Kenapa Habis Jongkok Lalu Berdiri Kepala Saya Pusing?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Padakesempatan kali ini saya akan membahas topik : “Kenapa Habis Jongkok Lalu Berdiri Kepala Saya Pusing?

Sobat sehat,siapa disini yang ketika terlalu lama jongkok, lalu 5 menit kemudian berdiri kepalaanda terasa pusing? Kalau kata orang, rasanya berkunang-kunang. Ada yang bilangpandangannya menjadi gelap. Silahkan anda commentdi bawah, seberapa sering anda mengalami hal tersebut? Kali ini, saya akanmenjelaskan mengapa hal itu bisa terjadi.

Jadi, padavideo sebelumnya saya pernah menjelaskan bahwa ketika anda bangun dari tempattidur, jangan langsung berdiri atau langsung mandi. Yang saya khawatirkan, andabisa terjatuh. Hal ini juga berkaitan dengan ketika anda duduk lama. Misalkan setelahduduk bersila di lantai atau habis jongkok, kemudian anda berdiri. Maka andaakan mengalami pusing.

Jadi penjelasannyaseperti ini. Ketika kita duduk atau rebahan dalam jangka waktu lama laluberdiri, maka akan terjadi gaya gravitasi. Gaya gravitasi ini akan menarikpaksa darah anda ke pusat bumi. Karena kita tinggal di bumi, jadi ada gayagravitasi bumi. Cairan darah tadi akan tertarik ke bawah. Inilah yangmenyebabkan kepala kita terasa pusing.

Kita tahubahwa darah itu mengangkut oksigen. Jika otak kita kekurangan oksigen, maka itulahyang akan terjadi. Pusing, kemudian berkunang-kunang dan terasa gelap. Jadi sebagairespon hal tersebut, jantung kita akan berdetak lebih kencang dan lebih kuatuntuk memompa darah sampai ke otak dan ke seluruh tubuh. Akhirnya ketika andamulai berdiri, anda merasa pusing dan jatung anda berdetak lebih kencang. Itulahyang akan terjadi.

Namun, hal ini tidak bersifat permanen. Hanya sebentar, kemudian akan kembali normal.

Tetapi anda tetap harus berhati-hati, terutama anda yang mempunyai hipotensi postural atau hipotensi ortostatik yang dipengaruhi oleh posisi tadi. Jadi bagi anda semua yang mengalami hal ini atau anda yang berusia di atas 40-50 tahun, sebaiknya ketika anda baru bangun tidur jangan langsung berdiri atau mandi. Sebaiknya anda duduk terlebih dahulu sebentar, baru anda bangun dari tempat tidur. Hal itu perlu anda lakukan agar tubuh anda beradaptasi dulu dan tidak kaget.

Terkecuali andamasih kecil, bangun tidur langsung salto juga silahkan saja. Tetapi jika andasudah berusia lanjut, walaupun anda tidak mengalami hipotensi ortostatik,sebaiknya anda biasakan diri anda untuk duduk dulu sebentar, kemudian barubangun. Itu tadi penjelasannya.

Kemudian untukanda yang sering mengalami hal ini dan terus berkelanjutan, bahkan mungkinketika dalam posisi duduk lalu berdiri pelan-pelan tetapi masih tetap pusing, sebaiknyaanda cek ke dokter. Apalagi jika bukan karena perubahan posisi, namun andamerasa pusing atau sering pusing, coba anda cek di kaca anda. Lihat konjungtivamata anda, lalu anda tarik ke bawah. Pucat atau tidak?

Atau yangpaling mudah, coba anda cek kuku anda. Jika kuku anda pucat, itu artinya andamengalami anemia.

“Anemia ituapa, dok?”

Anemia adalah kekurangan zat besi. Jadi, hemoglobin anda turun.

Mungkin bukan hanya zat besi saja, bisa juga karena kekurangan protein dan vitamin B12. Silahkan anda konsultasi ke dokter. Kemudian, penyakit pusing ini dikaitkan juga dengan beberapa jenis penyakit. Misalnya gangguan endoktrin atau sistem syaraf. Dan bisa juga ini adalah gejala awal dari stroke, kemudian gangguan jantung, lalu hipoglikemia. Terutama untuk anda yang diabetes.

Jadi,biasanya mereka yang diabetes diberitahu oleh dokter : “Jaga pola makan ya,jangan makan sembarangan. Terutama karbohidrat yang manis-manis”. Mungkin andasalah paham, jadi anda tidak memakannya sama sekali. Akhirnya gula darah andaturun, ditambah dengan obat penurun gula darah. Akhirnya, yang terjadi adalahanda hipoglikemia. Tentu saja anda akan mengalami pusing, kemudian badan andaakan gemetaran.

Oke, semogainformasi singkat ini bermanfaat untuk anda. Jika anda mengalami gejala inidalam jangka panjang, segera kunjungi dokter anda. Video ini saya buat untukmemberikan edukasi,bukan untuk mengganti diagnosis dari dokter. Sekali lagijika anda memiliki masalah kesehatan, segera kunjungi dokter anda.

Mungkin itusaja yang bisa saya sampaikan pada video kali ini. Saran saya adalah jagakebersihan tubuh anda, terutama kulit anda. Dan jika terjadi gatal dalam jangkawaktu lama, segera konsultasikan ke dokter anda.

Semogainformasi singkat ini bermanfaat untuk anda semua. Dan seperti biasa, bagi andasemua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkananda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampaijumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url