Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Apa yang Harus Saya Lakukan Ketika Memar Karena Terbentur?”.

Sebelum kita mulai, saya putar dulu jamnya. Sobat sehat, kita semua pasti pernah mengalami yang namanya luka, apapun penyebabnya. Mungkin tidak sengaja kena pisau atau kena silet, pisau cutter, kena paku, ataupun digigit binatang peliharaan anda. Seperti kucing, anjing, zombie. Eh, kok zombie? Ini efek kemarin habis nonton “My Zombie Crush”. Mari kita bahas.

Untuk kali ini, saya akan membahas topik ketika kita habis terbentur, apa yang harus kita lakukan? Apakah diberi air panas, atau diberi air dingin lalu dikompres? Misalkan anak anda sedang lari-lari, atau anda sendiri lari-lari, lalu tiba-tiba anda menabrak kaca yang tebal. Mungkin karena kaca tersebut bersih. Saya bukannya ngiklan pembersih kaca yaa.. Jadi karena kaca itu terlalu bening, anda tidak melihatnya, lalu anda tabrak dan kena kepala anda. Lalu, apa yang anda lakukan?

Atau anda habis lari-lari, lalu tidak sengaja tersandung. Dan kaki atau paha anda terkena ujung meja. Tidak sampai berdarah karena hanya terbentur. Lalu, apa yang anda lakukan?

Jadi, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan setelah anda terbentur.

Yang pertama adalah lokasi terbenturnya dulu. Jika yang terbentur adalah daerah kepala, anda harus perhatikan hal-hal berikut ini. Yang pertama, tidak terjadi penurunan kesadaran. Kemudian apabila anak anda yang terbentur atau anda sendiri tiba-tiba merasa sangat ngantuk, ataupun merasa mual sampai muntah, lalu terjadi lupa ingatan.

Jika anda mengalami hal-hal demikian, apalagi anda sampai kejang. Sebaiknya, anda langsung ke Rumah Sakit. Dibawa ke Rumah Sakit, ke IGD. Karena hal-hal tersebut, gejala-gejala yang sudah saya sebutkan tadi bisa jadi merupakan tanda bahwa anda mengalami gegar otak. Jadi, penanganannya harus darurat. Harus segera dibawa ke Rumah Sakit.

Tetapi jika tidak terjadi penurunan kesadaran, tidak terjadi hal-hal yang sudah saya sebutkan, maka anda bisa cek luka anda. Apabila lukanya hanya luka terbentur seperti itu, maka yang pertama kali harus anda lakukan adalah anda bisa mengambil air es atau gunakan es batu, kemudian dibungkus dengan kain yang halus dan lembut. Kemudian, tempelkan atau istilahnya kompres pada bagian yang terkena benturan tadi.

Mengapa tidak menggunakan air panas?

Tujuan menggunakan es batu atau yang suhunya dingin adalah agar pembuluh darah kita yang seperti selang itu vasokonstriksi atau berkontraksi sehingga mengurangi terjadinya pendarahan di bawah kulit. Supaya bengkaknya juga tidak bertambah parah.

Mungkin ada orang zaman dulu yang bilang : “Kalau habis terbentur, supaya tidak benjol ambillah pisau. Lalu tempelkan ke area yang terbentur”. Sebenarnya, tujuannya adalah mencari dinginnya. Anda bisa menggunakan es batu atau anda bisa menggunakan air es. Tujuannya adalah supaya tidak terjadi pendarahan lebih banyak atau mencegah pembengkakan di bawah kulit semakin membesar. Intinya, untuk mengurangi.

Kemudian misalkan habis terbentur, lalu ternyata ada luka sobek atau luka terbuka, misalnya. Coba dicek dulu, lukanya dalam atau tidak. Kalau tidak dalam, boleh anda cuci kemudian anda keringkan.

Berikan antiseptik, lalu bisa anda plester atau menggunakan kain kasa yang steril.

Tetapi jika lukanya dalam, sudah lukanya panjang, kemudian dalam pula. Maka sebaiknya anda bebat, kemudian anda bawa ke Rumah Sakit. Jadi, nanti di Rumah Sakit akan dibersihkan. Jadi harus segera dibawa ya, jangan menunggu lagi. Jadi, segera bawa ke Rumah Sakit. Nanti di Rumah Sakit akan dibersihkan. Kemudian jika perlu dijahit, luka tersebut akan dijahit.

Itu tadi adalah penjelasan apa yang harus anda lakukan. Kemudian, langkah selanjutnya adalah istirahatkan. Jadi, bagian yang terbentur tadi harus diistirahatkan. Misalkan kaki anda yang terkena benturan, maka harus diistirahatkan. Jadi, jangan main bola dulu. Tunggu sembuh dulu, baru anda main bola lagi. Karena pasti terjadi gangguan fungsi disana. Sudah bengkak, nyeri, merah, sakit pula. Itu adalah tanda-tanda peradangan dan gangguan fungsi. Jadi, harus diistirahatkan supaya lebih cepat sembuh.

Kemudian yang terakhir adalah berikan pereda nyeri. Itu jika anda tidak bisa menahan nyerinya. Tetapi jika anda bisa menahan nyerinya, ya sudah. Biarkan saja. Dengan anda makan makanan yang bergizi, maka akan memberikan nutrisi pada luka anda. Akhirnya, luka anda akan cepat sembuh.

Sobat sehat, saya juga mendapatkan pertanyaan seperti ini : “Dok, bolehkah setelah saya terbentur, lalu saya oleskan salep?”. Saya tidak menyebutkan merek, tetapi isinya adalah  Heparin. Heparin ini mempunyai efek antikoagulan atau pengencer darah.

Jadi, saran saya adalah ketika baru saja terbentur, jangan diberikan salep tersebut. Anda boleh memberikan salep tersebut di hari ketiga atau hari keempat. Jadi pada hari pertama dan kedua, cukup anda kompres dengan air es atau es batu yang suhunya lebih rendah.

“Berapa lama saya harus mengkompresnya?”.

Jadi, anda harus mengkompresnya sekitar 10-20 menit. Kemudian diistirahatkan selama 15 menit, lalu boleh dikompres lagi. Jadi, lakukan seperti itu. Jangan anda kompres seharian. Itu juga tidak baik.

Oke sobat sehat, itu tadi penjelasan tentang apa yang perlu anda lakukan ketika anda habis terbentur. Luka-luka lainnya seperti digigit ular atau digigit serangga akan saya bahas di video saya selanjutnya. Untuk kali ini, saya hanya membahas tentang apa yang perlu anda lakukan ketika anda habis terbentur.

Dan seperti biasa, untuk anda semua yang sedang mencari produk untuk mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, bagi anda yang menyukai video seperti ini, silahkan klik like di bawah ini. Dan silahkan anda comment di bawah saya harus bahas topikapalagi selanjutnya. Dan bagi anda yang belum subscribe, silahkan subscribe serta aktifkan loncengnya.

Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Apa yang Harus Saya Lakukan Ketika Memar Karena Terbentur?

Apa yang Harus Saya Lakukan Ketika Memar Karena Terbentur?

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas sebuah topik. Yaitu : “Apa yang Harus Saya Lakukan Ketika Memar Karena Terbentur?”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here