6 Cara Menghilangkan Lemak Perut Yang Wajib Kamu Coba

Cara menghilangkan lemak perut yang akan dijelaskan dalam artikel kali ini tentunya dapat menjadi salah satu alternatif solusi untuk kalian yang memiliki masalah dengan kelebihan lemak, khususnya di area perut. Lemak perut berlebih cenderung akan membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Lemak perut berlebih akan dapat berbahaya bagi kesehatan, tak hanya bagi orang yang bertubuh gemuk namun orang bertubuh kurus juga memiliki lemak perut.

Lemak perut sebetulnya diperlukan oleh tubuh dan memiliki fungsi yang cukup penting yaitu menjadi bantalan bagi beberapa organ di dalam tubuh. Namun, apabila lemak perut atau lemak visceral ini berlebih maka hal ini akan menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti hipertensi atau darah tinggi, penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, batas atau jumlah lemak perut di dalam tubuh perlu dikontrol dan jangan sampai berlebih.

Berikut beberapa cara menghilangkan lemak perut berlebih yang wajib kamu coba

1. Makan rendah kalori

Dengan menjaga pola makan yang rendah kalori dapat menyebabkan hilang dan berkurangnya lemak di seluruh tubuh, termasuk pada bagian perut. Mengonsumsi makanan yangberkalori dekiti daripada yang dihabiskan tubuh akan menciptakan deficit kalori. Hal tersebut bisa membantu membakar lemak visceral dan lemak subkutan berlebih. Sering kali, bahwa makanan yang mengandung kalori lebih sedikit lebih bergizi daripada makanan berkalori tinggi. Dengan mengimbangi mengonsumsi lebih sedikit makanan olahan yang berkalori tinggi seperti makanan cepat saji, merupakan cara yang bermanfaat untuk membuat deficit kalori dan meningkatkan kesehatan.

2. Hindari minuman manis

Penyebab naiknya berat badan terutama di area perut, dapat disebebkan oleh pola konsumsi gula yang berlebih. Asupan gula yang tinggi bisa menyebabkan naiknya kadar lemak visceral. Padahal, sangat mudah sekali bagi kita untuk mengonsumsi gula tingat tinggi tanpa disadari. Jadi,untuk menjaga kadar lemak di tubuh agar tidak meningkat, lebih baik memeriksa kandungan gula seperti pada soda, teh manis, atau kopi.

3. Perbanyak makan buah dan sayur

Buah dan sayuran merupakan sumber karbohidrat kompleks, yang sebagai alternatif sehat dan rendah kalori daripada karbohidrat sederhana. Buah dan sayuran juga kaya kandungan serat, berdasarkan penelitian, dijelaskan bahwa serat bermanfaat mengurangi risiko penyakit diabetes tipe 2, yaitu suatu kondisi yang ada kaitannya dengan penumpukan lemak visceral dan kelebihan berat badan, serta membantu mengatur gula darah.

4. Olahraga rutin

Olahraga merupakan solusi untuk menurunkan berat badan di seluruh tubuh, terutama pada bagian perut. Tidak mungkin jika olahraga dapat mengurangi lemak hanya di area tertentu saja. Hal ini berart bahwa oalahraga yang ditargetkan, seperti runches dan situp tidak serta merta membakar lemak perut lebih baik daripada Latihan lainnya. Namun, Latihan tersebut dapat memperkuat dan mengencangkan otot perut, membuatnya menjadi lebih tegas.

5. Cukupi kebutuhan tidur

Tidur erupakan hal sepele yang mempunyai manfaat penting yang banyak, terutama bagi berat badan. Berdasarkan studi orang yang tidak memiliki tidur yang cukup cenderung lebih mudah menaikan berat badan, termasuk pada perut. Sebuah studi yang berjalan selama 16 melibatkan lebih dari 68.000 wanita menemukan bahwa, mereka yang tidur kurang dari 5 jam per malam secara signifikan lebih mungkin rentan mengalami naiknya berat badan dibandingkan mereka yang tidur 7 jam atau lebih per malam.

6. Kelola stress

Berdasarkan lansiran dari Health Line, stress dapat menjadi salah satu akibat perut menjadi gemuk dengan memicunya kelenjar adrenal untuk memproduksi kortisol, yang juga dikenal hormon stress. Penelitian juga menunjukkan bahwa meningkatkan kortisol yang tinggi akan menyebabkan naiknya nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak perut.

Kamu dapat mencoba menerapkan cara-cara yang sudah disebutkan di atas untuk menjaga kadar lemak perut kamu tetap berada di batas normal. Selain itu, kamu juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menerapkan metode yang paling tepat dan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Selamat mencoba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url