5 Vitamin Untuk Kulit Cantik Dan Sehat Yang Wajib Diketahui - Vitamin Untuk Kulit

Vitamin untuk kulit tentunya akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan cantik. Vitamin untuk kulit ini sendiri sangat mudah didapatkan, baik melalui beberapa sumber makanan tertentu hingga dari suplemen. Tentunya vitamin-vitamin tersebut tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan kulit tetapi vitamin-vitamin tersebut juga akan membuat kulit menjadi lebih halus, kencang, awet muda, dan dapat mencegah terjadinya penuaan dini yang menganggu penampilan seseorang.

Kulit memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, mulai dari melindungi tubuh dari cedera, infeksi, mengatur suhu tubuh, dan lain sebagainya. Karena fungsinya yang sangat penting ini tentunya kebutuhan nutrisi bagi kulit itu sendiri perlu diperhatikan dan dipenuhi. Berikut beberapa vitamin untuk kulit yang dibutuhkan untuk membuat kulit tetap sehat:

1. Vitamin A

Vitamin A mempunyai peran dalam membantu mencegah kerutan di kulit, penuaan dini, dan mencegah rusaknya kulit yang disebabkan rasiadi sinar UV, serta memelihara dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

Dalam mengonsumsi asupan Vitamin A dengan jumlah yang benar dan tepat, orang dewasa memerlukan sekitar 600 hingga 650 mikrogram per harinya. Untuk mendapatkan vitamin ini, anda dapat mengonsumi makanan yang mengandung vitamin A, seperti ayam, ubi, wortel, labu, tomat, brokoli, telur , keju, yoghurt, dan hati ayam atau sapi.

Jika dirasanya perlu, anda juga bisa mengonsumsi vitamin A melalui suplemen nutrisi tambahan sesuai anjuran dan rekomendasi dokter.

2. Vitamin B

Vitamin B kompleks, seperti biotin (vitamin B7) dan nicotinamide (vitamin B3), juga termasuk sebagai vitamin yang mempunyai manfaat baik bagi kesehatan kulit dan rambut.

Vitamin B bermanfaat dalam menjaga kelembapan kulit, mengurangi peradangan pada kulit, serta melindungi kulit dari paparan sinar UV dan radikal bebas yang berakibat rusaknya kulit. Selain untuk menjaga kesehatan kulit, Vitamin ini juga baik untuk mendukung pertumbuhan rambut.

Dalam mengonsumsi Vitamin B dengan cukup setiap harinya, anda bisa mencukupinya dengan mengonsumsi daging ayam, telur, susu, kacang-kacangan, ikan, dan seafood. Selain itu, anda juga dapat mencukupinya dengan suplemen nutrisi tambahan.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu jenis antioksidan terbaik yang bermanfaat untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit akibat paparan radikal bebas, polusi, sinar UV. Selain itu, vitamin C juga dapat  mencegah dan mengurangi risiko terjadinya kanker kulit dan penuaan dini.

Dalam mengonsumi vitamin C, jumlah asupan harian yang direkomendasikan oleh dokter untuk orang dewasa yaitu 75 sampai 90 miligram. Untuk dapat mencukupi asupan Vitamin C, anda bisa mengonsumsi dari sumber vitamin C, seperti jeruk, cabe, dan brokoli. Atau anda juga bisa mengonsumsi melalui supelemen vitamin C.

4. Vitamin D

Dalam meningkatkan penyerapan kalsium dan memperkuat jaringan tulang dan gigi, vitamin D merupakan salah satu nutrisi yang penting untuk hal tersebut.

Selain itu, vitamin D juga bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan memelihara kesehatan pada kulit, yang termasuk dalam mendukung pengobatan psoriasis, mencegah jerawat, dan mengatasi peradangan atau iritasi di kulit.

Dosis asupan rutin vitamin D yang dibutuhkan untuk orang dewasa yaitu sekitas 15 mikrogram, dan dosis untuk lansia adalah sekitar 20 mikrogram.

Salah satu metode yang sederhana dan mudah dilakukan utnuk memenuhi asupan Vitamin D yaitu dengan berjemur di bawah sinar matahari pagi. Serta untuk menjaga kesehatan kulit, anda dapat memperoleh nutrisinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D.

5. Vitamin E

Vitamin E juga merupakan salah satu antioksidan yang mempunyai khasiat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Khasiatnya yaitu dengan mengurangi keriput, mengatasi kulit kering, meredakan peradangan pada kulit, serta mencegah dan menghilangkan bitnik hitam pada kulit.

Vitamin E ini bisa ditemukan sebagai bahan-bahan dalam beberapa produk perawatan kulit, baik dalam berbentuk losion, krim atau serum.

Pada umumnya, dosis Vitamin E yang dibutuhkan orang dewasa yaitu sekitar 15 mikrogram per hari. Vitamin E dapat diperoleh dari berbagai makanan, seperti kacang, gandum, biji-bijijan serta minyak nabati yang sehat, contohnya syaitu minyak kedelai dan minyak zaitun.

Vitamin untuk kulit yang telah disebutkan di atas dapat dengan mudah kalian temukan di berbagai sumber makanan. Penuhi kebutuhan vitamin untuk kulit yang sudah disebutkan di atas untuk menjaga kulit tetap sehat dan cantik. Semoga bermanfaat!

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here