Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas tentang : “Kenapa Kaki Saya Bengkak?”. Sobat sehat, saya sering mendapatkan pertanyaan-pertanyaan di kolom comment, kemudian di Instagram saya. By the way, untuk anda yangbelum add Instagram saya, silahkan add @tanyadrsung dibawah ini.

@tanyadrsung

Pertanyaan-pertanyaan itu sebenarnya mudah. ‘Kenapa saya sakit kepala?’. ‘Kenapa kaki saya bengkak?’. Masalahnya, saya mau menjawabnya bingung. Saya harus menjawab seperti apa. Kenapa? Karena saya membutuhkan informasi lebih dari anda yang bertanya. Apalagi anda bertanya itu bukan anda yang mengalami. “Dok, kakek saya kakinya bengkak. Itu kenapa, dok?”. “Dok, ibu saya kakinya bengkak. Itu kenapa, dok?”.

Setelah saya memberikan pertanyaan lanjutan, anda tidak bisa menjawab. Jadi sebaiknya, pertanyaan-pertanyaan seperti ini akan saya bahas videonya seperti pada kesempatan kali ini. Jadi, kenapa kaki saya bengkak? Kalau saya langsung memberikan diagnosa, tentu saja akan ‘ngawur’. Karena saya tidak tahu data yang anda berikan. Saya tidak tahu data yang sebenarnya. Contohnya pada video kali ini, kenapa kaki saya bengkak? ‘Kaki saya bengkak’ itu faktornya banyak, penyebabnya banyak.

Yang pertama, mungkin anda habis kesandung. Habis keseleo. Pernah keseleo ‘kan? Kakinya bengkak ‘kan? Sakit. Seperti itu. Kemudian, bisa juga digigit serangga atau digigit ular. Hal itu juga bisa menyebabkan bengkak. Atau kondisi yang paling sering terjadi pada orang tua adalah karena pembuluh darah mereka sudah tidak bagus lagi. Biasanya terjadi penyempitan atau penyumbatan. Akhirnya, cairan di dalam darah akan merembes melalui pembuluh darah dan akan masuk ke jaringan.

Akhirnya, jaringan pada kaki akan mengalami pembengkakan. Atau mungkin, anda menderita penyakit-penyakit seperti berikut. Yang pertama adalah penyakit jantung. Jadi, seseorang yang mengalami penyakit jantung  bisa juga terjadi pembengkakan pada kaki kiri maupun kanan. Dan ketika ditekan, akan meninggalkan bekas disana dan lama untuk kembali seperti semula.

Atau yang kedua, anda mengalami penyakit gagal ginjal atau penyakit ginjal.

Hal ini juga dapat menyebabkan kaki anda bengkak. Jika anda bertanya tanpa memberikan keterangan hasil lab’nya bagaimana, kemudian keluhan lainnya bagaimana, saya tidak mungkin bisa menjawab pertanyaan anda. Jadi, bukan berarti saya tidak mau menjawab. Tetapi karena informasi yang anda berikan tidak lengkap. Usia juga tidak tahu.

Kemudian, penyebab yang ketiga. Anda mungkin mengalami gangguan liver. Misalnya pada orang sirosis, kakinya juga bisa bengkak. Perut mereka juga ikut bengkak. Kemudian, penyakit yang selanjutnya adalah diabetes. Untuk penyakit diabetes, selain bengkak pada kaki, anda juga harus memperhatikan warna pada kulit kaki.

Bukan cuma kaki saja. Bagian anggota tubuh yang lain juga harus anda perhatikan. Memang yang utama adalah pada kaki. Karena syarafnya yang kurang sensitif terhadap rangsangan akibat penyakit diabetes tadi akan mudah sekali untuk tersandung sesuatu. Jadi, mereka tidak merasakan kalau sudah tertusuk paku, misalnya. Akhirnya, mudah sekali mengalami infeksi jika tidak dibersihkan.

Kemudian, penyakit yang selanjutnya adalah asam urat. Biasanya pada mereka yang asam urat, kalau kronis, biasanya tidak ada serangan. Ketika terjadi serangan, maka akan terjadi pembengkakan pada punggung kaki, misalnya. Atau pada jempol kaki. Ini semua adalah hal-hal yang dapat menyebabkan kaki anda bengkak.

Jadi mungkin bagi anda yang sekarang menonton video ini dan pernah menanyakan hal ini : “Kenapa kaki om saya bengkak?”. “Kenapa kaki tante saya bengkak?”. Silahkan dilihat mana penyebabnya. Dan saran saya adalah ketika kaki anda bengkak di luar keseleo, dan satu lagi, hamil juga dapat menyebabkan kaki anda bengkak. Atau anda  terlalu lama berdiri, terlalu lama duduk, dan menggunakan high heels juga dapat menyebabkan kaki anda bengkak.

Tetapi ketika faktor-faktor tadi tidak terjadi pada diri anda, kemungkinan anda menderita salah satu penyakit yang sudah saya sebutkan sebelumnya.

Sebaiknya, anda periksakan diri anda ke dokter. Kecuali ketika kaki anda keseleo. Sudahlah, anda tidak perlu jauh-jauh ke dokter, misalnya seperti itu. Mungkin anda bisa merawat diri anda di rumah atau panggil tukang pijat, silahkan. Namun ketika tulang anda sudah retak, sebaiknya anda ke Rumah Sakit. Apalagi jika mengidap penyakit-penyakit yang tadi sudah saya sebutkan.

Semoga video singkat ini bermanfaat untuk anda semua. Dan seperti biasa, jika anda menyukai channel seperti ini, silahkan klik like di bawah ini, subscribe dan share kepada teman-teman anda.

Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Kenapa Kaki Saya Bengkak ?

Kenapa Kaki Saya Bengkak ?

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas tentang : “Kenapa Kaki Saya Bengkak?”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here