Ini Dia Pentingnya Fungsi Hormon Androgen Yang Wajib Kamu Ketahui

Hormon androgen sering kali disebut sebagai hormon laki-laki, karena secara umum hormon ini bertugas untuk mengatur segala sesuatu yang berhubungan dengan organ reproduksi pria. Namun, wanita juga memproduksi hormon yang satu ini. Hanya saja jumlah hormon androgen pada tubuh wanita tidak sebanyak yang ada pada tubuh laki-laki.

Androgen sendiri pada dasarnya merupakan sebutan untuk kumpulan hormon. Jenis hormon androgen yang paling aktif dan dominan ialah hormon testosteron. Hormon testosteron sendiri diproduksi di testis pada pria, sedangkan pada wanita hormon ini diproduksi di ovarium.

Berikut beberapa fungsi hormon androgen yang wajib untuk kamu ketahui:

1. Membantu proses produksi sperma

Hormon androgen memiliki fungsi untuk mengatur kinerja dan fungsi dari organ reproduksi pria. Hormon androgen memiliki fungsi penting dalam proses produksi sperma. Selain itu, hormon androgen ini juga membuat pria menjadi lebih tertarik terhadap pasangannya serta mengatur libido atau hasrat seksual.

2. Menunjang proses pertumbuhan jaringan tubuh

Hormon androgen turut berperan dalam pertumbuhan tulang. Selain itu, hormon ini juga berperan penting mengatur pertumbuhan jaringan otot, pembentukan pigmen pada kulit, produksi sebum atau minyak pada kulit, hingga proses produksi sel darah merah di dalam tubuh.

3. Menjaga kesehatan organ tubuh

Hormon androgen memiliki fungsi penting menjaga kesehatan beberapa organ tubuh pada wanita. Hal ini dikarenakan beberapa organ di dalam tubuh wanita membutuhkan hormon androgen untuk tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Beberapa organ pada wanita yang membutuhkan hormon androgen antara lain yaitu tulang, payudara, serta organ reproduksi wanita.

4. Meningkatkan kemampuan daya ingat

Hormon yang satu ini memiliki peran yang sangat penting bagi wanita. Hormon androgen diketahui memiliki peranan yang cukup besar terhadap kemampuan wanita dalam mempelajari atau mengingat sesuatu, khususnya yang berhubungan dengan visual. Hormon ini diketahui berperan penting dalam mendukung daya konsentrasi serta memori pada wanita.

5. Mengatur kinerja sistem reproduksi

Beberapa hal yang terkait dengan sistem reproduksi wanita sangat dipengaruhi oleh adanya hormon androgen yang diproduksi oleh tubuh wanita. Siklus menstruasi, gairah seksual, hingga kesuburan wanita turut dipengaruhi oleh jumlah hormon androgen yang ada di dalam tubuh. Apabila kadar hormon androgen dalam tubuh wanita tidak seimbang, hal ini akan mengakibatkan wanita lebih berisiko untuk mengalami gangguan pada hal-hal tersebut. Salah satu masalah yang sering terjadi apabila adanya ketidakseimbangan hormon androgen ialah sistem menstruasi yang tidak teratur atau bahkan tidak terjadi menstruasi dalam beberapa waktu.

Hormon androgen memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, tak hanya bagi pria tetapi juga bagi wanita. Oleh karena itu, selalu terapkan pola hidup sehat agar produksi hormon androgen di dalam tubuh dapat terkendali dengan baik. Semoga bermanfaat!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url