7 Tips Buat Anda yang Sedang Stress

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung.Pada video kali ini, saya akan membahas : “7Tips Buat Anda yang Sedang Stress”.

Sobat sehat,sebelum saya membahas video ini lebih lanjut, saya akan menginformasikan kepadakalian semua, para subscriber dan viewer dari SB30 Health.

Untukpertama kalinya, tim SB30 Health akan membuat grup WhatsApp. Jadi, nantinyasetiap hari kami akan memberikan tips-tips untuk kesehatan. Kami akan usahakansetiap hari, namun kalau tidak bisa setiap hari, jangan dikomplain yaa..

Tips-tipskesehatan ini akan kami berikan gratis, dan utnuk satu grup WhatsApp hanyauntuk 250 orang. Memang terbatas seperti itu. Jadi untuk anda yang benar-benarmembutuhkan, silahkan klik link’nya di bawah ini atau di atas. Silahkan andacari. Silahkan daftar disana dan bergabung bersama kami di grup WhatsApp.

Oke, mungkinitu saja informasi yang dapat saya berikan di awal video ini. Kita lanjut..Sobat sehat, siapa disini yang sedang dalam masalah atau sedang stress? Mungkinstress karena pekerjaan anda atau karena kuliah, apapun itu. Atau mungkin andastress karena idola anda kalah dalam pemilu? Atau mungkin idola anda itu artisyang saat ini cerai atau karena sudah menikah, sehingga anda jadi stress. Jadi,disini itu semua tidak penting. Disini saya akan membahas solusinya.

Jika andasedang stress, disini saya akan membuat 7 tips untuk anda semua yang sedangmengalami stress.

Jadi,langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah refreshing atau rekreasi. Jadi, bisa saya katakan hal ini adalahterapi. Terapi jalan-jalan atau terapi rekreasi. Mengapa hal ini penting? Begini..Mengapa orang yang bekerja sepanjang tahun dan tidak pernah jalan-jalan bisastress? Boro-boro jalan ke luar negeri, di dalam negeri saja mungkin tidakpernah.

Jadi,rekreasi itu penting bagi anda semua. Apapun pekerjaan anda, apapun statussosial anda, anda perlu yang namanya rekreasi. Ketika anda rekreasi ataujalan-jalan, anda bisa menikmati pemandangan. Ketika anda menikmati liburananda, maka hal tersebut dapat me’refresh otakanda. Dan biasanya untuk anda semua yang banyak melakukan kegiatan ataupekerjaan anda membutuhkan pikiran, maka anda butuh refreshing. Jika tidak, pikiran anda akan buntu dan mentok. Dan mungkinkreativitas anda tidak bisa keluar lagi.

Namun, refreshing ini akan berguna jika andabenar-benar refreshing. “Maksudnyagimana, dok?”. Jadi, banyak orang yang ke luar negeri, jalan-jalan, badannya diluar negeri, badannya jalan-jalan, tetapi pikirannya tetap di kantor. Atau pikirannyamasih berkeliaran kemana-mana, memikirkan pekerjaan. Jadi, saran saya pada saatanda ke luar negeri atau anda ke pantai atau ke gunung, matikan ponsel anda. Nikmatipemandangan disana, nikmati suara burung-burung disana.

“Jika saya tidak sempat ke pantai atau ke gunung, saya harus jalan-jalan kemana?”

Ke tempatyang anda suka, terserah dimanapun. Ada yang suka belanja ke mall, ada yangsuka jalan-jalan dengan bersepeda bersama teman. Silahkan anda lakukan.

Lalu, tipsyang kedua adalah membaca buku. Selain buku, anda juga bisa membaca dari sumber-sumberlainnya. Kalau zaman sekarang, tidak harus dari buku. Anda bisa baca darie-book atau dari social media. Namunsekali lagi, apa yang anda baca?

Dengan membaca,anda bisa mengetahui banyak hal. Ada yang mengatakan bahwa buku adalah jendeladunia. Namun, zaman sekarang, tidak harus dari buku. Yang terpenting anda sukamembaca. Dengan membaca, ada materi-materi yang membuat anda termotivasi. Ada yangmembuat anda menjadi rileks. Ada yang membuat anda tertawa.

Ketika anda tertawa, maka hal ini juga akan membuat tubuh anda menjadi rileks.

Namun sekali lagi, itu jika yang anda baca adalah hal positif. Berbeda halnya jika yang anda baca itu negatif. Mungkin yang anda baca itu status Facebooknya orang lain yang lagi galau. Kemudian anda baca berita politik yang lagi panas. Akhirnya, anda jadi tambah stress dan cemas. “Oh, nanti ada kerusuhan! Nanti ada gempa!”.

Jika andatidak siap dengan itu semua, lebih baik anda tidak usah membacanya. Daripada setelahanda baca, lalu anda sendiri yang takut. Jadi, ada beberapa teman saya yangakhirnya takut untuk naik pesawat karena mendengar kabar pesawat yang jatuh. Karenasetiap hari yang diberitakan tentang pesawat jatuh. Akhirnya mau naik pesawattakut, mau keluar rumah juga takut. Kalau begini, anda justru semakin stress.

Lalu, tips yang ketiga adalah mendengarkan musik.

Jadi, anda semua bisa mendengarkan musik yang anda sukai. Jadi, carilah alunan melodi yang anda sukai. Ada bermacam-macam jenis musik yang dapat membuat anda lebih bersemangat, termotivasi ataupun membuat anda rileks. Carilah musik yang membuat anda rileks.

