Lemak Ini Dianggap Tidak Penting, Tetapi Sangat Penting

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobatsehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Sobat sehat, pada video kali ini sayaakan membahas tentang LEMAK. Jadi, sebenarnya lemak ini dianggap tidak penting,tetapi ternyata sangat penting bagi tubuh kita. Jika anda kekurangan lemak yangsatu ini, maka tubuh anda akan mengalami berbagai gangguan. Apa sajakah itu? Tontonvideo ini sampai habis supaya tidak gagal paham.

 Sobat sehat, disini siapa di antara anda semua yang ketika makan selalu menghindari lemak?

Atau anda sedang diet, sehingga anda menjauhi yang namanya lemak. Tetapi sebenarnya, lemak juga dibutuhkan oleh tubuh kita. Lalu, disini siapa yang vegan atau vegetarian? Biasanya mereka memilih untuk vegan atau vegetarian dengan berbagai macam alasan. Ada yang ingin menjaga kesehatan, mungkin karena alergi, atau karena alasan agama/spiritual, atau mungkin kasihan dengan binatangnya, silahkan anda comment di bawah.

Jadi, disinisaya tidak menyalahkan vegetarian atau vegan. Sebenarnya, vegetarian ini baik asalkananda mempelajari apa yang anda makan. Biasanya kalau dengan alasan kesehatan, merekamempelajari apa yang harus saya ganti dari makanan saya yang hilang.

Jadimisalkan saya terbiasa makan daging dan makan ikan, tiba-tiba saya memutuskanuntuk menjadi vegan atau vegetarian. Otomatis zat-zat gizi dan kandungan yangterdapat di dalam daging atau ikan tadi harus bisa saya gantikan dimakanan-makanan nabati. Contohnya seperti asam amino, asam lemak, serta zat-zatgizi lainnya seperti kalsium dan lain-lain.

Khusus pada video kali ini, saya akan membahas lemak. Dan lemak yang saya maksud kali ini adalah asam lemak esensial. Apa itu asam lemak esensial? Asam lemak esensial ini merupakan lemak yang dibutuhan oleh tubuh kita.

Bahkan, setiap sel kita membutuhkan asam lemak esensial untuk proses regenerasi ataupun untuk proses pembuatan sel yang baru.

Secara garisbesar, asam lemak esensial ini dibagi menjadi dua. Jadi ada dua kategori. Yangpertama adalah omega-3, dan yang kedua adalah omega-6. Yang akan saya bahassecara detail kali ini adalah omega-3. Untuk omega-6, sebenarnya tubuh kitakhususnya di Indonesia dengan pola makan yang modern, kita tidak kekurangan omega-6.Bahkan, kita kelebihan omega-6. Atau bisa dikatakan rasio perbandingan omega-6dengan omega-3 kita itu sangat tidak sebanding. Jauh sekali.

Kalaudilihat dari literatur yang saya baca, harusnya kadar omega-6 berbanding denganomega-3 adalah 2 : 1 atau ada yang mengatakan 2,5 : 1. Bahkan ada yangmengatakan 8 : 5. Entah yang mana yang benar, kurang lebih sekitar 2 : 1. Namunyang terjadi dengan pola makan kita yang modern, dengan pola makan Amerika/American Style Diet, akhirnya pola makanseperti itu menyebabkan rasio ini meningkat sangat jauh. Yaitu sekitar 20 : 1. Jadi,ada literatur yang mengatakan seperti itu.

Apa yang terjadi jika kita kekurangan omega-3?

Dan nanti saya akan bahas apa efeknya bagi tubuh kita. Sekarang kita bahas dulu apa itu omega-3. Jadi, omega-3 ini merupakan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Jadi apabila kita bahas secara struktur, maka rantainya ini ganda. Yaitu asam lemak yang tak jenuh. Tetapi, saya tidak akan membahasnya lebih detail lagi. Nanti kita jadi kayak kuliah dan anda semakin bingung. Oke, kita langsung bahas saja apa fungsinya bagi tubuh kita.

