Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas Q&A lanjutan. Jadi bagi anda semua yang sudah mengetik di kolom comment dan memberikan pertanyaan, terima kasih untuk pertanyaannya. Tetapi maaf, saya tidak bisa membalas semuanya di kolom comment. Jadi comment dari Instagram atau YouTube, saya tidak bisa membahas semuanya.

Dan pada kesempatan kali ini, saya memilih beberapa pertanyaan yang akan saya bahas. Jadi ada beberapa pertanyaan yang cukup menarik. Ada yang bertanya seperti ini : “Dokter Sung, apakah tidur siang dapat menyebabkan kegemukan?”. Tunggu jawabannya setelah yang satu ini!!

Sobat sehat, saya akan membahas pertanyaan-pertanyaan anda. Jadi, pertanyaan pertama datang dari Oman Nizwa : “Dok, saya mau tanya. Setiap akan datang bulan, saya selalu mengalami sakit kepala yang sangat parah. Yaitu 2-3 hari sebelumnya, serta hari pertama atau hari kedua sakit kepala minimal 1 minggu. Jadi, bagaimana solusinya?”.

Saran dari saya adalah coba perhatikan lifestyle atau gaya hidup anda.

Mungkin anda kurang istirahat. Kemudian, apakah anda sudah pernah cek di lab? Apakah anda menderita anemia atau tidak? Biasanya orang yang mengalami anemia pada saat datang bulan muncul gejala seperti ini. Badannya lemas dan kepala pusing.

Saran saya agar anda lebih paham tentang kondisi tubuh anda, coba konsultasikan dengan dokter anda. Jadi, ceritakan semua keluhan anda, apa yang anda alami agar bisa mendapatkan jawaban yang baik. Jika saya hanya menjawab sekilas pertanyaan seperti ini, saya hanya bisa menyarankan kepada anda. Coba makan makanan yang bergizi. Kemudian olahraga teratur, dan istirahat yang cukup. Serta cobalah cek lab juga. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan untuk Oman Nizwa. Dan untuk teman-teman atau sobat sehat yang punya masalah sejenis ini.

Lanjut ke pertanyaan kedua, dari Ezy Zhee : “Halo dokter, saya mau tanya. Sampai umur berapa menstruasi berhenti total? Atau di usia berapa menstruasi sudah tidak aktif lagi? Terima kasih”.

Jadi, setiap wanita itu masa berhenti mestruasi atau menopause itu berbeda-beda. Umumnya di atas 48-53 tahun.

Jadi yang perlu anda perhatikan adalah gejala-gejalanya. Dari pre-menopause sampai anda memasuki masa menopause. Saya sudah bahas itu semua di YouTube channel saya atau video saya sebelumnya. Anda bisa tonton disini.

Saya lanjut ke pertanyaan berikutnya, datang dari Fikri Bondet : “Maaf dok, mau tanya. Orang bilang bawang bisa membesarkan payudara. Itu mitos atau fakta, dok?”.

Sampai sekarang, saya belum tahu ada penelitian atau studi yang mengatakan bahwa bawang bisa membesarkan payudara. Dulu saya sudah pernah bahas itu di video saya sebelumnya : “Cara Memperbesar Payudara”. Jadi ada mitos-mitos yang sudah pernah saya bahas. Dan penggunaan bawang ini bisa saya katakan adalah mitos. Jadi belum ada penelitiannya.

Mungkin bagi anda yang pernah dapat broadcast atau WA nyasar masalah memperbesar payudara, coba dicek kembali. Karena di zaman sekarang, banyak sekali toko-toko online yang menjual krim pembesar payudara tanpa nomor BPOM. Dan mungkin tanpa izin juga. Maka, anda harus berhati-hati.

Lalu kita masuk ke pertanyaan berikutnya. Dari Renaldi Photographer : “Halo dok, saya mau tanya. Gimana sih cara mengecilkan perut yang buncit dengan cepat? Karena saya sudah diet tapi masih buncit aja dok”.

Pertanyaan saya adalah ‘cara diet/pola makan anda bagaimana?’. Apakah disertai olahraga atau tidak? Dan istirahat anda bagaimana? Jika anda ingin cepat, paling cepat adalah anda lakukan operasi. Jadi ada yang namanya liposuction atau sedot lemak. Saya juga sudah pernah membahas itu sebelumnya. Namun yang disedot hanya lemak di bawah kulit saja. Kalau lemak di dalam organ dan sebagainya, itu tidak bisa.