Dan sekalilagi, musik yang anda dengarkan tidak harus dalam bentuk mp3. Tidak harus dariradio, tidak harus dari video. Anda juga bisa mendengarkan musik dari alam. Silahkananda jalan-jalan, denganrkan kicauan burung, suara air terjun, suara airmengalir di sungai, atau suara ombak. Hal ini juga dapat membuat anda rileks. Atauanda juga bisa mendengarkan suara istri anda di rumah.

Kita lanjut ke tips yang keempat, yaitu silaturahmi.

Silaturahmi ini adalah budaya di Indonesia yang sudah ada sejak lama. Misalnya untuk anda yang sudah lama bekerja di kota dan berpisah dengan keluarga, sesekali anda harus pulang. Anda harus bertemu dengan keluarga yang anda cintai. hal ini juga dapat membuat anda rileks. Terutama untuk anda semua yang sudah menikah dan berpisah dengan pasangan cukup lama. Bertemu kembali juga dapat membuat anda lebih rileks dan dapat mengurangi stress anda.

Selain bertemudengan keluarga yang anda cintai, anda juga bisa berkumpul dengan teman-temananda yang positif. Inat, ketika kita berkumpul bersama orang-orang yangpositif, kitapun menjadi lebih positif. Energi kita menjadi lebih baik, danmood kita menjadi lebih baik. berbeda halnya dengan ketika anda bertemuorang-orang yang negatif. Jadi ketika anda ingin silaturahmi, perhatikan juga siapaorang yang harus anda temui.

Jadi, janganbertemu dengan orang-orang yang negatif atau berkumpul terlalu lama denganorang-orang yang negatif. Jika orang-orang tersebut hanya membicarakan gosip, bicarapolitik, bicara hal-hal yang membuat anda panas, maka anda pasti akan bertambahstress.

Tetapi jikaanda bertemu dengan orang-orang yang membuat anda sejuk, tentunya akan berbeda,anda tidak harus bertemu secara fisik. Anda juga bisa bertemu melalui mediasosial. Hal ini juga penting untuk anda semua. Jika setiap hari yang anda dengarkandan temui itu orang baik dan membuat hati anda sejuk, otomatis stress anda akanberkurang.

Kita lanjut ke tips yang kelima, yaitu perbanyak memberi.

Atau ada yang meyebutnya bakti sosial atau beramal. Jadi dengan anda perbanyak memberi terhadap sesama manusia ataupun terhadap makhluk lain seperti hewan, apapun itu. Selama anda melakukannya dengan ikhlas, maka hal ini dapat menurunkan stress anda.

Jadi dengananda memberi, anda bisa belajar dan memahami bahwa anda bukanlah satu-satunyamakhluk hidup yang paling malang di muka bumi ini. Bahkan, masih banyak oranglaina tau makhluk hidup lain yang kesusahan. Dengan anda memberi atau beramal, makahal itu dapat membantu menurunkan tingkat stress anda.

“Saya sudahniat memberi, dok. Saya sudah ikhlas memberi. Tetapi pasangan saya, istri atausuami saya tidak ikhlas. Lalu bagaimana?”. Kalau seperti ini, sebaiknya andarundingkan dulu. Jadi, pemikiran anda dan pasangan and harus sama. Apalagi kalauyang mencari uang atau yang mencari nafkah adalah pasangan anda. Tentu saj andaharus rundingkan dulu. Anda harus minta izin dulu.

Kita lanjut ke tips yang keenam, yaitu olahraga.

Untuk masalah olahraga, saya sudah sering seklai membahas di video-video saya sebelumnya. Jadi selain bagus untuk kesehatan dan untuk membentuk tubuh, olahraga juga baik untuk menurunkan tingkat stress. Jadi untuk anda yang sedang stress, susah tidur di malam hari, maka lakukanlah olahraga secara rutin.

“Olahragaapa yang harus saya lakukan untuk mengurangi tingkat stress saya, dok?”

Yang pertamaadalah olahraga yang bisa anda lakukan. Yang kedua, lakukan dengan rutin. Ini penting.Jadi pada saat anda olahraga, anda jangan memikirkan masalah pekerjaan anda. Janganmemikirkan masalah anda yang lain. Baik itu masalah keluarga, masalahpekerjaan, masalah sekolahan ataupun yang lainnya. Fokuslah dengan olahragaanda.

Jadi, ada para atlet yang mengatakan : “Brain and muscle connection”.

Jadi, koneksikan antara otak anda dengan otot anda sehingga anda mendapatkan gerakan yang baik. Jadi anda harus fokus disana. Apapun pekerjaan anda, jika anda tidak fokus, maka hasilnya tidak akan baik walaupun itu hanya olahraga.

Kemudian,tips yang terakhir adalah bermain dengan binatang peliharaan. Siapa disini yangsuka memelihara hewan? Ada yang memelihara kucing, anjing, tikus, kura-kura,kemudian ular atau singa. Saya juga tidak tahu mengapa mereka suka memeliharasinga. Kalau saya sih takut..

Jadi dengan bermaindengan binatang peliharaan, hal ini akan membuat hati anda gembira dan dapatmenurunkan tingkat stress anda. Tetapi ingat, untuk anda yang tidak bisamemelihara binatang, sebaiknya jangan. Kalau hanya ingin main, silahkan andakunjungi teman anda yang punya binatang peliharaan. Karena binatang juga yangkasihan jika anda tidak bisa memeliharanya. Anda hanya bisa main-main, namunketika sakit anda tidak bisa merawatnya dan akhirnya mati.

Oke, semoga7 tips ini dapat bermanfaat untuk anda semua yagn sedang stress. Silahkan dicobasatu persatu, mana yang bisa menurunkan tingkat stress anda. Jadi, janganterburu-buru membeli obat tidur untuk mengatasi stress. Lakukan dulu 7 tipsini. Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yangmendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampaijumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url