Jadi, disini saya sudah merangkum 10 manfaat. Yang pertama untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Untuk itu, American Heart Association atau kita singkat dengan AHA mendorong masyarakat, terutama di Amerika untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi omega-3. Jadi, anda bisa mendapatkan berbagai sumber makanan yang mengandung omega-3.

Jadi, omega-3 ini sendiri sebenarnya ada 4 jenis.

Tapi saya akan menjelaskannya nanti di belakang. Sekarang kita bahas dulu manfaatnya apa saja. Itu tadi yang pertama. Jadi, omega-3 tadi bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung kita. Caranya bagaimana? Omega-3 ini berperan dalam menurunkan kadar trigliserida, yaitu lemak jahat. Kemudian menurunkan kadar LDL dan meningkatkan kadar HDL.

Jadi apabilaanda pernah menonton video saya yang tentang kolesterol, kalau belum pernah silahkantonton disini. Disitu saya sudah pernah menjelaskan bahwa kolesterol itu adatiga. Ada HDL, ada trigliserida dan ada LDL. Asam lemak yang jahat ini akan diturunkan,dan HDL yang baik akan dinaikkan jika anda mengkonsumsi cukup omega-3.

Kemudian,omega-3 juga berperan dalam plak, proses penyumbatan pembuluh darah. Jadi, akandikurangi. Kemudian berperan juga dalam mencegah penggumpalan. Penggumpalan inidapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah. Jadi, itu tadi adalah manfaat omega-3dalam hal menjaga kesehatan jantung. Dan ada satu hal lagi. Dalam hal menjagakesehatan jantung, omega-3 ini juga berperan dalam hal menjaga kesehatan arterikita. Serta membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Siapa disini yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi?

Maka dari itu, anda harus menambahkan omega-3 dalam makanan anda sehari-hari. Jadi itu tadi manfaat yang pertama, yaitu menjaga kesehatan jantung.

Kemudian yangkedua, dapat mengurangi masalah gangguan mental. Saya tidak akan membahasmasalah ini secara detail. Jadi ada yang menderita gangguan mood, ada juga kaitannya dengan ADHD danlain-lain. Lalu yang ketiga, omega-3 ini dapat digunakan untuk mengurangiperadangan.

Jadi,mengapa omega-3 ini banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita, salah satunya dapatmengurangi peradangan di seluruh tubuh kita? Kalau tubuh kita banyak mengalamiperadangan, maka hal ini merupakan suatu akar dari suatu masalah atau penyakit.Jadi, banyak sekali penyakit-penyakit yang bermula dari peradangan.

Jadi, yangkeempat adalah mencegah dan mengelola autoimmune.Jadi, banyak dari mereka yang menggunakan omega-3 untuk mengobati eksim.Kemudian psioriasis dan penyakit-penyakit autoimmuneyang lainnya. Terutama yang tadi, yaitu untuk mengurangi peradangannya.

Kemudian yang kelima, yaitu dikaitkan dengan menurunkan faktor resiko terjadinya kanker.

Lalu yang keenam, mendukung tulang dan sendi yang sehat. Disini terutama para wanita yang berusia di atas 50-60 tahun biasanya banyak yang mengalami osteoporosis. Jadi, omega-3 ini membantu usus kita untuk menyerap kalsium.

Selain itu,omega-3 merupakan asam lemak esensial yang dapat digunakan untuk melarutkanvitamin D yang tentu saja dapat membantu penyerapan kalsium. Jadi, ingatkahketika kita belajar di SD dulu? Apa saja vitamin-vitamin yang larut dalam lemak?Yaitu A, D, E, dan K. ADEK. Salah satunya adalah D, vitamin tersebut berfungsiuntuk membantu penyerapan kalsium tadi.

Lalu manfaat omega-3 yang  ketujuh, yaitu dapat meningkatkan kualitas tidur.

Siapa disini yang mengalami susah tidur? Coba perhatikan makanan anda. Apakah asupan omega-3 sudah cukup atau belum? Terutama pada anak-anak. Kalau pada orang dewasa, mungkin anda banyak pikiran, banyak kerjaan di kantor, mungkin mikir hutang, mikir gaji atau mikir pacar. Tetapi kalau anak-anak yang susah tidur, coba anda perhatikan makanannya.

