Home Diet 5 Diet Konyol yang Sering Dilakukan di Indonesia

5 Diet Konyol yang Sering Dilakukan di Indonesia

0
161

 

5 Diet Konyol yang Sering Dilakukan di Indonesia

Klik disini untuk melihat di YouTube

H

alo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas tentang sebuah topik, yaitu : ”5 Diet Konyol yang Sering Dilakukan di Indonesia”. Sobat sehat, mempunyai tubuh slim/tubuh yang ideal adalah idaman setiap orang. Tidak peduli wanita, pria, ataupun anak-anak, mempunyai tubuh yang ideal merupakan hal yang membanggakan. Banyak dari mereka ingin mendapatkan hasil yang baik & mempunyai tubuh slim dengan melakukan berbagai cara. Pada video kali ini, saya akan membahas tentang 5 diet konyol yang sering dilakukan di Indonesia :

 

1. Diet dengan tidak mengkonsumsi nasi

Yang pertama adalah diet dengan tidak mengkonsumsi nasi sama sekali. Jadi, sebenarnya tubuh kita memerlukan asupan karbohidrat. Dan salah satunya adalah nasi. Sebenarnya dengan tidak mengkonsumsi nasi itu tidak masalah. Karena sumber karbohidrat bukan hanya terdapat pada nasi. Jadi, anda bisa mendapatkan sumber karbohidrat dengan mengkonsumsi jagung, mengkonsumsi ubi, kentang, dan lain sebagainya.

Namun, banyak orang Indonesia yang salah persepsi, bahwa makan nasi = gemuk.

Jadi, makan nasi menyebabkan penumpukan lemak. Menurut saya, ini adalah hal yang keliru. Mengapa? Karena sebenarnya lemak itu bukan dari nasi. Jadi, bukan nasi yang salah. Tetapi dari jumlah kalori yang anda konsumsi pada hari itu. Dan kalori itu akan terakumulasi setiap harinya.

Banyak orang yang menganggap bahwa, “Jika saya keluar, saya tidak akan makan nasi”. Jika saya keluar makan dengan teman-teman, saya akan memilih makanan yang lain. Tetapi, mereka melilih makanan yang lain dalam jumlah porsi besar. Contohnya, saya tidak makan nasi, tetapi saya makan pizza. Saya makan mie, saya makan kentang goreng dan sebagainya. Lalu, saya akan sharing sedikit. Saya mempunyai pasien seorang ibu-ibu. Beliau dari rantauan ke Surabaya. Beliau sangat suka membawa anaknya jalan-jalan untuk makan di restoran fastfood. Dan beliau mengeluh :

  • A : “Dok, mengapa berat badan saya tidak kunjung turun? Justru cenderung naik sampai 9 kg dalam setahun ini.. Padahal saya sudah tidak makan nasi”.
  • B : “Jika ibu tidak makan nasi, lalu makan apa bu?”
  • A : “Saya hanya makan makanan ringan”.
  • B : “Coba anda sebutkan makanan apa saja?”
  • A : “Ketika di rumah, saya hanya mengkonsumsi cemilan. Seperti krupuk, roti, biskuit. Dan ketika jam makan siang atau makan malam, saya sering membawa anak saya untuk makan di restoran fastfood”.

Dan beliau memberikan nasi kepada anaknya. Jadi, beliau hanya makan kentang goreng, soda, burger, dan makanan favorit beliau adalah chicken wing. Pertanyaan saya adalah : “Berapa banyak jumlahnya, bu?”.

“Saya ‘kan sudah tidak makan nasi, dok. Kalau saya makan sedikit, tentu saya lapar. Jadi saya makan kentang goreng ukuran large, minuman soda yang jumbo, kemudian kalau chicken wing mungkin sampai 5 potong”. Jadi, sebenarnya ibu ini tidak paham dengan konsep penumpukan kalori dalam satu hari. Dengan mengkonsumsi makanan yang begitu banyak, maka jumlah kalorinya akan lebih besar, melebihi jumlah kalori nasi.

Jadi kalau anda ingin belajar, cobalah anda cari tahu.

