Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas : “Apa Penyebab Lumpuh Separuh Wajah atau Bell’s Palsy?”.

Sobat sehat, saya sering mendapatkan pertanyaan, “Dok, mengapa om saya wajahnya lumpuh sebelah?”. “Dok, mengapa om saya ketika tersenyum wajahnya asimetris?”. “Dok, mengapa tante saya untuk tersenyum itu susah sekali?”. Jadi tidak bisa rapat, senyum terbuka juga tidak biasa maksimal.

Sobat sehat, jika saya mendapatkan pertanyaan seperti ini, di dalam pikiran saya pertama kali adalah kalau tidak stroke, ya bell’s palsy. Sebagai dokter, saya harus berpikir yang emergency terlebih dahulu, yaitu stroke.

Lalu, apa perbedaan antara stroke dan bell’s palsy? Dan apakah penyebabnya?

Saya jelaskan dahulu. Kalau stroke, biasanya bukan hanya wajah yang terserang. Jadi, separuh anggota badan juga mengalami kelumpuhan. Biasanya atau pada umumnya seperti itu.

Lalu, bagaimana dengan bell’s palsy? Pada bell’s palsy ini, mereka kadang tidak tahu ketika mereka mengalami kelumpuhan ini saat bangun tidur. Kemudian tahunya ketika bertemu dengan anggota keluarga yang lain. “Loh, kok wajah kamu seperti itu? Ekspresinya datar separuh atau lumpuh separuh”. Atau mereka sadar pada saat cuci muka, lalu bangun dan melihat cermin.  Biasanya hal ini ketahuan pada saat melihat cermin. 

“Lalu, apa penyebab bell’s palsy ini, dok?”. Jadi bell’s palsy atau kelumpuhan pada separuh wajah ini disebabkan karena lumpuhnya syaraf fasialis atau syaraf nomor 7. Biasanya, hal ini disebabkan karena virus. Jadi karena infeksi virus.

Namun beberapa pendapat juga mengatakan, terutama pengobatan dari Timur yang mengatakan karena terpapar oleh angin dingin. Misalnya seperti AC, kemudian kipas angin, atau sering keluar pada malam hari menggunakan motor, namun tidak menggunakan helm. Hal ini juga dapat menyebabkan kelumpuhan pada syaraf nomor 7 tadi.

Tetapi prinsipnya apapun kelumpuhan tersebut, kita sebagai dokter selalu menganggap itu adalah kasus emergency. Jadi untuk anda semua yang mengalami hal demikian, segera periksakan diri anda ke dokter. Lalu, apa saja yang perlu diperhatikan?

 Misalkan saya punya tetangga atau diri saya sendiri mengalami hal demikian. Yang perlu anda perhatikan yang pertama adalah jika anda tidak bisa menutup mata dengan baik, sediakan obat tetes mata dan plester. Jadi, tutup mata anda dan diplester. Karena hal ini sangat berbahaya untuk mata anda, apabila tidak bisa menutup dengan rapat. Sehingga terkena angin terus menerus, dan akhirnya mata anda akan kering.

Lalu langkah kedua yang perlu anda lakukan adalah segera ke dokter untuk memeriksakan diri anda.

Kemungkinan besar anda mengalami bell’s palsy, atau bisa jadi itu adalah gejala stroke. Jadi, harus dipastikan karena penanganannya akan berbeda.

Saya akan ceritakan sedikit apa saja tanda-tanda bell’s palsy. Jadi seperti yang saya sebutkan, biasanya terjadi pada saat anda bangun tidur, tiba-tiba ketika anda lihat muka anda, “Loh, kok menceng sebelah?”. Tanda-tandanya, kelopak mata anda susah sekali untuk ditutup dengan rapat atau membuka dengan maksimal. Biasanya ketika anda buka, kerutan di dahi tidak ada. Tetapi di bagian sisi normal, terdapat kerutan.

Kemudian ketika anda senyum, mulut anda juga menceng sebelah. Jadi menceng ke arah yang normal. Sedangkan yang lumpuh tidak bergerak sama sekali. Ataupun kalau bergerak, itu hanya sedikit. Kemudian anda bisa lihat garis senyum. Garis senyumnya juga akan berbeda. Dan biasanya, penderita juga tidak akan mengalami nyeri pada daerah wajah.

Jadi bagi penderita bell’s palsy, mereka akan mengalami kesulitan untuk minum dan untuk meniup sesuatu. Itu tadi adalah gejala-gejala atau tanda-tanda mereka yang mengalami bell’s palsy.

Lalu, apakah penyakit ini bisa disembuhkan?

Biasanya atau pada umumnya penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam waktu 2 minggu hingga -10 bulan. Jadi, tergantung rentang waktunya. Dan biasanya apabila ditangani dengan baik, akan lebih cepat dan hasilnya akan jauh lebih baik. Jadi lebih cepat sembuh dibandingkan jika anda biarkan berlarut-larut. Jadi untuk anda semua yang mengalami hal demikian, segera kunjungi dokter untuk diperiksakan.

Oke, semoga informasi singkat tentang kelumpuhan separuh wajah ini dapat anda pahami. Jadi, jangan dengarkan lagi mitos-mitos yang mengatakan, ‘Oh, kamu habis dipukul jin, jadinya menceng sebelah!’. Itu adalah mitos ya..

Oke, sekian informasi yang dapat saya berikan kepada anda di video kali ini. Dan bagi anda yang membutuhkan produk untuk mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat. Dan seperti biasa bagi anda yang menyukai video ini, silahkan klik like di bawah ini, dan silahkan anda comment saya harus bikin topik apalagi untuk  selanjutnya. Serta bagi anda yang belum subscribe, silahkan subscribe. Sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!!

Apa Penyebab Lumpuh Separuh Wajah atau Bell’s Palsy?

Apa Penyebab Lumpuh Separuh Wajah atau Bell’s Palsy?

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada video kali ini, saya akan membahas : “Apa Penyebab Lumpuh Separuh Wajah atau Bell’s Palsy?”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here