5 Penyebab Insomnia


 

Halo sahabat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali ini acara “Tanya dr. Sung” akan membahas tentang “5 Penyebab Insomnia”. Oke sahabat sehat, mungkin anda yang menonton video saya kali ini mungkin juga mengalaminya. Anda susah tidur atau insomnia. Atau mungkin anda menonton video saya saat ini pada jam 12 malam. Anda harus mengetahui 5 penyebab insomnia.

Yang pertama adalah FAKTOR LINGKUNGAN. Jadi yang perlu anda perhatikan adalah lingkungan di sekitar anda, dimana anda tidur. Yang pertama adalah tempat tidur anda atau kamar anda. Mungkin kamar anda berantakan atau kamar anda kotor sekali. Saat kamar anda berantakan atau kamar anda kotor, tentu membuat anda tidak nyaman tidur di dalamnya. Jadi anda harus membersihkan dan menata kamar anda dengan rapi.
Yang kedua, sebelum tidur mungkin anda bermain HP. Saran saya, sebaiknya anda tidak menggunakan handphone 1 jam sebelum tidur. Mengapa? Biasanya kalau melihat HP, apa sih yang anda lihat? Kebanyakan adalah media sosial, entah Facebook, Instagram, dan sebagainya. Atau anda adalah orang yang suka bermain game di malam hari. “Saya belum naik level nih..!” atau “Ada yang belum saya capai”. Anda justru semakin tidak bisa tidur karena anda kepikiran. Kemudian, anda mungkin membaca berita-berita tentang kekerasan dan perdebatan politik. Hal itu akan membuat anda semakin susah untuk tidur karena otak anda dirangsang terus untuk berpikir.

Kemudian yang ketiga, kamar tidur anda terlalu terang. Mungkin banyak orang mengatakan, “saya tidak bisa tidur karena takut gelap..! Jadi saya kalau tidur lampunya harus menyala”. Disini saya mau menyampaikan poin pentingnya adalah saat anda tidur dengan lampu kamar yang masih terang dan menyala, itu tidak baik bagi kualitas tidur anda. Jadi anda harus mematikan lampu anda atau menggunakan lampu tidur yang kecil. Jangan terlalu terang.

Kemudian yang keempat, banyak dari mereka yang sesaat sebelum tidur ditemani televisi. Tentu hal ini juga tidak baik untuk anda. Mengapa? Karena televisi biasanya menayangkan tontonan yang tidak semuanya baik. Dan jika ada berita kekerasan, pembunuhan dan sebagainya, itu tidak baik untuk otak anda. Terutama anak-anak anda. Jangan biasakan mereka untuk menonton televisi sebelum tidur atau tidur ditemani televisi. Karena itu tidak baik bagi alam bawah sadar mereka.

Yang pertama tadi dari faktor lingkungan. Yaitu faktor di dalam kamar anda. Kemudian yang kedua, konsumsi obat-obatan. Beberapa obat dapat menyebabkan anda sulit tidur di malam hari. Saya beri contoh disini yaitu obat-obatan seperti obat asma, obat darah tinggi dan obat-obatan lainnya. Jadi saran saya, anda harus mengubah pola hidup anda menjadi lebih sehat. Seperti berolahraga dan makan makanan yang bergizi. Dengan mengubah itu semua, anda akan menjadi lebih baik. Dan anda bisa mengurangi dosis obat-obatan yang diberikan.

Kemudian yang ketiga, yaitu pola hidup. Disini banyak mereka yang “bukan sebagai manusia, tetapi sebagai kelelawar”. Mengapa? Karena tidur di pagi hari sampai sore hari, lalu malamnya begadang. Jadi mengerjakan tugas di malam hari atau bekerja di malam hari. Oke saja jika anda memang harus mengerjakan sesuatu di malam hari karena pekerjaan anda. Saya tidak bisa menyarankan anda untuk kembali normal karena memang tuntutan pekerjaan. Tetapi jika anda bisa mengubahnya, sebaiknya anda mengurangi tidur di pagi hari sampai sore hari. Dan anda harus berusaha tidur di malam hari. Karena kita sebagai manusia, alamiahnya itu tidur di malam hari. Jadi banyak mereka yang tidur siang terlalu lama, maka malam harinya akan susah tidur karena energinya menumpuk di malam hari.