Jadi saran saya untuk Renaldi, anda cari mentor atau personal training.

Misalkan anda ke pusat kebugaran atau ke gym. Anda cari personal trainer yang bisa membantu anda untuk mencapai goal anda, yaitu menurunkan berat badan atau mengecilkan perut tadi. Jadi, jangan minta cara instan.

Lalu kita masuk ke pertanyaan selanjutnya. Dari Toni Wijayanto : “Mau tanya dok, apakah olahraga dan istirahat yang teratur dapat mengurangi racun di dalam tubuh, dok?”.

Jadi begini.. Olahraga dan istirahat itu PERLU untuk tubuh anda.

Jadi untuk proses metabolisme di dalam tubuh, termasuk salah satunya mengeluarkan racun. Jika istirahat anda cukup, maka liver anda atau hati anda yang bertugas untuk men’detox, yaitu membuang racun dapat bekerja dengan baik daripada anda begadang terus.

Jadi pada saat tidur, organ anda dapat bekerja dengan baik. dapat beregenerasi dengan baik. Salah satunya liver anda. Kemudian, sistem pencernaan juga bertugas untuk membuang racun. Jadi bagi anda yang punya masalah dengan buang air besar, berarti racun anda tetap disimpan di dalam. Jadi, jangan sering menahan buang air besar dan buang air kecil. Jika anda tidak bisa buang air besar lewat dari 3 hari, silahkan konsultasikan ke dokter.

Kemudian, jaga waktu istirahat dan olahraga yang teratur. Pola makan anda juga harus dijaga. Mungkin itu saja penjelasan singkat dari saya. Semoga Toni bisa mengerti ya..

Saya lanjutkan ke pertanyaan berikutnya, dari Sopiyan : “Maaf dok, mau tanya.  Apakah asam lambung bisa menjalar ke ginjal?”. Jadi, asam lambung itu tempatnya di lambung dan tidak bisa menjalar ke ginjal. Karena salurannya beda. Kalau ginjal itu untuk menyaring darah, kemudian menghasilkan buangan, yaitu air seni. Kalau lambung, makanan dari lambung akan masuk ke usus kecil, kemudian ke usus besar. Jadi beda jalur. Kesimpulannya, asam lambung tidak bisa menjalar ke ginjal. Itu jawabannya.

Pertanyaan terakhir, dari Tvip DM1 : “Dokter Sung, mau tanya dong. Benar gak ya kalau tidur siang itu bisa menyebabkan kegemukan?”. Penjelasan saya seperti ini. Anda bisa kegemukan karena kalori yang masuk itu jauh lebih besar daripada kalori yang anda bakar. Jadi kasarannya, jika anda makan berlebih, anda tidak olahraga dan anda cuma tidur siang, maka anda akan gemuk. Tetapi jika anda makannya saja kurang, walaupun anda tidur siang, anda tidak akan gemuk. Justru sebaliknya berat anda bisa saja turun.

Jadi, tidak ada jawaban baku apakah tidur siang itu bisa menyebabkan kegemukan atau tidak.

Itu semua tergantung pola makan anda dan aktivitas fisik anda. Jadi apabila hidup anda teratur, makannya sesuai, kalori anda tidak berlebihan, maka anda tidur siang pun tidak masalah.

Itu tadi adalah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah anda berikan di kolom comment. Dan saya ucapkan terima kasih karena telah memberikan pertanyaan-pertanyaan tersebut. Dan untuk anda yang masih punya pertanyaan, silahkan anda bertanya lagi di kolom comment. Dan untuk anda semua yang butuh produk kesehatan, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat. Oke sobat sehat, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Apakah Tidur Siang Menyebabkan Kegemukan?

Apakah Tidur Siang Menyebabkan Kegemukan?

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas Q&A lanjutan. Dan pada kesempatan kali ini, saya memilih beberapa pertanyaan yang akan saya bahas. Jadi ada beberapa pertanyaan yang cukup menarik. Ada yang bertanya seperti ini : “Dokter Sung, apakah tidur siang dapat menyebabkan kegemukan?”. Tunggu jawabannya setelah yang satu ini!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here