6 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Wajib Kamu Ketahui

Manfaat jeruk nipis bagi kesehatan tentunya tidak perlu diragukan lagi. Jeruk nipis memiliki bentuk bulat dan berwarna hijau terang. Jeruk nipis ini seringkali dimanfaatkan sebagai penambah rasa asam dalam sebuah masakan atau untuk menghilangkan bau amis pada ikan serta membuat makanan tetap terasa segar. Namun, jeruk nipis ini juga memiliki banyak sekali manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Manfaat jeruk nipis ini diperoleh karena banyaknya kandungan nutrisi di dalam jeruk nipis. Dalam 100 gram jeruk nipis terkandung setidaknya 44 kalori energi, 0,5 gram protein, 18 miligram kalsium, 22 miligram fosfor, 3 miligram natrium, serta masih banyak lagi yang lainnya. Dengan berbagai kandungan nutrisi yang sebanyak ini, tak heran bahwa jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat jeruk nipis bagi kesehatan yang penting bagi tubuh dan wajib kalian ketahui:

1. Menghilangkan ketombe

Manfaat jeruk nipis yang pertama ialah mampu menghilangkan atau mengatasi ketombe membandel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak jeruk nipis dianggap ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe. Sebab jeruk nipis terbukti memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan jamur penyebab ketombe.

2. Merawat kulit

Jeruk nipis dapat digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C serta flavonoid dalam jeruk nipis yang berguna untuk memperkuat kolagen. Kamu hanya perlu untuk mengkonsumsi air jeruk nipis untuk memperoleh manfaat jeruk nipis yang satu ini.

3. Melancarkan metabolisme

Jeruk nipis memiliki manfaat untuk memperlancar sistem pencernaan atau sistem metabolisme tubuh. Dimana sifat asam pada jeruk nipis mampu merangsang pergerakan usus ketika seseorang mengalami sembelit. Air perasan jeruk nipis ini mampu membantu keluarnya feses menjadi lebih lancer.

4. Meningkatkan sistem imun

Kandungan antioksidan serta vitamin C pada jeruk nipis mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga hal ini akan membantu melawan berbagai penyakit seperti flu, pilek, dan lain sebagainya. Jeruk nipis mampu meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit.

5. Menjaga kadar gula darah

Manfaat jeruk nipis yang satu ini sangat baik untuk penderita diabetes. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C mampu menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Jeruk nipis memiliki kadar gula yang rendah, sehingga dapat mengurangi penyerapan gula ke dalam darah. Sehingga kadar gula darah di dalam tubuh tetap terjaga.

6. Mengurangi risiko penyakit jantung

Manfaat jeruk nipis yang terakhir ialah meminimalisir risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini dikarenakan jeruk nipis merupakan salah satu sumber magnesium serta kalsium yang sangat baik. Dimana kedua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung serta memperlancar peredaran darah.

Jeruk nipis memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi jeruk nipis dengan porsi yang tepat untuk memperoleh kebaikan dari manfaat jeruk nipis. Semoga bermanfaat!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url