Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik : “Apakah Rematik Selalu Asam Urat?

Sobat sehat, saya sering mendapatkan pertanyaan seputar rematik. Ada yang bertanya : “Dok, apakah mandi malam dapat menyebabkan rematik?”

“Dok, saya ini rematik. Apakah ini disebabkan oleh asam urat saya yang tinggi?”

Jadi, kali ini saya akan membahas seputar rematik dan beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang rematik. Jadi, anggapan orang awam tentang rematik adalah nyeri atau sakit pada persendian. Kalau di dunia medis, yang umum ada 3 macam. Yang pertama adalah Osteoarthritis. Kemudian yang kedua adalah Gout Arthritis, dan yang ketiga adalah Rheumatoid Asthritis. Mari kita bahas satu per satu dari yang pertama.

Yang pertama adalah Osteoarthritis.

Osteoarthritis biasanya menyerang sendi-sendi yang besar, contohnya pinggang dan lutut. Hal ini disebabkan karena penggunaan. Jadi, ini adalah penyakit degenerative, ka rena kita menggunakan sendi dalam waktu lama. Apalagi pada mereka yang overweight atau kelebihan berat badan. Tetapi dapat juga terjadi pada yang berat badannya normal namun selalu mengangkat beban berat. Misalnya harus memikul beras naik turun tangga. Akhirnya, lutut atau pinggangnya lama kelamaan mengalami osteoarthritis. Sudah penggunaannya jangka panjang, bebannya berat pula.

Lalu, bagaimana cara untuk mencegahnya?

Yang pertama adalah kurangi beban. Beban ini bisa dari beban yang anda angkat atau beban yang sudah ada di dalam tubuh anda. Seperti lemak, contohnya. Bagi yang kelebihan berat badan, segera kurangi berat badan anda. Kemudian, penuhi juga nutrisi untuk sendi-sendi. Yaitu seperti glukosamin dan omega-3. Omega-3 juga dapat membantu mengurangi peradangan. Kemudian, kalsium juga berperan untuk tulang. Coba perhatikan makanan anda agar nutrisi anda tetap terjaga. Kemudian ada juga protein dan vitamin C yang dapat membantu penyerapan kalsium tadi.

Lalu kita masuk ke yang kedua, yaitu Gout Arthritis.

Hal ini disebabkan oleh asam urat. Saya pernah membahas di video saya sebelumnya tentang Gout atau asam urat. Asam urat itu sendiri sebenarnya diproduksi dari metabolisme protein yang kita sebut dengan purin. Purin ini akan dibuang oleh tubuh kita. Tetapi jika jumlahnya berlebihan, maka dapat berbahaya bagi tubuh kita. Sebenarnya tubuh kita setiap hari memproduksi, dan metabolisme DNA juga menghasilkan purin.

Namun, terkadang kita juga makan dari luar,  intake purin yang berlebihan. Contohnya jeroan, paru, babat, usus dan sebagainya. ini adalah makanan-makanan yang tinggi purin. Kemudian di sayuran hijau juga ada, contohnya bayam. Jadi untuk anda yang mengalami ini atau dalam masa pengobatan, sebaiknya dikurangi dulu makanan-makanan yang tinggi purin.

“Sayuran hijau ‘kan banyak mengandung antioksidan, dok. Bukankah bagus untuk tubuh?”

Itu memang benar. Tetapi jika anda sedang menjalani program pengobatan, hindari dulu sayuran hijau yang menghasilkan tinggi purin. Anda mengkonsumsi yang tidak menghasilkan tinggi purin saja. Tetapi, setiap individu itu berbeda. Ada yang bilang, “Saya makan sayuran hijau tidak apa-apa, tetapi kalau makan jeroan, purin saya naik”. Ada juga yang “Kalau makan bayam, purin saya naik”.

Jadi, kenali diri anda sendiri dan pelajari tubuh anda. Biasanya, hal ini terjadi pada sendi-sendi di bagian jari. Misalnya pada jari kaki. Anda bisa lihat gambarnya. Jadi ada yang namanya tophus. Tophus ini merupakan penumpukan dari kristal urat. Ketika anda cek di dalam darah, ada asam urat ‘kan? Jika di dalam jaringan sendi namanya tophus. Tophus ini bisa mengeras seperti tulang, sehingga jarinya bengkok. Kalau sudah seperti itu, biasanya sudah kronis. Oleh sebab itu harus dilakukan operasi.

Kemudian yang terakhir adalah rheumatoid arthritis.

Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh kita yang lagi error. Seharusnya, sistem kekebalan tubuh kita menyerang bakteri, virus ataupun benda asing yang masuk yang dapat membahayakan tubuh. Tetapi, pada penyakit ini justru yang diserang adalah sendi kita. Biasanya terjadi di keduanya, kiri dan kanan. Kalau osteoarthritis, biasanya yang sakit hanya salah satu bagian tubuh. Tetapi bisa juga keduanya jika sudah lama sekali. Sedangkan rheumatoid arthritis menyerang keduanya, jari-jari kiri dan kanan.

Biasanya ketika bangun pagi terasa nyeri. Setelah setengah jam,/satu jam, nyerinya akan berkurang. Kalau sudah seperti ini, saran saya adalah apapun nyeri sendi yang anda alami, anda harus konsultasi ke dokter.

Jadi, video ini saya buat bukan untuk mendiagnosa penyakit anda. Ini sekedar pengetahuan bahwa nyeri sendi itu bukan hanya asam urat. Lalu, bagaimana dengan mandi malam? Apakah bisa menyebabkan rematik?

Pastinya dulu kita sering mendengar nenek moyang kita berkata begitu. Atau juga, “jangan tidur di lantai, nanti kena rematik!”. Jadi, sebenarnya hal itu tidak benar, tetapi juga tidak 100% salah. Faktor yang membuat kita nyeri sendi sudah saya sebutkan sebelumnya seperti penggunaan berlebihan itu osteoarthritis, kemudian penumpukan asam urat itu gout arthritis, lalu dari autoimun itu rheumatoid arthritis.

Bagi mereka yang sudah mengalami nyeri sendi, dingin akan memperparah atau memicu nyerinya.

Jadi, bukan berarti hal itu yang menyebabkan nyeri. Penyebabnya adalah yang seperti sudah saya sebutkan tadi. Dingin itu hanya memperparah nyerinya. Jadi apabila anda memang ingin mandi malam, gunakan air yang hangat sehingga tidak memperparah nyeri sendi anda. Jadi, kurang lebih seperti itu penjelasannya.

Sekian penjelasan saya tentang nyeri sendi dan rematik. Untuk anda yang memiliki pertanyaan seputar nyeri sendi dan lain-lain, silahkan comment di bawah. Tetapi jangan bertanya : “Dok, lutut om saya nyeri itu kenapa ya?”

Saya bukan dukun, tetapi dokter. Jadi, saya harus memeriksa dulu fisik anda. Saya harus cek lututnya, saya harus tanya dulu riwayatnya bagaimana, apakah pernah jatuh dan sebagainya.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat untuk anda semua. Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Apakah Rematik Selalu Asam Urat?

Apakah Rematik Selalu Asam Urat?

Sobat sehat, saya sering mendapatkan pertanyaan seputar rematik. Ada yang bertanya : “Dok, apakah mandi malam dapat menyebabkan rematik?”. “Dok, saya ini rematik. Apakah ini disebabkan oleh asam urat saya yang tinggi?”

Jadi pada kesempatan kali ini saya akan membahas topik : “Apakah Rematik Selalu Asam Urat?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here