Home kesehatan 5 Gejala Awal Diabetes Yang Perlu Kamu Waspadai

5 Gejala Awal Diabetes Yang Perlu Kamu Waspadai

0
3
5 Gejala Awal Diabetes Yang Perlu Kamu Waspadai - Gejala Awal Diabetes

Gejala awal diabetes ini mungkin sering kali tidak disadari atau bahkan dianggap remeh oleh sebagian orang. Diabetes sendiri merupakan salah satu penyakit berbahaya dan paling mematikan. Apabila masalah diabetes ini tidak kunjung ditangani dengan perawatan yang tepat, hal ini dapat mengakibatkan terjadinya berbagai macam komplikasi penyakit berbahaya yang memiliki dampak buruk bagi kesehatan tubuh bahkan dapat berujung kematian. Beberapa komplikasi yang dapat dialami oleh seseorang penderita diabetes antara lain yaitu penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, gangguan pendengaran, dan lain sebagainya. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk dapat mengatahui gejala awal penyakit diabetes ini agar dapat ditangani dengan segera.

Berikut beberapa gejala awal diabetes yang perlu kamu waspadai:

1. Sering buang air kecil

Gejala awal diabetes yang pertama ialah sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan kadar gula yang tinggi akan membuat ginjal berusaha untuk mengeluarkan kelebihan kadar gula tersebut serta menyaringnya keluar dari darah. Proses ini dapat mengakibatkan seseorang buang air kecil lebih sering, khususnya di malam hari.

2. Meningkatkan rasa haus

Buang air kecil yang terlalu sering akan mengakibatkan seseorang kehilangan air tambahan. Hal ini akan mengakibatkan tubuh mengalami dehidrasi. Pada saat tubuh mengalami dehidrasi, hal ini akan menyebabkan seseorang tersebut merasa lebih haus dari biasanya dan memerlukan lebih banyak air untuk dikonsumsi.

3. Selalu merasa lapar

Seseorang yang mengalami diabetes tipe 2 cenderung akan selalu merasa lapar. Hal ini dikarenakan, penderita diabetes tipe 2 tidak memperoleh energi yang cukup dari makanan yang mereka konsumsi. Pada penderita diabetes, glukosa tidak akan cukup bergerak dari aliran darah ke sel-sel tubuh lain yang membutuhkan. Akibatnya penderita diabetes tersebut akan selalu merasa lapar, bahkan pada saat sehabis makan.

4. Tubuh mudah lelah

Selain selalu merasa lapar akibat tidak memperoleh energi yang cukup dari makanan yang dikonsumsi, hal ini juga akan mengakibatkan penderita diabetes mudah merasa lelah. Glukosa yang tidak mengalir ke sel-sel tubuh dengan baik akan mengakibatkan tubuh mudah merasa lelah. Alhasil, penderita diabetes tipe 2 ini tidak dapat beraktivitas dengan sebaik mungkin.

5. Pengelihatan buram

Gejala awal yang ditimbulkan dari penyakit diabetes ini dapat berupa pengelihatan yang menjadi buram. Hal ini dikarenakan, adanya kerusakan pada pembuluh darah kecil di mata hingga mengakibatkan pengelihatan menjadi buram yang disebabkan oleh kelebihan gula dalam darah. Kondisi ini dapat terjadi pada satu atau kedua mata, serta dapat mudah datang dan pergi.

Gejala awal diabetes tentunya perlu menjadi perhatian khusus, terlebih pada orang-orang yang berisiko tinggi mengalami diabetes. Oleh karena itu, apabila mengalami gejala awal diabetes yang sudah disebutkan di atas, sebaiknya segera hubungi dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat sedini mungkin. Semoga bermanfaat!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here