5 Penyakit Hati Berbahaya Yang Perlu Kamu Diwaspadai – Penyakit Hati

Penyakit hati dapat menjadi ancaman yang sangat serius bagi kesehatan mengingat organ hati memiliki peranan yang sangat vital bagi tubuh. Hati atau liver ini merupakan organ dengan ukuran terbesar yang ada di dalam tubuh, dimana ukuran organ hati orang dewasa sendiri memiliki berat sekita 1,5 kilogram. Salah satu peran atau fungsi organ hati yang sangat vital bagi tubuh ialah membersihkan atau mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

Penyakit hati tidak dapat dianggap remeh. Apabila organ hati mengalami gangguan atau masalah tentunya hal ini akan menganggu beberapa fungsi organ lain yang dimana hal tersebut dapat menjadi masalah yang sangat serius. Penyakit hati sendiri dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti virus, faktor genetik, serta gaya hidup yang tidak sehat, dan lain sebagainya. 

Penyakit hati yang perlu diwaspadai antara lain sebagai berikut:

1. Hepatitis

Penyakit hati yang paling populer serta paling sering menyerang organ hati ialah hepatitis. Hepatitis merupakan penyakit yang mengakibatkan peradangan pada organ hati. Hepatitis ini disebabkan oleh adanya virus yang menyerang organ hati. Terdapat beberapa jenis hepatitis antara lain hepatitis A, B, C, D, serta hepatitis autoimun. Virus yang menyebabkan hepatitis pada mulanya akan mengalami masa inkubasi, setelah masa inkubasi tersebut gejala-gejala seseorang yang mengidap hepatitis mulai terlihat. Gejala-gejala tersebut antara lain mual, muntah, feses berwarna pucat, badan lemas, warna urine menjadi lebih gelap, badan lemas, hingga kehilangan nafsu makan.

2. Kanker hati

Kanker hati pada umumnya merupakan kanker yang berasal dari bagian lain yang ada di dalam tubuh kemudian menyebar ke organ hati. Salah satu jenis kanker hati yang paling umum ialah karsinoma hepatoseluler. Selain itu, kanker hati ini juga dapat disebabkan oleh adanya komplikasi penyakit hati yang tak kunjung diobati atau memperoleh penanganan medis. Gejala umum yang timbul apabila seseorang mengidap kanker hati antara lain feses berwarna putih, tubuh mudah memar, hingga adanya penyakit kuning.

3. Abses hati

Penyakit hati yang satu ini menyebabkan timbulnya lubang-lubang kecil yang dipenuhi nanah pada organ hati. Penyakit ini dapat disebabkan oleh adanya infeksi bakteri atau parasit yang menyerang organ hati. Gejala umum yang ditimbulkan oleh penyakit ini antara lain demam, menggigil, berkeringat, muntah, diare, sakit perus bagian kanan atas.

4. Sirosis

Sirosis merupakan suatu kondisi dimana organ hati mengalami kerusakan akibat terbentuknya jaringan parut pada hati. Hal ini menyebabkan organ hati mengalami kerusakan yang tidak dapat diobati. Penyakit hati ini dapat disebabkan oleh infeksi virus maupun seseorang yang memiliki kecanduan akan alkohol.

5. Hemokromatosis

Penyakit hati bawaan atau yang juga dikenal dengan istilah hemokromatosis ini merupakan kondisi adanya penumpukan atau kelebihan kadar zat besi di dalam tubuh. Kelebihan zat besi dapat masuk ke dalam aliran darah serta menumpuk pada organ tertentu, seperti organ hati. Kadar zat besi yang berlebih dalam tubuh ini dapat menyebabkan penyakit yang lebih serius seperti diabetes, radang sendi, hingga gagal jantung.

Segera hubungi dokter apabila mengalami berbagai masalah atau gejala-gejala penyakit hati yang sudah disebutkan di atas untuk memperoleh penanganan lebih lanjut sehingga hal ini tidak menyebabkan masalah yang lebih serius.

Dapatkan Info Kesehatan Terbaru / Promo Produk-Produk Kesehatan Menarik Eksklusif!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here