Apa yang Harus Saya Lakukan Ketika Memar Karena Terbentur?

Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobatsehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahassebuah topik. Yaitu : “Apa yang HarusSaya Lakukan Ketika Memar Karena Terbentur?”.

Sebelum kitamulai, saya putar dulu jamnya. Sobat sehat, kita semua pasti pernah mengalamiyang namanya luka, apapun penyebabnya. Mungkin tidak sengaja kena pisau ataukena silet, pisau cutter, kena paku, ataupundigigit binatang peliharaan anda. Seperti kucing, anjing, zombie. Eh, kokzombie? Ini efek kemarin habis nonton “My Zombie Crush”. Mari kita bahas.

Untuk kaliini, saya akan membahas topik ketika kita habis terbentur, apa yang harus kitalakukan? Apakah diberi air panas, atau diberi air dingin lalu dikompres?Misalkan anak anda sedang lari-lari, atau anda sendiri lari-lari, lalutiba-tiba anda menabrak kaca yang tebal. Mungkin karena kaca tersebut bersih.Saya bukannya ngiklan pembersih kaca yaa.. Jadi karena kaca itu terlalu bening,anda tidak melihatnya, lalu anda tabrak dan kena kepala anda. Lalu, apa yanganda lakukan?

Atau andahabis lari-lari, lalu tidak sengaja tersandung. Dan kaki atau paha anda terkenaujung meja. Tidak sampai berdarah karena hanya terbentur. Lalu, apa yang andalakukan?

Jadi, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan setelah anda terbentur.

Yang pertama adalah lokasi terbenturnya dulu. Jika yang terbentur adalah daerah kepala, anda harus perhatikan hal-hal berikut ini. Yang pertama, tidak terjadi penurunan kesadaran. Kemudian apabila anak anda yang terbentur atau anda sendiri tiba-tiba merasa sangat ngantuk, ataupun merasa mual sampai muntah, lalu terjadi lupa ingatan.

Jika andamengalami hal-hal demikian, apalagi anda sampai kejang. Sebaiknya, andalangsung ke Rumah Sakit. Dibawa ke Rumah Sakit, ke IGD. Karena hal-haltersebut, gejala-gejala yang sudah saya sebutkan tadi bisa jadi merupakan tandabahwa anda mengalami gegar otak. Jadi, penanganannya harus darurat. Harussegera dibawa ke Rumah Sakit.

Tetapi jikatidak terjadi penurunan kesadaran, tidak terjadi hal-hal yang sudah sayasebutkan, maka anda bisa cek luka anda. Apabila lukanya hanya luka terbenturseperti itu, maka yang pertama kali harus anda lakukan adalah anda bisa mengambilair es atau gunakan es batu, kemudian dibungkus dengan kain yang halus danlembut. Kemudian, tempelkan atau istilahnya kompres pada bagian yang terkenabenturan tadi.

Mengapa tidak menggunakan air panas?

Tujuan menggunakanes batu atau yang suhunya dingin adalah agar pembuluh darah kita yang sepertiselang itu vasokonstriksi atau berkontraksi sehingga mengurangi terjadinyapendarahan di bawah kulit. Supaya bengkaknya juga tidak bertambah parah.

Mungkin adaorang zaman dulu yang bilang : “Kalau habis terbentur, supaya tidak benjolambillah pisau. Lalu tempelkan ke area yang terbentur”. Sebenarnya, tujuannyaadalah mencari dinginnya. Anda bisa menggunakan es batu atau anda bisamenggunakan air es. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi pendarahan lebihbanyak atau mencegah pembengkakan di bawah kulit semakin membesar. Intinya,untuk mengurangi.

Kemudian misalkan habis terbentur, lalu ternyata ada luka sobek atau luka terbuka, misalnya. Coba dicek dulu, lukanya dalam atau tidak. Kalau tidak dalam, boleh anda cuci kemudian anda keringkan.

Berikan antiseptik, lalu bisa anda plester atau menggunakan kain kasa yang steril.

Tetapi jikalukanya dalam, sudah lukanya panjang, kemudian dalam pula. Maka sebaiknya andabebat, kemudian anda bawa ke Rumah Sakit. Jadi, nanti di Rumah Sakit akandibersihkan. Jadi harus segera dibawa ya, jangan menunggu lagi. Jadi, segerabawa ke Rumah Sakit. Nanti di Rumah Sakit akan dibersihkan. Kemudian jika perludijahit, luka tersebut akan dijahit.

Itu tadi adalahpenjelasan apa yang harus anda lakukan. Kemudian, langkah selanjutnya adalahistirahatkan. Jadi, bagian yang terbentur tadi harus diistirahatkan. Misalkan kakianda yang terkena benturan, maka harus diistirahatkan. Jadi, jangan main boladulu. Tunggu sembuh dulu, baru anda main bola lagi. Karena pasti terjadi gangguanfungsi disana. Sudah bengkak, nyeri, merah, sakit pula. Itu adalah tanda-tandaperadangan dan gangguan fungsi. Jadi, harus diistirahatkan supaya lebih cepatsembuh.

Kemudianyang terakhir adalah berikan pereda nyeri. Itu jika anda tidak bisa menahannyerinya. Tetapi jika anda bisa menahan nyerinya, ya sudah. Biarkan saja. Dengananda makan makanan yang bergizi, maka akan memberikan nutrisi pada luka anda.Akhirnya, luka anda akan cepat sembuh.

Sobat sehat,saya juga mendapatkan pertanyaan seperti ini : “Dok, bolehkah setelah sayaterbentur, lalu saya oleskan salep?”. Saya tidak menyebutkan merek, tetapiisinya adalah  Heparin. Heparin inimempunyai efek antikoagulan atau pengencer darah.

Jadi, saransaya adalah ketika baru saja terbentur, jangan diberikan salep tersebut. Andaboleh memberikan salep tersebut di hari ketiga atau hari keempat. Jadi padahari pertama dan kedua, cukup anda kompres dengan air es atau es batu yangsuhunya lebih rendah.

“Berapa lama saya harus mengkompresnya?”.

Jadi, anda harus mengkompresnya sekitar 10-20 menit. Kemudian diistirahatkan selama 15 menit, lalu boleh dikompres lagi. Jadi, lakukan seperti itu. Jangan anda kompres seharian. Itu juga tidak baik.

Oke sobatsehat, itu tadi penjelasan tentang apa yang perlu anda lakukan ketika andahabis terbentur. Luka-luka lainnya seperti digigit ular atau digigit seranggaakan saya bahas di video saya selanjutnya. Untuk kali ini, saya hanya membahas tentangapa yang perlu anda lakukan ketika anda habis terbentur.

Dan sepertibiasa, untuk anda semua yang sedang mencari produk untuk mendukung gaya hidupsehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.comini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untukmendukung gaya hidup sehat.

Oke, bagianda yang menyukai video seperti ini, silahkan klik like di bawah ini. Dan silahkan anda comment di bawah saya harus bahas topikapalagi selanjutnya. Dan bagi anda yang belum subscribe, silahkan subscribeserta aktifkan loncengnya.

Sampai jumpadi video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url