Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Apakah Wanita Hamil Boleh Naik Motor?”.

Sobat sehat, apabila ada yang bertanya “Apakah Wanita Hamil Boleh Naik Motor?”, maka jawabannya adalah TERGANTUNG. Bukan boleh atau tidak boleh. Tetapi dilihat dulu kondisinya seperti apa. Karena apabila kita naik motor, entah itu kita mengendarai motor sendiri atau dibonceng, kita harus melihat dari segi kehamilannya dulu.

Kehamilan itu dibagi menjadi tiga tahap. Yaitu trimester pertama, trimester kedua dan trimeser ketiga.

Pada saat trimester pertama, gejala yang dirasakan oleh mayoritas wanita hamil adalah merasa sering mual, muntah dan pusing. Kalau kondisinya seperti ini, sebaiknya anda tidak menyetir motor sendiri. Jadi, sebaiknya anda dibonceng orang lain. Dan apabila tidak ada keperluan, lebih baik anda diam di rumah, tidak usah naik motor. Yang dikhawatirkan, ketika anda mual, muntah dan pusing ketika berkendara, hal ini dapat berbahaya untuk anda dan janin anda.

Ketika sudah masuk ke trimester kedua, biasanya sudah lebih aman. Jadi gejala-gejala tadi sudah mulai berkurang dan stabil. Jadi, anda bisa menyetir sendiri tanpa masalah karena kehamilan itu bukan penyakit. Tetapi pada beberapa orang memang dapat mengalami gejala mual, muntah dan pusing. Tetapi jika anda merasa baik-baik saja, sebenarnya tidak apa-apa jika anda mengendarai sepeda motor sendiri.

Mungkin banyak yang beranggapan lebih aman naik mobil agar janinnya tidak kenapa-kenapa. Jika anda ingin lebih aman, memang lebih baik seperti itu. Sehingga anda dapat terlindungi dari panasnya matahari, hujan maupun goncangan. Apalagi kalau jalannya jelek, maka sebaiknya anda mengurangi perjalanan jauh.

Kemudian kita masuk ke trimester ketiga. Di trimester ketiga, perut ibu hamil sudah mulai membesar. Jadi, masalahnya adalah di kestabilan. Apabila anda ingin membawa motor sendiri, sebaiknya jangan lakukan. Lebih baik anda dibonceng orang lain saja agar lebih aman. Tetapi apabila di jalan tersebut ada banyak lubangnya, tidak rata, atau anda harus menempuh perjalanan jauh, sebaiknya anda naik mobil.

Kondisi setiap orang memang berbeda-beda.

Kalau adanya hanya motor, mau bagaimana lagi? Tetapi apabila anda naik motor, sebaiknya anda berhati-hati. Jadi, anda harus menggunakan helm. Dan apabila anda ingin ke Rumah Sakit, biasanya karena di kota jalanannya lebih macet, mereka lebih cepat penanganannya. Ketika akan persalinan dan baru pembukaan awal, mereka sudah pergi ke Rumah Sakit atau ke bidan.

Tetapi kalau orang-orang yang tinggal di desa, mereka berpikir ‘santai saja’, karena pergi ke dokter atau bidan hanya memakan waktu 10-15 menit. Jadi mereka menunggu bukaan 9-10, barulah mereka berangkat ke Rumah Sakit atau bidan. Saran saya, jangan menunggu sampai seperti itu. Jadi, sebaiknya ketika sudah pembukaan awal, harus segera dibawa ke Rumah Sakit atau bidan sehingga anda tidak terburu-buru ketika mengendarai motor. Kalau bisa, wanita yang akan persalinan dibawa menggunakan mobil.

Tetapi apabila anda ingin bepergian untuk hal yang tidak penting sekali, misalkan ingin bertemu teman, sebaiknya anda tidak usah bepergian. Jika hal penting seperti ingin membeli obat, silahkan saja. Kalau bisa, lebih baik anda menyuruh orang lain saja. Misalnya saudara atau suami anda yang bisa anda suruh membelikan apa yang anda butuhkan.

Jadi kesimpulannya, semua itu tergantung anda sedang berada di trimester ke berapa. Dan juga tergantung kondisi tubuh anda. Kemudian ada satu hal lagi, tinggi wanita itu kan berbeda-beda. Jadi, wanita hamil yang postur tubuhnya lebih pendek itu lebih rentan ketika naik sepeda motor. Dari segi keseimbangan, mungkin ketika tidak hamil saja sudah agak kesusahan untuk naik motor karena kakinya pendek. Apalagi kalau sedang hamil?

Jadi, kenali tubuh anda sendiri.

Sobat sehat, mungkin ini saja informasi yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat. Informasi ini memang singkat, tetapi informasi ini penting bagi wanita yang sedang hamil.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Apakah Wanita Hamil Boleh Naik Motor?

Apakah Wanita Hamil Boleh Naik Motor?

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Apakah Wanita Hamil Boleh Naik Motor?”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here