Berapa sih kalori dari setiap 100 gram nasi, dibandingkan dengan kentang goreng atau mie, atau dibandingkan dengan makanan-makanan fastfood lainnya? Cara anda mengurangi nasi itu baik. Tetapi bukan berarti dengan mengurangi nasi, anda justru memakan makanan yang lain, yaitu memakan fastfood dalam jumlah besar. Tentu saja hal ini akan meningkatkan kalori di dalam tubuh anda.

 

2. Hanya mengkonsumsi tahu mentah

Kemudian, diet konyol yang kedua menurut saya adalah hanya mengkonsumsi tahu mentah. Diet tahu mentah ini sebenarnya cukup populer di negara Korea. Akhirnya banyak orang Indonesia yang meniru, tetapi “keliru”. Mengapa keliru? Karena tahu yang dapat dimakan mentah adalah jenis silken tofu. Sedangkan tahu yang ada di Indonesia, yang dijual di supermarket atau pasar tradisional merupakan tahu jenis Chinese style tofu. Atau tahu yang biasa direndam air. Tahu tersebut tidak boleh dikonsumsi dalam keadaan mentah. Dan jika anda memaksa memakannya dalam keadaan mentah, mungkin awalnya anda tahan. Namun lama-kelamaan dapat berdampak buruk terhadap kesehatan anda. Terutama bagi ibu hamil, jangan mengkonsumsi tahu mentah tersebut.

Disini saya akan membahas tentang apa dampaknya jika mengkonsumsi tahu mentah terus menerus untuk diet tanpa mengkonsumsi makanan lainnya. Sebenarnya tubuh kita bukan hanya butuh nutrisi dari tahu saja. Jika anda terus menerus melakukannya, mungkin berat badan anda akan turun di bulan pertama, bahkan di minggu pertama. Tetapi jika anda mengkonsumsi tahu mentah terus menerus,  anda akan mengalami kekurangan gizi yang lain.

Contoh, anda akan kekurangan serat, dan anda akan kekurangan vitamin dan mineral lainnya. Anda akan kekurangan energi dari karbohidrat dan sebagainya. Maka akhirnya akan berdampak buruk bagi kesehatan anda. Contohnya, mungkin kekuatan tulang anda akan menurun, rambut anda banyak yang rontok. Kemudian gangguan hormon. Dan pada wanita, mungkin haid anda menjadi tidak teratur. Dan anda akan mengalami gangguan mood atau yang lainnya.

Sebenarnya mengkonsumsi tahu itu baik. Tetapi bukan berarti anda hanya mengkonsumsi tahu mentah dari pagi, siang dan malam selama beberapa bulan. Jadi, saran saya adalah coba anda mengganti pola makan anda.

3. Hanya mengkonsumsi buah apel

Kemudian, diet konyol yang ketiga menurut saya adalah hanya mengkonsumsi 1 buah apel setiap hari. Hal ini sama dengan diet tahu tadi. Sebenarnya konsumsi apel itu baik. Namun jika hanya mengkonsmusi apel dan dilakukan secara terus menerus setiap hari, maka hal itu juga tidak baik bagi kesehatan anda. Penjelasannya kurang lebih sama. Anda akan kekurangan bahan-bahan nutrisi dari makanan lainnya. Anda akan kekurangan energi dari karbohidrat. Dan anda akan kekurangan protein. Kemudian, hal ini akan berdampak bagi tubuh anda.

 

4. Hanya mengkonsumsi suplemen

Kemdian diet konyol yang keempat adalah diet yang hanya mengkonsumsi suplemen tanpa mengkonsumsi makanan real food lainnya. Disini saya akan membahas mengapa diet ini saya anggap keliru. Karena tubuh manusia di desain untuk mengkonsumsi makanan real food. Apa gunanya gigi jika setiap hari anda hanya mengkonsumsi contohnya minuman suplemen dari pagi, siang, malam dan keesokan harinya seperti itu terus? Jadi, enzim di dalam mulut anda tidak bekerja.

Mungkin anda sobat sehat bertanya seperti ini, “Apa sih gunanya suplemen, dok? Kapan kita harus mengkonsumsi suplemen?”. Jadi, suplemen adalah makanan tambahan yang kita makan ketika makanan utama tidak mencukupi nilai gizi yang diperlukan tubuh pada hari itu.

