Mengapa Saya Mengalami Nyeri Saat Menstruasi?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobatsehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahastopik untuk anda semua, para wanita yang masih menstruasi. Yaitu : “Mengapa Saya Mengalami Nyeri SaatMenstruasi?”.

Sobat sehat,pada video kali ini saya akan membahas pertanyaan-pertanyaan anda di kolom comment tentang masalah Mengapa Saya Mengalami Nyeri SaatMenstruasi? Saya mengalami nyeri pinggang, nyeri perut, bahkan anda jugayang maag’nya kambuh ketika menstruasi. Ada juga yang tidak bisa bangun daritidur pada saat menstruasi.

Jadi, nyeri atau kram pada saat menstruasi itu kita sebut dengan dismenorea.

Dismenorea itu ada dua, ada dismenorea primer dan ada dismenorea sekunder. Lalu, apa bedanya? Dismenorea primer adalah nyeri yang terjadi karena proses pengeluaran darah kotor. Mengapa disebut dengan darah kotor?

Jadi, darahkotor tersebut merupakan sisa dari jaringan endometrium yang dipersiapkan untukpenempelan zigot jika terjadi pembuahan. Pembuahan tersebut adalah prosesbertemunya sperma dengan sel telur. Saya sudah pernah membahas hal ini di videosaya sebelumnya. Anda bisa cek disini. Anda bisa lihat.

Ketika tidakterjadi pembuahan, maka dinding yang dipersiapkan tadi mulai luruh dan terjadipendarahan. Di sisi lain, pada proses tersebut terjadi kontraksi otot. Dan jugaada aliran darah yang tidak lancar. Akhirnya, terjadi nyeri pada saat prosesmenstruasi.

Mengapa terjadinyaproses kontraksi ini membuat saya merasa tidak nyaman, nyeri, dan badan lelah?Jadi, seperti selang yang keluar air. Ketika kontraksi, selang itu akan dirapatkanseperti ini, sehingga airnya tidak bisa keluar.

Jadi, sama seperti pembuluh darah itu tadi. Tidak mungkin pada anda para wanita yang menstruasi akan terjadi pendarahan secara terus menerus. Lama-lama bisa anemia dan harus transfusi darah. Akhirnya, dibutuhkan kontraksi untuk menjepit pembuluh darah tadi supaya darah yang keluar tidak terus menerus.

Lalu,penyebab yang kedua. Yaitu dismenorea sekunder. Kalau yang ini disebabkan oleh penyakit-penyakityang lain. Bisa disebabkan oleh endometriosis, kemudian adenomiosis, ataumungkin juga bisa disebabkan oleh PID, atau PelvicInflammatory Disease.

Jika anda mengalami hal demikian, segeralah kunjungi dokter kandungan supaya dapat diperiksa.

Kemudian, anda akan ditanya, ‘sifat nyerinya seperti apa?’. Kemudian ‘sudah berapa lama?’. Lalu ‘pada saat mens itu seperti apa?’. Kemudian juga akan dilakukan pemeriksaan fisik. Disana akan diraba. Apakah disana terdapat tumor atau masalah yang kita sebut dengan tumor atau benjolan.

Jika hal itu terjadi, maka anda bisa ditangani dengan segera. Dan ternyata, “Oh, saya cuma mengalami dismenorea primer! Apa yang harus saya lakukan untuk mencegah nyeri yang berlebihan, dok? Saya tidak bisa bangun dok, ketika mengalami menstruasi. Nyerinya sangat hebat”.

 Disini saya akan membagikan tips untuk andasemua, para wanita yang masih mengalami menstruasi dan mengalami nyeri yanghebat. Sebelum saya bahas tipsnya, saya akan bahas dulu apa saja gejala yang biasamuncul pada wanita yang mengalami menstruasi.

Yang pertama adalah nyeri perut bagian bawah.

Biasanya jika anda lihat wanita yang sedang mengalami menstruasi, pasti memegang perutnya seperti ini. Itu menandakan dia merasa nyeri atau mungkin tidak nyaman dengan kondisi itu.

Jika diberiskala, misalkan diberi nilai 1-10. Kalau 1 itu tidak sakit, dan 10 itu sangatsakit, biasanya nyeri menstruasi itu nilainya di atas 5. Dan setiap wanitamempunyai ambang nyeri yang berbeda-beda. Ada yang merasakan sangat nyeri, adayang merasakan hanya nyeri sedikit, dan ada yang justru tidak merasakanapa-apa.

Kemudian yang kedua. Bisa juga mengalami nyeri pada perut bagian atas.

Jadi, mereka bisa mengalami kembung, kemudian juga nyeri di bagian lambung. Ini semua disebabkan oleh stressor. Jadi pada saat mengalami nyeri menstruasi, hal ini menyebabkan stress pada diri anda. Dan akhirnya, terjadi peningkatan asam lambung.

