6 Bahan Alami Tinggi Kandungan Kolagen Yang Baik Untuk Kulit – Kolagen

Kolagen adalah jenis protein terbesar pada tubuh yang terbuat dari asam amino, bersifat keras, dan tidak larut di air. Terdapat sekitar 30% dari protein total merupakan kolagen. Protein pada umumnya sendiri berfungsi untuk membentuk tubuh seperti tendon, ligamen, otot, dan kulit. Kolagen berasal dari bahasa Yunani ‘kolla’ yang berarti lem. Berdasarkan arti kolagen sendiri, zat ini bisa diartikan sebagai zat yang digunakan untuk menyatukan tubuh atau menciptakan kekuatan antara sel-sel tubuh seperti kulit.

Kolagen memiliki manfaat yang sangat penting, khususnya dalam dunia kecantikan. Kolagen diperlukan untuk merawat kulit, menjaga elastisitas kulit, mencegah timbulnya keriput, dan berbagai masalah kulit lainnya. Pada umumnya tubuh manusia memproduksi kolagen secara alami, tetapi seiring bertambahnya usia produksi kolagen akan semakin melambat dari biasanya. Produksi kolagen dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi berbagai bahan alami yang kaya akan kandungan kolagen.

Berikut beberapa bahan alami yang tinggi akan kandungan kolagen:

1. Sarang burung walet

Salah satu bahan alami yang terkenal akan kandungan kolagennya yang sangat tinggi adalah sarang burung walet. Sarang tersebut dibuat dari air liur burung walet itu sendiri, hal ini menyebabkan sarang burung walet tidak memiliki komposisi seperti sarang pada umumya. Tak hanya terkenal akan kandungan kolagen yang sangat tinggi, dalam sarang burung walet sendiri juga terkandung berbagai nutrisi lain seperti asam amino, kalim, kalsium, antioksidan, serta berbagai kandungan lain yang sangat baik untuk kesehatan kulit.

2. Telur

Kandungan kolagen yang cukup tinggi juga terdapat di dalam telur. Telur memiliki dua bagian yaitu bagian kuning telur dan bagian putih telur. Bagian kuning telur sendiri, merupakan bagian telur yang mengandung kolagen. Sedangkan, untuk bagian putihnya mengandung asam amino yang juga ikut berperan penting dalam membantu produksi kolagen.

3. Kulit ikan

Ketika kamu mengkonsumi ikan, jangan lewatkan bagian kulit ikan tersebut. Hal ini dikarenakan kulit ikan memiliki kandungan kolagen tipe 1 dengan kosentrasi yang sangat tinggi. Sehingga mengkonsumsi ikan bersama kulitnya akan memaksimalkan asupan kolagen bagi tubuh.

4. Buncis

Mengkonsumsi buncis dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh. Salah satu jenis sayuran ini memiliki kemampuan yang sangat dibutuhkan untuk menunjang terjadinya proses sintesis kolagen. Hal ini dikarenakan buncis kaya kandungan vitamin C serta zinc yang berperang penting dalam proses sintesis kolagen.

5. Daging sapi

Daging sapi merupakan sumber makanan yang kaya akan kandungan berbagai macam nutrisi. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam daging sapi, diantarany yaitu kandungan zinc. Dimana, zinc merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting dalam menunjang produksi kolagen. Tak hanya itu, daging sapi juga mengandung asam amino yang penting dalam membentuk kolagen.

6. Jeruk

Buah yang satu ini sudah sangat terkenal akan kandungan vitamin C nya yang sangat banyak, bahkan bisa dikatakan salah satu yang terbanyak dibanding dengan yang lainnya. Terdapat sekitatr 70 miligram vitamin C pada setiap satu buah jeruk berukuran sedang. Hal ini membuat jeruk mampu menunjang asam amino selama proses produksi kolagen.

Kolagen merupakan nutrisi yang sangat penting bagi kesehatan kulit. Oleh karena itu, penuhi asupan kolagen dengan mengkonsumsi berbagai sumber makanan di atas.

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here