Home Penyembuhan 5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Paling Efektif

5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Paling Efektif

0
3
5 Cara Menghilangkan Bau Kaki Paling Efektif - Bau Kaki

Cara menghilangkan bau kaki yang akan dijelaskan pada artikel kali ini tentunya menjadi solusi untuk kamu yang mengalami masalah dengan bau kaki. Memiliki masalah dengan bau kaki tentunya akan sangat menyebalkan, mengingat kondisi ini dapat menganggu orang lain serta menurunkan rasa percaya diri seseorang. Secara medis sendiri dikenal dengan istilah bromodosis, dimana kondisi ini dapat dialami oleh siapa saja.

Dilansir dari NHS, penyebab utama munculnya bau kaki itu sendiri ialah kaki yang berkeringat sembari mengenakan sepatu yang sama setiap hari. Tentunya untuk orang-orang yang sangat aktif, kondisi sangat mungkin untuk terjadi. Yang dimana masalah ini menjadi sangat penting untuk diperhatikan bagi mereka yang sangat peduli terhadap penampilan. Untuk itu masalah bau kaki perlu dihilangkan dengan segera agar tidak menganggu orang lain serta menurunkan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Cara menghilangkan bau kaki paling efektif dan mudah untuk dilakukan antara lain sebagai berikut:

1. Rendam kaki

Cara menghilangkan bau kaki yang pertama kali dapat kamu lakukan yaitu dengan merendam kaki dengan air hangat yang telah dicampur cuka maupun garam Epsom. Dilansir dari Cleveland Clinic, membersihkan kaki secara menyeluruh lebih baik serta efektif untuk menghilangkan bau kaki daripada membilasnya dengan cepat. Penggunaan air hangat campuran garam maupun cuka akan menghilangkan bakteri penyebab bau kaki serta membuat kaki terasa lebih segar.

2. Jaga kaki tetap kering

Salah satu penyebab utama munculnya bau kaki ialah kaki yang lembap ditambah dengan menggunakan alas kaki yang tertutup seperti sepatu. Sehingga salah satu cara paling mudah untuk menghilangkan serta mencegah timbulnya bau kaki ialah menjaga kaki tetap kering. Selain menjaga kaki tetap kering, pastikan untuk selalu menggunakan kaos kaki serta sepatu sekering mungkin agar tidak menimbulkan bakteri penyebab bau kaki yang menganggu.

3. Disinfeksi sepatu

Cara menghilangkan bau kaki yang selanjutnya dapat kamu lakukan ialah dengan mendisfeksi sepatu yang akan kamu gunakan. Kamu dapat menyemprotkan disinfektan serba guna untuk membunuh bakteri penyebab bau kaki di sepatu. Namun pastikan sepatu tersebut benar-benar kering sebelum digunakan.

4. Gunakan bedak tabur

Untuk dapat menghilangkan bau kaki, kamu dapat menggunakan bedak tabur. Kamu dapat menggunakan antiperspirant kaki yang dijual bebas di pasaran. Selain itu, kamu dapat menggunakan sedikit tepung jagung yang ditaburkan ke dalam sepatu untuk menjaga kondisi sepatu tetap kering. Kamu bahkan dapat menggunakan antiperspirant ketiak untuk membantu menjaga kondisi kaki tetap kering dan mencegah timbulnya bakteri penyebab bau kaki.

5. Jaga kaki tetap bersih

Cara menghilangkan bau kaki selain dengan menjaga kondisi kaki tetap kering ialah dengan menjaga kebersihan kaki. Tentunya menjaga kaki tetap bersih sangat penting untuk terhindar dari bakteri penyebab bau kaki. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kondisi kaki tetap bersih seperti menggunting kuku kaki sesering mungkin, menyingkirkan kulit mati yang keras dari dengan kikir kaki, mencuci kaki dengan sikat serta sabun lembut minimal satu kali dalam sehari, dan lain sebagainya.

Itu tadi merupakan cara menghilangkan bau kaki yang paling efektif dan sangat mudah untuk dilakukan. Konsultasikan ke dokter apabila kondisi bau kaki tersebut tidak kunjung membaik. Selamat mencoba!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here