini dikarenakan cuka apel mampu meningkatkan kualitas dari asam lambung itu sendiri yang sangat penting dalam proses metabolisme. Selain itu, cuka apel juga dapat mengatasi mulas, mengurangi kembung, serta meningkatkan fungsi saluran pencernaan secara keseluruhan. Tambahkan sekitar 250ml air untuk setiap 1 sendok makan cuka apel sebelum dikonsumsi.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat cuka apel yang satu ini sangat berguna untuk kamu yang sedang menjalani progam diet untuk menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan adanya asam asetat yang terkandung dalam cuka apel. Dimana kandungan tersebut memiliki manfaat untuk membantu membakar kandungan lemak di dalam tubuh, meningkatkan metabolisme, hingga menekan nafsu makan.

6. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan senyawa Alpha Hydroxy Acid atau AHA yang terdapat pada cuka apel sangat baik untuk kesehatan kulit. Kandungan tersebut memiliki kemampuan untuk mendorong pembentukan sel kulit baru, mengecilkan pori-pori wajah, hingga memudarkan bekas jerawat. Bahkan dalam beberapa kosmetik yang beredar di pasaran terdapat kandungan cuka apel karena manfaatnya tersebut.

Cuka apel memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan dan sangat sayang untuk dilewatkan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan yang lebih ahli atau perbanyak referensi untuk dapat memanfaatkan kebaikan dari cuka apel dengan sebaik mungkin. Semoga bermanfaat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here