Jadi, misalkan berat badan anda 60 kg, tentu saja anda membutuhkan protein sekitar 60 gram setiap harinya. Contoh untuk anda yang pekerja kantoran. Karena harus terburu-buru,anda tidak sempat sarapan pagi. Untuk memenuhi kebutuhan protein anda di pagi hari, anda boleh mengkonsumsi suplemen. Tetapi, pada siang hari anda tetap harus makan. Pada malam hari anda tetap harus makan. Secara kasar, akan saya berikan angka untuk lebih jelasnya. Mungkin ada orang yang membutuhkan protein 60 gram, tetapi dalam satu hari anda hanya mengkonsumsi protein sekitar 40 gram. Tidak ada waktu jika saya harus makan lagi. Saya tidak sempat.

Untuk memenuhi kekurangannya, anda bisa menambahkan suplemen. Mungkin dari susu soya, susu sapi, atau susu almond dan sebagainya untuk memenuhi protein harian anda. Sama dengan suplemen serat dan suplemen lainnya.

 

5. Hanya mengkonsumsi air putih saja

Lalu, diet konyol yang kelima adalah diet yang hanya mengkonsumsi air putih saja. Jadi, tidak makan sama sekali. Banyak juga orang yang salah kaprah atau salah mengerti tentang pola diet. Mereka beranggapan bahwa jika saya puasa selama 40 hari, maka saya tidak dapat asupan kalori dan tubuh saya akan membakar lemak. Sebenarnya itu tidak salah, namun sedikit keliru. Mengapa? Karena tubuh kita dalam keadaan normal tetap membutuhkan asupan kalori dari luar agar sel-sel kita dapat beraktifitas dengan baik.

Jadi disini yang saya jelaskan adalah konsep untuk mendapatkan pola diet yang sehat. Bukan konsep untuk spiritual anda. Jika anda melakukan puasa untuk spiritual anda, itu terserah anda. Jadi yang saya bahas disini adalah konsep untuk melakukan diet yang sehat.

Jika anda hanya mengkonsumsi air putih terus menerus dan dilakukan dalam jangka panjang, otomatis tubuh anda akan kekurangan zat gizi dari karbohidrat, protein, ataupun lemak. Dan itu akan membuat sistem di dalam tubuh anda kacau. Diantaranya :

  • Hormon anda kacau
  • Menstruasi anda tidak teratur
  • Anda akan mudah stress
  • Mood anda menjadi tidak baik

Banyak di luar sana yang melakukan hal seperti ini.

Itu tadi adalah tentang 5 diet konyol yang menurut saya banyak orang-orang lakukan di negara Indonesia. Sobat sehat, bagi anda yang mengalami obesitas atau kegemukan, saya akan memberikan tips atau solusi bagaimana cara agar anda dapat menurunkan berat badan dengan baik. Jadi pada video selanjutnya yang berjudul “Apa Penyebab dan Bahaya Obesitas” saya akan menjelaskan tentang :

  • Jam berapa anda terakhir makan
  • Berapa kali jadwal makan anda (Sehari makan berapa kali)
  • Apa yang boleh dan tidak boleh dimakan
  • Bagaimana aktifitas fisiknya
  • Apa itu program detoks

Jadi, saya akan membahas itu semua pada video saya selanjutnya. Saran saya adalah pilihlah program diet yang dapat anda lakukan dalam jangka panjang, bukan memilih program jangka waktu 1-2 hari. Karena jika anda memilih program diet yang salah, maka akan memberikan efek “yoyo”. Yaitu berat badan anda mudah turun dan mudah naik kembali. Tentu saja anda tidak menginginkan hal demikian.

Oke, sekian video saya kali ini. Saya juga memberikan 2 video lagi disini untuk anda. Semoga video-video yang saya berikan dapat bermanfaat untuk anda semua. Dan jika anda menyukai channel kesehatan dan gaya hidup seperti ini, anda bisa klik like di bawah ini, comment, klik subscribe dan share kepada teman-teman anda. Di sebelah kanan ada icon lonceng, anda bisa klik. Sehingga anda bisa mendapatkan notifikasi untuk video saya yang selanjutnya. Saya doakan bagi anda semua yang obesitas atau kegemukan, anda dapat melakukan program diet dengan baik. Dan saya doakan juga agar anda semua tetap sehat dan bahagia. Sampai jumpa di video saya selanjutnya.

Salam hebat luar biasa..!!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here