Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Penyebab Bau Kaki dan Solusinya”.

Sobat sehat, bau kaki bukanlah sebuah masalah yang serius di dalam dunia medis. Jadi, tidak ada orang yang ke Rumah Sakit karena bau kaki ya.. Tetapi walaupun bau kaki bukanlah sebuah masalah yang serius, hal ini cukup mengganggu. Selain mengganggu anda, hal ini juga mengganggu orang-orang di sekitar anda.

Siapa disini yang pernah setelah pulang kerja di siang hari, buru-buru masuk ke mobil dan melepas sepatu anda karena kepanasan? Kemudian, semua mata orang di mobil itu menuju ke arah anda. Itu pasti karena bau sepatu atau kaki anda. Disini saya akan membahas beberapa hal yang menyebabkan kaki anda bau.

Yang pertama adalah karena anda kurang menjaga kebersihan.

Siapa disini yang jarang mencuci kaki? Jadi setelah menggunakan sepatu seharian, ketika pulang kerja anda tidak mencuci kaki anda. Kemudian sorenya saat mau pergi keluar, anda memakai sepatu lagi tanpa mencuci kaki anda terlebih dahulu. Kemudian, kaos kaki anda jarang diganti. Apalagi jika sepatu anda jarang dicuci. Hal inilah yang dapat menyebabkan bau kaki. Kemudian dapat terjadi infeksi, baik itu bakteri atau jamur.

Pada beberapa orang yang bekerja di outdoor atau lapangan, panas-panasan, kemudian memakai sepatu tertutup yang ketat, pasti juga mengalami bau kaki. Dan hal ini juga tergantung dari bahan sepatu yang digunakan. Bahan sepatu juga dapat mempengaruhi terjadinya keringat yang berlebihan atau tidak.

Misalkan untuk mereka yang kerja di bangunan. Karena dikhawatirkan kejatuhan material, maka mereka harus menggunakan sepatu berbahan tebal. Tetapi, sepatu yang tebal ini tidak memiliki sirkulasi udara yang baik. sepatu ini rentan menimbulkan bau kaki pada mereka yang mengalami keringat berlebihan.

Hal ini juga menyebabkan bakteri dan kuman dapat berkumpul dan bertumbuh dengan pesat karena sepatu tersebut lembab. Jadi, hal ini harus anda perhatikan. Tetapi bukan berarti anda tidak memakai sepatu. Anda tetap harus memakai sepatu. Tetapi begitu selesai bekerja, anda harus melepas sepatu anda dan sering mengganti kaos kaki anda.

“Kapan saya harus mengganti kaos kaki dok? Apakah 2-3 hari sekali?”

Jawabannya adalah 1 hari sekali. Atau bagi anda yang bekerja outdoor, anda harus membawa kaos kaki cadangan. Jadi ketika sudah basah karena keringat, anda harus segera mengganti kaos kaki anda untuk mencegah bau kaki. Dan pada saat akan mengganti kaos kaki, sebaiknya anda mencuci kaki anda terlebih dahulu dan dikeringkan, baru anda memakai kembali kaos kaki anda.

Kemudian, pemilihan kaos kaki juga harus diperhatikan. Carilah bahan katun yang dapat menyerap keringat. Bahan ini dapat meminimalisir pertumbuhan bakteri. Lalu, rajin-rajinlah menjemur sepatu anda. Jangan menjemurnya terlalu lama, karena dapat merusak sepatu anda. Jadi, cukup menjemurnya sebentar saja, sekitar 5-10 menit.

Kebanyakan orang bekerja pergi pagi pulang malam, tetapi sepatunya hanya diletakkan di rak sepatu, kemudian esoknya dipakai lagi. Selama berbulan-bulan selalu seperti itu. Hal inilah yang menyebabkan bakteri berkembang biak.

Kemudian yang terakhir, saya akan memberikan tips bagaimana cara menjaga kebersihan kaki.

Kalau tadi saya sudah menjelaskan cara menjaga kebersihan sepatu dan kaos kaki, kali ini adalah tips menjaga kebersihan kaki. Yaitu potong kuku kaki anda secara teratur. Jangan asal potong ya, karena bisa menyebabkan terjadinya cantengan. Bersihkan kaki anda dengan baik, kalau perlu rendam kaki anda di dalam air hangat.

Kemudian, anda juga bisa membersihkan kaki anda menggunakan batu apung. Anda bisa mencarinya di supermarket. Gosoklah tumit anda menggunakan batu apung untuk melepaskan kulit mati. Anda juga bisa merendam kaki anda menggunakan air hangat dicampur garam. Bisa 2-3 sendok makan garam, tergantung ukuran baskom yang anda gunakan.

Garam ini dipercaya sebagai antiseptik alami.

Tetapi ingat, ketika anda merendam kaki anda menggunakan air garam, pastikan di kaki anda tidak terdapat luka. Karena apabila terkena luka, biasanya akan perih. Selain gram, anda juga bisa menggunakan air lemon atau teh.

Kemudian saya juga ingin menginformasikan bahwa di boxsehat.com terdapat sebuah produk baru, yaitu Ancient Salt. Ancient Foot Therapy. Bagi anda yang mengalami masalah bau kaki, anda bisa menggunakan produk ini. Produk ini selain mengandung garam, juga terdapat kandungan mint. Jadi ada rasa mentholnya dan aromanya wangi. Selain merendam kaki untuk menghilangkan bau kaki, garam ini juga bermanfaat untuk relaksasi.

Sobat sehat, mungkin ini saja informasi yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat. Informasi ini mungkin sepele untuk anda. Tetapi hal ini penting bagi mereka yang sering bangun kesiangan.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Penyebab Bau Kaki & Apa Solusinya

Penyebab Bau Kaki & Apa Solusinya

Sobat sehat, bau kaki bukanlah sebuah masalah yang serius di dalam dunia medis. Tetapi walaupun bau kaki bukanlah sebuah masalah yang serius, hal ini cukup mengganggu. Selain mengganggu anda, hal ini juga mengganggu orang-orang di sekitar anda. Pada kesempatan kali saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Penyebab Bau Kaki dan Solusinya”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here