Kemudian yang kedua, makan terlalu kenyang sebelum tidur. Faktor pola hidup yang kedua adalah makan terlalu kenyang sebelum tidur. Akhirnya saat posisi berbaring, rasanya tidak enak. Saya sudah pernah membahas di video saya sebelumnya, “Mengapa Sebelum Tidur Saya Tidak Boleh Makan?”. Jadi terutama untuk mereka yang punya masalah dengan gangguan pencernaan, maka akan mudah sekali naik makanannya. Karena itu anda tidak boleh makan sebelum tidur, apalagi sampai terlalu kenyang.

Kemudian pola hidup ketiga yang membuat anda tidak bisa tidur adalah mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein tinggi. Disini mungkin banyak yang pergi ‘ngopi’ saat malam hari. Dan pemilihan jenis kopinya juga mungkin agak tinggi kadar kafeinnya. Akhirnya, sampai di rumah tidak bisa tidur. Gelisah, bolak balik, dipaksakan untuk tidur malah tidak bisa tidur.

Kemudian yang keempat adalah merokok. Pola hidup tidak baik keempat yang dapat mengganggu tidur anda adalah merokok. Banyak orang yang pada malam hari masih merokok. Akhirnya otak mereka tetap terjaga sampai malam hari. Ini juga tidak baik untuk anda. Faktor pola hidup sudah selesai, kemudian yang keempat adalah stress. Jadi seperti yang sering saya katakan, setiap orang di seluruh Indonesia bahkan seluruh dunia pasti menghadapi yang namanya stress. Tetapi masalahnya bukan seberapa stress yang anda hadapi. Melainkan bagaimana caranya anda merespon stress tersebut. Yaitu bagaimana memanajemen tingkat stress anda. Itu jauh lebih penting.

Selain mengganggu pola tidur anda, stress juga dapat mengganggu kesehatan anda. Banyak sekali pelajar yang apabila akan menghadapi ujian di hari esok, misalkan ujian kenaikan kelas atau UNAS, atau sebagai mahasiswa harus menghadapi ujian akhir, mereka tidak bisa tidur di malam hari sebelumnya. Mereka gelisah. “Wah, besok saya ujian..”.

Solusinya adalah anda harus mempersiapkan jauh-jauh hari untuk belajar. Mungkin banyak anak-anak mahasiswa sekarang atau anak-anak pelajar sekarang yang melakukan sistem SKS atau “Sistem Kebut Semalam”. Mungkin anda sebagai pelajar mengerti bahasa saya ini. Kemudian anda yang suka menonton channel YouTube di malam hari yang mengandung kekerasan dan sebagainya, maka akan menambah tingkat stress anda. Sebaiknya anda kurangi hal-hal demikian.

Kemudian yang kelima adalah masalah kesehatan. Orang-orang yang bermasalah dengan kesehatan mereka cenderung untuk sulit tidur. Penyakit seperti apa yang membuat mereka sulit untuk tidur? Saya akan memberikan beberapa contoh. Yang pertama adalah menderita nyeri kronis. Misalnya mereka yang terkena cancer. Atau mereka yang habis kecelakaan. Tentu saja nyeri ini membuat mereka sulit tidur. Yang kedua adalah gangguan pernapasan. Misalkan seperti asma yang kumat di malam hari. Atau penyakit paru-paru yang sudah menahun sehingga akhirnya sulit untuk tidur. Kemudian gangguan jantung. Biasanya mereka yang mengalami gangguan jantung juga merasa sesak di malam hari. Kemudian masalah persendian dan masalah gangguan hormonal seperti hipertiroid. Jantung terus berdebar, dan akhirnya sulit tidur di malam hari. Serta diabetes, stroke dan penyakit lainnya.

Sekian sharing saya tentang faktor-faktor yang menyebabkan anda susah tidur di malam hari. Semoga anda dapat mengerti dan dapat memperbaiki pola hidup anda sehingga menjadi lebih baik. Saya doakan anda sehat selalu. Dan jika anda menyukai channel kesehatan seperti ini, anda boleh klik like, share dan subscribe ke teman-teman anda. Sampai jumpa di video saya selanjutnya dan salam hebat luar biasa..!!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here