Lalu yangkedelapan, bermanfaat untuk perkembangan bayi dan anak. Dari literatur yangsaya baca, asam lemak esensial ini berfungsi untuk membantu transmisi impulssyaraf dan sangat penting untuk perkembangan dan fungsi otak. Jadi apabilakekurangan asam lemak esensial, maka dapat menyebabkan gangguan dalammempelajari sesuatu dan mengingat informasi.

Karena itulah jika anda melihat iklan-iklan di televisi ataupun social media, banyak dari yang menjual omega-3 itu dikaitkan dengan tumbuh kembang otak si bayi atau tumbuh kembang otak si anak.

Kalau masih bayi, anda jangan menambahkan suplemen omega-3. Jadi, cukup dari ASI.  ASI pada ibu sendiri mengandung omega-3 yang baik untuk perkembangan tumbuh kembang otak si anak tadi. Jadi untuk anda yang punya baby, punya anak yang masih berusia di bawah 6 bulan, and harus memberikan ASI eksklusif. Jadi, ASI eksklusif itu wajib.

Kemudian manfaat yang kesembilan adalah mengurangi nyeri pada saat menstruasi.

Hal ini dialami oleh para wanita yang sudah memasuki masa menstruasi. Jadi, siapa disini yang ketika mens itu terasa sangat nyeri, bahkan sampai berguling di lantai? Mungkin salah satu penyebabnya adalah karena anda kekurangan asam lemak omega-3.

Kemudianyang kesepuluh atau yang terakhir. Jadi, asam lemak omega-3 ini dapat mendukungkesehatan kulit, rambut, dan mencegah penuaan dini. Atau bisa kita sebut dengananti aging. Jadi, siapa disini yangkulitnya sering gatal-gatal, kemudian mengalami eksim, sedikit-sedikit kulitnyaruam merah, atau rambut tipis, mudah rontok? Mungkin makanan anda kurang omega-3.

Itu tadi adalahsepuluh manfaat dari omega-3. Lalu, apa yang terjadi jika tubuh saya kekuranganomega-3? Sebenarnya, tubuh kita ini masih bisa beradaptasi jika kita kekuranganatau kelebihan sedikit baik itu zat omega-3 atau zat-zat gizi lainnya. Namunjika kita kekurangan dalam jangka panjang, maka tubuh kita akan memberikan‘sinyal’. Sinyal itu berupa gejala-gejala yang kita alami. Jadi, disini sayamerangkum ada beberapa gejala. Kurang lebih ada 10 gejala jika kita kekuranganomega-3.

Meskipun hal ini tidak berbahaya atau merupakan penyakit yang serius, namun anda bisa mempelajari tubuh anda berdasarkan gejala-gejala ini, apakah saya kekurangan omega-3 atau tidak?

Yang pertama adalah gangguan dalam belajar dan konsentrasi.

Bisa jadi kekurangan perhatian, kemudian konsentrasinya buruk, dan daya ingat yang buruk. Ini merupakan salah satu gejala anda kekurangan omega-3.

Kemudianyang kedua, perubahan yang berhubungan dengan suasana hati. Misalnya andagampang marah, anda gampang depresi, kemudian anda gampang cemas. Jadi intinya,semua berkaitan dengan suasana hati.

Kemudianyang ketiga. Gejala yang ketiga yang bisa anda alami yaitu perubahan warnakulit, rambut dan kuku. Jadi kulit akan terasa lebih kering, kemudian bersisik,kuku mudah patah, dan rambut juga mudah rontok. Anda harus perhatikan hal ini.

Kemudian yang keempat, mata menjadi kering.

Kemudian yang kelima, tanda-tanda dehidrasi. Termasuk meningkatnya rasa haus, kemudian mulut dan tenggorokan terasa kering. Lalu yang keenam sering buang air kecil. Gejala ini juga bisa dialami oleh mereka yang diabetes. Jadi, coba tes kadar gula darah anda. Kalau normal, mungkin anda mengalami kekurangan omega-3.

Lalu gejalanyeri dan kaku pada sendi. Biasanya pada lutut, kemudian pada jari-jari. Laluyang kedelapan adalah infeksi pada telinga. Yaitu cairan pada telinga yangberlebihan. Kemudian yang kesembilan adalah gejala alergi seperti eksim, asma, danlain-lain. Ada kaitannya juga dengan penyakit autoimmune.

