Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali saya akan membahas topik yaitu : “Kenapa Lidah Saya Bisa Putih?”.

Sobat sehat, jika berbicara tentang lidah, ada pepatah yang mengatakan : “Lidah itu tidak bertulang dan lebih berbahaya daripada sebuah pisau, karena bisa membunuh secara halus”. Ya, pepatah tersebut tidak salah.

Di dalam tubuh kita terdapat banyak sekali otot. Dan salah satu otot yang terkuat adalah lidah. Jadi, lidah ini memiliki banyak fungsi. Yaitu untuk mencicipi makanan, kemudian membantu proses pengunyahan makanan, membantu proses menelan makanan, dipakai untuk berbicara, menyanyi, bahkan bergosip. Siapa disini ibu-ibu yang suka menggosip?

Coba anda perhatikan. Ketika anda bergosip, yang capek itu lidah anda atau tubuh anda? Lidah ini sangat kuat ya.. Anda pakai untuk bergosip seharian, tetapi lidah anda tidak capek. Bicara soal lidah, negara China yang memiliki Traditional Chinese Medicine, dan lidah ini digunakan untuk mendiagnosa penyakit.

Lidah dipercaya memiliki hubungan dengan sistem pencernaan, terutama lambung.

Jadi ketika mendiagnosa suatu penyakit, mereka pasti menyuruh pasien untuk menjulurkan lidahnya untuk dilihat apakah lidah tersebut teksturnya licin dan warnanya merah, putih atau kuning. Kemudian, apakah lidahnya pecah-pecah atau bengkak. Masing-masing ada artinya, tetapi saya tidak akan membahasnya satu per satu.

Kali ini, saya akan membahas mengapa lidah kita bisa berwarna putih. Tetapi sebelum itu, saya ingin menjelaskan dahulu. Anda bisa melihat gambarnya disini. Jadi, lidah yang sehat itu teksturnya agak kasar dan berwarna merah. Silahkan anda raba lidah anda, tetapi cuci tangan anda dahulu. Jangan menggunakan tangan yang kotor karena bisa infeksi. Jadi, lidah yang sehat itu tidak memiliki lapisan berwarna putih.

Mengapa lidah bisa berwarna putih? Disini saya sudah merangkum beberapa faktor yang menyebabkan lidah bisa berwarna putih.

Jadi, yang pertama adalah dehidrasi.

Ini adalah penyebab utama yang paling sering terjadi. Yaitu ketika tubuh kita kekurangan cairan atau lebih mudahnya kurang minum. Siapa disini yang dalam sehari kurang minum dan pekerjaannya di lapangan? Jadi, tubuh kita itu ibarat got. Jika air yang mengalir lancar, maka got itu akan bersih. Kurang lebih sama dengan rongga mulut kita.

Kemudian yang kedua adalah kebersihan mulut yang buruk.

Siapa disini yang jarang sikat gigi? Hal ini bisa membuat rongga mulut kita kotor dan tumbuh bakteri disana. Jadi, penyebab lidah putih ini mungkin adalah sisa-sisa makanan yang bercampur dengan bakteri. Hal ini juga bisa menyebabkan lidah kita menjadi putih.

Kemudian karena penyakit atau infeksi.

Misalnya radang tenggorokan atau sifilis. Kelmudian ada juga yang namanya penyakit demam tiphoid. Salah satu gejalanya adalah ketika lidah dijulurkan, terlihat bahwa lidahnya akan tremor dan ada lapisan berwarna putih di atasnya yang disebut white coat.

Kemudian karena reaksi terhadap obat-obatan tertentu, termasuk antibiotik dan steroid serta infeksi jamur candida.

Kemudian merokok dan menggunakan tembakau, penggunaan alkohol, lalu yang terakhir adalah penyakit jantung bawaan pada orang dewasa.  

Jadi, itu tadi adalah beberapa faktor yang menyebabkan lidah kita menjadi putih. Lalu, bagaimana caranya agar lidah kita tidak berwarna putih? Cara mencegahnya adalah yangpertama anda harus menjaga kebersihan oral atau mulut anda. Jadi, anda harus sikat gigi secara rutin. Bukan hanya gigi saja, tetapi juga gusi beserta lidah dan langit-langit.

Kalau lidah, saya rasa agak susah untuk disikat. Jadi, anda bisa menggunakan pembersih lidah. Anda bisa lihat gambarnya disini. Cara menggunakannya adalah seperti dikeruk. Alat ini lebih ampuh untuk membersihkan lidah yang putih. Saran saya, gunakan secara perlahan-lahan. Jangan sampai lidah anda terluka karena anda menggosoknya terlalu kuat.

 Lalu yang kedua, anda bisa berkumur dengan larutan air garam. Air garam ini dipercaya sebagai antiseptik alami. Ada juga yang menganjurkan untuk mengkonsumsi bawang putih karena itu juga antiseptik dan antibiotik alami. Tetapi kalau setelah makan bawang putih lalu bertemu orang, pasti baunya tidak enak. Mungkin anda bisa mengkonsumsi bawang putih dalam bentuk suplemen. Atau anda bisa mengkonsumsi bawang putih, namun setelah itu anda harus langsung membersihkannya dengan sikat gigi atau kumur-kumur.

Kemudian yang terakhir, perhatikan sistem pencernaan anda. Mulai dari mulut sampai ke dubur, sistem pencernaan anda. Jadi, perbanyak konsumsi serat. Serat juga dapat membantu membersihkan gigi. Jika anda cukup makan serat, sebenarnya hal ini juga dapat membantu menjaga kebersihan mulut. Serat ini bisa didapat dari sayur dan buah.

Di dalam Traditional Chinese Medicine, lidah merupakan gambaran dari kesehatan organ tubuh kita. Terutama di saluran pencernaan, mulai dari lambung dan usus sampai ke bawah. Jika ada masalah dengan lidah, mungkin ini merupakan tanda bahwa kerja dari organ pencernaan anda itu terbebani. Coba anda perhatikan hal-hal ini dan semoga anda terhindar dari lidah berwarna putih ini.

Apabila lidah anda sudah terlanjur berwarna putih, coba ikuti anjuran dari saya. Jika masih tetap berwarna putih, lebih baik anda konsultasi ke dokter anda. Apalagi and yang memiliki masalah pencernaan, anda yang imunnya lemah atau sedang dalam masa pengobatan seperti menggunakan steroid atau antibiotik.

Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Kenapa Lidah Saya Bisa Putih?

Kenapa Lidah Saya Bisa Putih?

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali saya akan membahas topik yaitu : “Kenapa Lidah Saya Bisa Putih?”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here