Jadi, cobaanda perhatikan. Anda merasa nyeri lambung mulai kapan? Apakah pada saatmenstruasi? Ataukah saat tidak menstruasi anda juga merasakan nyeri lambung? Jadi,anda bisa cek sendiri.

Lalu, yang ketiga adalah nyeri kepala.

Mungkin, ada sebagian dari mereka yang mengalami migrain atau nyeri pada kepala bagian belakang. Saya pernah bahas hal itu sebelumnya. TTH atau Tension Type Headache. Hal ini juga bisa disebabkan oleh stress yang diakibatkan nyeri menstruasi tadi.

Kemudian gejalayang keempat, yaitu lemas. Jadi,banyak dari mereka yang malas untuk bangun, malas untuk melakukan aktivitas,kemudian porsi makannya bertambah. Jadi, wajar jika anda yang sedang menstruasiingin makan sangat banyak. Hal itu tidak masalah, asalkan jangan makan temananda ya..

Kemudiankita masuk ke gejala yang terakhir, yaitu perubahanmood swing atau bisa kita sebut moodimbalance, tidak seimbang. Inisemua diakibatkan karena mungkin anda tidak bisa melakukan aktivitas anda denganbaik. Ketika ada pekerjaan, anda tidak bisa kerjakan. Misalkan anda tidak bisa hang out bersama teman-teman anda danakhirnya terjadi perubahan mood. Mungkinanda menjadi mudah marah, mudah tersinggung, tidak bisa berkomunikasi denganbaik dengan orang satu rumah dan sebagainya. Itu tadi adalah gejala yang muncul.

‘Lalu, bagaimana cara untuk menghilangkan rasa sakit pada saat menstruasi, dok?’

Jadi, biasanya mereka menggunakan obat-obatan anti nyeri atau untuk merelaksasi otot bagian rahim tadi.

‘Bagaimanasolusi yang dapat saya lakukan secara natural atau secara alamiah tanpamenggunakan obat-obatan?’. Yang pertama, anda bisa lakukan olahraga. Dengan anda melakukan olahraga, maka tubuh anda bisalebih rileks. Olahraga yang dapat anda lakukan adalah olahraga ringan,olahragayoga, atau olahraga pernapasan. Itu semua dapat membuat tubuh anda menjadi lebihrileks dan meningkatkan ambang nyeri, sehingga anda tidak mudah mengalaminyeri.

Kemudianyang kedua, anda bisa melakukan terapiakupuntur. Jika anda belum tahu apa itu akupuntur, silahkan anda cekdisini. Anda bisa klik link’nya. Jadi,anda bisa cek apa itu akupuntur dan bagaimana cara akupuntur bekerja. Sayasudah jelaskan di video tersebut.

Dan inipengalaman pribadi saya. Banyak dari pasien saya, kebanyakan remaja yang seringmengalami nyeri pada saat menstruasi. Tidak menutup kemungkinan juga padapasien-pasien wanita yang lebih dewasa yang juga mengalaminya. Dan mereka bilang,‘Setelah saya akupuntur, pada saat menstruasi kepala saya tidak pusing.Nyerinya juga tidak terlalu hebat, bahkan nyerinya bisa sampai hilang’. Mungkinanda bisa mencoba jika ada klinik akupuntur di kota anda. Silahkan dicoba.

Kemudianyang ketiga, anda bisa mengatur polamakan anda. Mungkin pada saat menstruasi, anda bisa makan makanan yang hangat,kemudian kurangi pedas, serta kurangi makanan-makanan yang asam. Hal ini jugasangat membantu untuk mengurangi nyeri menstruasi anda.

Kemudianyang terakhir, yang keempat adalah tidurdi ruangan gelap. Solusi ini tidak bisa berdiri sendiri. Jadi, anda jugaharus mengatur pola makan anda, anda juga harus olahraga, dan mungkin andabutuh tambahkan dengan akupuntur. Dan yang terakhir, pada saat malam haritidurlah di ruangan gelap. Tetapi ketika anda masih merasakan nyeri, anda bisakompres daerah perut bagian bawah anda.

Semogainformasi singkat ini dapat bermanfaat untuk anda semua. Dan ada satu lagipesan dari saya. Pada saat anda menstruasi, sebaiknya jaga kebersihan organintim anda. Jangan dicuci menggunakan sabun sembarangan, memakai wangi-wangianatau parfum. Serta pilihlah produk pembalut yang baik dan nyaman untuk andagunakan.

Bagi andasemua yang membutuhkan produk-produk kesehatan, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Sepertibiasa bagi anda yang menyukai video seperti ini, silahkan andaklik like di bawah ini. Dan silahkan commentdi bawah saya harus bikin topikapalagi.Dan bagi anda yang belum subscribe, silahkansubscribe. Aktifkan juga tombolloncengnya.

Sampai jumpadi video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url