Apa Itu Cantengan & Cara Mengatasinya

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Padakesempatan kali saya akan membahas sebuah penyakit yang sering terjadi padajari, baik itu jari tangan atau jempol kaki. Yaitu : “Apa Itu Cantengan & Cara Mengatasinya”.

Sobat sehat,siapa disini yang pernah mengalami cantengan? Silahkan anda comment di bawah. Apa yang anda lakukansebelumnya sehingga anda mengalami cantengan? Mungkin ketika anda memotong kukutidak rapi, tergigit, atau apapun itu.

Jadi bagianda yang belum pernah mendengar istilah ini, cantengan ini merupakan suatupenyakit yang biasa terjadi pada kuku kaki terutama pada bagian jempol kaki.Tetapi bisa juga terjadi pada jari tangan. Biasanya di bagian jempol tangan. Tetapitidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada jari yang lainnya.

Biasanya, penyakit ini ditandai dengan terjadi pembengkakan di salah satu sisi ujung jempol.

Mungkin bisa kita sebut dengan ingrowing nail. Jadi, kukunya tumbuh ke arah dalam. Biasanya disertai dengan rasa sakit. Kemudian di dalamnya terdapat cairan berupa nanah berwarna kuning keputihan. Kemudian terasa sakit, bengkak dan berwarna merah. Apalagi jika ditekan, pasti terasa sangat sakit serta berbau  busuk. Terutama cantengan yang berada di area kaki.

Ingrown nail. onychocryptosis. nail disease

Misalkanketika anda pulang kerja, pasti kaki anda bau. Dan itu sangat mengganggu. Jadi,apa saja yang dapat menyebabkan penyakit ini terjadi?

Setiap orangmemiliki anatomi atau bentuk kuku yang berbeda-beda. Dan biasanya, yang palingsering terjadi cantengan adalah mereka yang kukunya berbentuk kipas.

Kemudian ada juga karena faktor kesalahan dalam memotong kuku.

Siapa disini yang malas memotong kuku? Jadi, anda terbiasa menggigit dan mengupas kuku anda tanpa menggunakan potong kuku. Sebenarnya, kuku yang sehat itu tidak mudah dikelupas atau digigit. Biasanya kuku yang jelek dan mudah dikupas itu karena kekurangan zat gizi tertentu. Kalau kuku yang sehat, biasanya tidak mudah terkelupas karena kukunya keras.

Dalam penggunaan gunting kuku pun jika cara memotongnya salah, misalkan terlalu pendek juga dapat menyebabkan kuku anda tumbuh ke dalam dan tidak rapi. Itulah sebabnya kita sebut dengan ingrowing nail.

Kemudianfaktor lainnya adalah karena menggunakan sepatu atau kaos kaki yang terlaluketat. Sudah ketat, dipakai dalam jangka waktu lama pula. Hal ini juga dapatmenyebabkan terjadinya cantengan.

Lalu, faktoryang terakhir adalah karena cedera. Misalkan anda yang suka olahraga bela diri.Mungkin pada saat anda menendang, kuku anda patah. Hal ini juga dapatmenyebabkan terjadinya cantengan.

“Lalu, apayang harus saya lakukan dok ketika kuku saya sudah cantengan?”

Yang perluanda lakukan adalah jaga kebersihannya sebelum anda pergi ke dokter. Dan saransaya, sebaiknya anda periksakan ke dokter. Dokter akan melakukan tindakan,mungkin akan dipotong bagian pinggir kukunya. Yang pasti, tergantung seberapaparah cantengan yang terjadi.

Sobat sehat,mungkin ini saja informasi yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga informasiyang saya berikan ini dapat bermanfaat. Topik ini cukup ringan, tetapi pastiada sobat sehat yang pernah mengalaminya dan bingung harus diapakan.

Mungkin kebanyakan orang hanya diberi obat merah povidone iodine dan tidak sembuh-sembuh.

Kalau sudah parah, memang harus anda bawa ke dokter untuk dilakukan tindakan medis. Biasanya akan dilakukan operasi kecil. Hanya akan dipotong sedikit dan dibersihkan. Jadi, kuku yang masuk ke dalam itu diambil. Jika hanya anda beri salep atau antiseptik, biasanya keduanya hanya digunakan untuk mencegah infeksi. Tetapi, hal ini tidak dapat menyelesaikan masalah. Jadi bagi anda yang mengalami hal ini, silahkan pergi ke dokter.

Dan sepertibiasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidupsehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampaijumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url