Kenapa Bisa Sakit Kuning?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Padakesempatan kali ini saya akan membahas topik : “Kenapa Bisa Sakit Kuning?”

Sobat sehat,ketika saya membaca kolom komentar, ada yang bertanya : “Dok, mengapa mata dankulit saya berubah menjadi kuning?”. Saya tidak menjawabnya di kolom komentartersebut karena penjelasannya sangat panjang.

Pada kesempatankali ini, saya buatkan videonya. Jadi, apa saja yang menyebabkan kulit atausklera mata anda menjadi kuning? Bagian putih pada mata itulah yang disebutsklera. Lalu, mengapa bisa menguning? Jadi, penyebabnya adalah penumpukan zatyang disebut Bilirubin di dalam darah kita.

Sebenarnya setiap hari tubuh kita menghasilkan zat bilirubin karena pemecahan sel darah. Namun dalam jumlah normal, karena setiap hari selalu ada sel darah kita yang rusak, walaupun dalam jumlah kecil. Tetapi jika jumlahnya besar, otomatis bilirubin juga akan meningkat. Namun, ada juga hal lain yang menyebabkan bilirubin meningkat. Disini saya akan membagi menjadi 3 kategori.

Yang pertamaadalah prehepatik, kemudian yang kedua intrahepatik, lalu yang ketigaposthepatik.

Kita bahas dariyang pertama, yaitu prehepatik. Bisa dikatakan bahwa prehepatik adalah bilirubinsebelum dirombak di hati. Disini biasanya ada banyak sekali pemecahan darisel-sel darah atau yang kita sebut hemolisis. Sel-sel darah merah inimenghasilkan bilirubin. Sebenarnya birilubin ini akan diproses di hati. Tetapi karenajumlahnya sangat banyak, akhirnya bilirubin ini beredar di dalam darah dan menyebabkankulit kita menjadi kuning.

Kondisi inibisa terjadi pada mereka yang menderita malaria, anemia bulan sabit dantalasemia. Hal ini juga dapat terjadi pada mereka yang kekurangan G6PD. G6PDini adalah Glucose 6 PhosphateDehydrogenase. Dimana pada kondisi ini banyak sel darah merah yang pecah. Halinilah yang mengakibatkan bilirubin kita menjadi naik di dalam darah.

Kemudian yangkedua adalah intrahepatik. Intrahepatik adalah adanya gangguan pada organ hatidalam memproses bilirubin. Biasanya, hal ini disebabkan oleh infeksi virus,misalnya hepatitis. Hepatitis A adalah yang paling sering menyebabkan penyakitkuning. Kemudian ada kanker hati, sirosis, kemudian bisa juga disebabkan oleh alkoholatau obat-obatan. Akhirnya, sel-sel hati yang tugasnya merombak bilirubin initidak dapat bekerja dengan baik. akhirnya, bilirubin akan meningkat di dalamdarah.

Lalu, yang ketiga adalah posthepatik.

Posthepatik ini berarti bilirubin sudah melewati hati, atau biasa kita kenal dengan obstructive jaundice. Jadi setelah melewati hati, ada saluran lagi untuk pembuangan bilirubin. Biasanya akan terjadi obstructive atau penyumbatan pada saluran tadi. Bisa karena batu empedu, bisa karena tumor, bisa karena kanker, bisa karena cacing ataupun infeksi.

Intinya adalah segala hal yang dapat menyebabkan obstructive atau penyumbatan pada saluran pembuangan bilirubin. Jadi, ketiga hal inilah yang dapat menyebabkan bilirubin meningkat di dalam darah. Akhirnya setelah kita periksa, “Oh, bilirubin saya naik!”.

Jika andabertanya bagaimana cara mengobati atau mencegahnya, itu semua tergantung dariapa penyebabnya karena faktornya ada banyak. Ada banyak penyakit yang bisamenyebabkan anda sakit kuning. Jadi, anda harus konsultasi kepada dokter andakarena saya tidak mungkin menjelaskan satu per satu di video ini.

Jadi ketikaanda melihat ke cermin, terlihat mata dan badan anda kuning, maka sebaiknya andaharus periksakan diri anda ke dokter. Kalau bisa, anda harus pergi ke dokterspesialis penyakit dalam. Namun ada satu hal yang perlu anda ingat. Kalau kuningnyakarena kunyit, maka pasti akan hilang dalam beberapa hari. Jadi, anda tidakperlu memeriksakan diri anda ke dokter.

Mungkin inisaja yang dapat saya bagikan pada video kali ini. Semoga informasi inibermanfaat untuk anda semua.

Dan sepertibiasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidupsehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampaijumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url