Itu tadiadalah gejala-gejala yang sudah saya rangkum dari berbagai literatur tentangapa yang terjadi jika tubuh kita kekurangan omega-3. Dalam kehidupansehari-hari, dari makanan yang kita makan sebenarnya ada empat jenis omega-3.Yaitu EPA, DHA, ALA dan ETA. Apa itu? Saya akan bahas satu persatu. Saya jugasudah merangkumnya.

Kita mulaidari yang pertama, yaitu EPA. Atau eicosapentaenoicacid. EPA ini merupakan 20 karbon fattyacid atau kita sebut 20 karbon asam lemak yang ditemukan pada minyak ikan, kemudianminyak ganggang dan krill oil atauminyak krill.

Lalu jenisyang kedua, yaitu DHA. Atau docosahexaenoicacid. Susah juga ya penyebutannya.. Daritadi keseleo terus lidahku.. (-_-)

DHA ini merupakan 22 karbon yang ditemukan juga pada minyak ikan, kemudian krill oil dan minyak ganggang.

Sobat sehat, untuk EPA dan DHA, anda bisa memperolehnya dari minyak ikan. Kalau anda biasanya membeli suplemen, coba dibaca. Ini adalah salah satu contoh suplemen fish oil atau minyak ikan. Anda bisa lihat kandungan EPA dan DHA disini. Karena salah satu sumbernya memang dari minyak ikan.

Sekarangkita lanjutkan ke sumber omega-3 berikutnya, yaitu ALA. Ini adalah Alpha Linolenic Acid. Yaitu sumberomega-3 nabati yang bisa kita temukan pada tumbuhan sayuran hijau, kemudianpada biji rami, biji cia dan minyak canola. ALA juga dikenal sebagai rantaipendek omega-3.

Kemudian kita lanjutkan yang terakhir, yaitu ETA atau eicosatetraenoic acid.

ETA ini merupakan asam lemak omega-3 yang kurang dikenal. Jadi yang paling sering dibahas adalah yang tiga tadi. Yang dua dari sumber hewani, dan ALA dari sumber nabati. Sedangkan ETA ini juga mengandung 20 karbon seperti EPA, namun hanya empat ikatan. Bukan lima. Saya rasa hal ini tidak penting bagi anda.

Biasanya, ditemukandi roe oil. jadi ketika saya translate di Google Translate, hasilnyaadalah minyak telur. Mungkin ada yang mempunya translate lain, silahkan commentdi kolom comment. dan juga padakerang hijau. Jadi, sumbernya ada dua. Dari roeoil dan kerang hijau.

Untuk andasemua yang vegan atau vegetarian, mungkin anda susah mencari sumber makananyang mengandung omega-3. Namun salah satunya seperti yang sudah saya sebutkantadi, seperti cia seed dan flaxseed oil.

Untuk jenissuplemennya sendiri, saya sudah cari beberapa lama ini. Akhirnya saya menemukansatu jenis suplemen. Jika anda punya jenis yang lain, silahkan comment di kolom comment. mereknya adalah Udo’s Choice. Kalau lihat komposisinya, suplemenini terdiri dari minyak biji rami, minyak bunga matahari, kemudian biji wijen,minyak kelapa murni, minyak biji primrose, kemudian lecitin, minyak sekam padi,dan minyak sekam oat.

Jadi,kandungannya adalah 369 dengan perbandingan 2:1:1. Untuk produk tersebut, nantiakan saya bagikan di link deskripsi,apa saja keterangannya bisa anda cek disana. Dan seperti biasa, untuk andasemua yang sedang mencari produk untuk mendukung gaya hidup sehat, silahkananda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, sekianvideo saya pada kesempatan kali ini. Semoga anda semua bisa mengerti. Dan bagi andamenyukai video seperti ini, silahkan klik likedi bawah ini, comment dan satulagi. Jangan lupa share kepada temananda atau saudara anda yang vegetarian atau vegan supaya mendapatkan informasiini.

Sampai jumpadi video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url