Memiliki napas dengan bau yang tak sedap tentunya akan sangat menganggu, tak hanya bagi diri kita namun juga bagi orang lain. Memiliki bau mulut dapat menyebabkan seseorang cenderung merasa gelisah, malu, serta menurunnya tingkat kepercayaan diri seseorang, terlebih saat mereka harus berkomunikasi secara langsung dengan orang lain.

Bau mulut atau dalam istilah medisnya dikenal dengan nama halitosis, merupakan sebuah kondisi adanya bau yang tidak sedap dari mulut dan berlangsung dalam jangka waktu yang lama, bahkan menyikat gigi, memakan permen, mencuci mulut tidak dapat mengatasinya. Seseorang yang memiliki bau mulut cenderung tidak sadar bahwa mulutnya memiliki bau yang tidak sedap. Namun hal ini dapat diketahui dengan cara menjilat area pergelangan dan tunggu hingga mengering. Setelah itu coba untuk cium area pergelangan tangan tersebut, apabila didapati aroma yang tidak sedap bisa saja orang tersebut mengidap halitosis.

Tentunya bila anda memiliki masalah bau mulut, maka hal ini harus segera diatasi agar tidak semakin menganggu. Anda dapat melakukan beberapa cara mudah yang dapat mengatasi masalah bau mulut, sebagai berikut:

1. Berkumur dengan air garam dan jahe

Salah satu cara mudah yang dapat anda lakukan untuk mengatasi masalah bau mulut ini ialah dengan berkumur menggunakan air yang dicampur dengan jahe maupun air larutan garam. Hal ini dikarenakan adanya kandungan sifat antiseptik pada garam serta jahe yang memiliki kemampuan dapat membunuh bakteri penyebab bau mulut. Sebaiknya gunakan air hangat agar dapat bekerja lebih efektif untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut. Lakukan kegiatan ini secara rutin untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Kunyah permen karet tanpa gula

Mengunyah permen karet tanpa kandungan gula dipercaya mampu mengatasi masalah bau mulut yang mengganggu. Hal ini dikarenakan, mengunyah permen karet tanpa gula mampu mestimulus serta membantu proses produksi air liur, yang dimana hal ini dapat membuat mulut tetap terhidrasi serta terhindar dari mulut kering yang dapat menjadi sarang bakteri penyebab bau mulut. Hindari konsumsi permen karet yang mengandung gula, karena hal tersebut justru dapat merusak gigi serta gusi, sehingga dapat memicu timbulnya bau tak sedap pada mulut.

3. Gunakan obat kumur

Untuk mengatasi masalah bau mulut, anda dapat menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Menggunakan obat kumur ini mampu membunuh bakteri yang menyebabkan munculnya bau mulut yang tak sedap serta membersihkan area mulut secara lebih menyeluruh.

4. Kumur menggunakan soda kue

Beberapa penelitian mengungapkan bahwa berkumur menggunakan soda kue efektif menghilangkan bau mulut tak sedap. Anda hanya perlu menggunakan air hangat yang dicampur 2 sendok teh soda kue, kemudian berkumurlah sekitar 30 detik. Untuk memperoleh hasil yang maksimal anda perlu melakukan kegiatan ini secara rutin.

5. Berhentilah merokok

Salah satu pemicu munculnya bau mulut ialah adanya zat berbahaya pada rokok. Selain itu, merokok juga dapat membuat mulut menjadi kering sehingga hal ini mampu membuat bau napas menjadi tak sedap. Oleh karen itu, untuk mengatasi masalah bau mulut anda perlu menghentikan kebiasaan merokok, agar bau mulut anda tidak semakin menganggu.

6. Cegah mulut kering

Anda dapat mengatasi masalah bau mulut dengan cara menjaga kondisi mulut anda tetap basah dan tidak kering. Dimana salah satu penyebab bau mulut yaitu kondisi area mulut yang kering. Untuk itu anda perlu mengkonsumsi air putih lebih banyak serta rajin membersihkan area mulut dan gigi.

Jaga selalu kesehatan mulut anda agar terhindar dari masalah bau mulut yang sangat menganggu. Segera hubungi dokter apabila masalah bau mulut anda tidak kunjung membaik, untuk memperoleh penangan yang sesuai.

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here