Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali saya akan membahas sebuah penyakit yang sering terjadi pada jari, baik itu jari tangan atau jempol kaki. Yaitu : “Apa Itu Cantengan & Cara Mengatasinya”.

Sobat sehat, siapa disini yang pernah mengalami cantengan? Silahkan anda comment di bawah. Apa yang anda lakukan sebelumnya sehingga anda mengalami cantengan? Mungkin ketika anda memotong kuku tidak rapi, tergigit, atau apapun itu.

Jadi bagi anda yang belum pernah mendengar istilah ini, cantengan ini merupakan suatu penyakit yang biasa terjadi pada kuku kaki terutama pada bagian jempol kaki. Tetapi bisa juga terjadi pada jari tangan. Biasanya di bagian jempol tangan. Tetapi tidak menutup kemungkinan bisa terjadi pada jari yang lainnya.

Biasanya, penyakit ini ditandai dengan terjadi pembengkakan di salah satu sisi ujung jempol.

Mungkin bisa kita sebut dengan ingrowing nail. Jadi, kukunya tumbuh ke arah dalam. Biasanya disertai dengan rasa sakit. Kemudian di dalamnya terdapat cairan berupa nanah berwarna kuning keputihan. Kemudian terasa sakit, bengkak dan berwarna merah. Apalagi jika ditekan, pasti terasa sangat sakit serta berbau  busuk. Terutama cantengan yang berada di area kaki.

Ingrown nail. onychocryptosis. nail disease

Misalkan ketika anda pulang kerja, pasti kaki anda bau. Dan itu sangat mengganggu. Jadi, apa saja yang dapat menyebabkan penyakit ini terjadi?

Setiap orang memiliki anatomi atau bentuk kuku yang berbeda-beda. Dan biasanya, yang paling sering terjadi cantengan adalah mereka yang kukunya berbentuk kipas.

Kemudian ada juga karena faktor kesalahan dalam memotong kuku.

Siapa disini yang malas memotong kuku? Jadi, anda terbiasa menggigit dan mengupas kuku anda tanpa menggunakan potong kuku. Sebenarnya, kuku yang sehat itu tidak mudah dikelupas atau digigit. Biasanya kuku yang jelek dan mudah dikupas itu karena kekurangan zat gizi tertentu. Kalau kuku yang sehat, biasanya tidak mudah terkelupas karena kukunya keras.

Dalam penggunaan gunting kuku pun jika cara memotongnya salah, misalkan terlalu pendek juga dapat menyebabkan kuku anda tumbuh ke dalam dan tidak rapi. Itulah sebabnya kita sebut dengan ingrowing nail.

Kemudian faktor lainnya adalah karena menggunakan sepatu atau kaos kaki yang terlalu ketat. Sudah ketat, dipakai dalam jangka waktu lama pula. Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya cantengan.

Lalu, faktor yang terakhir adalah karena cedera. Misalkan anda yang suka olahraga bela diri. Mungkin pada saat anda menendang, kuku anda patah. Hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya cantengan.

“Lalu, apa yang harus saya lakukan dok ketika kuku saya sudah cantengan?”

Yang perlu anda lakukan adalah jaga kebersihannya sebelum anda pergi ke dokter. Dan saran saya, sebaiknya anda periksakan ke dokter. Dokter akan melakukan tindakan, mungkin akan dipotong bagian pinggir kukunya. Yang pasti, tergantung seberapa parah cantengan yang terjadi.

Sobat sehat, mungkin ini saja informasi yang dapat saya berikan untuk anda. Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat. Topik ini cukup ringan, tetapi pasti ada sobat sehat yang pernah mengalaminya dan bingung harus diapakan.

Mungkin kebanyakan orang hanya diberi obat merah povidone iodine dan tidak sembuh-sembuh.

Kalau sudah parah, memang harus anda bawa ke dokter untuk dilakukan tindakan medis. Biasanya akan dilakukan operasi kecil. Hanya akan dipotong sedikit dan dibersihkan. Jadi, kuku yang masuk ke dalam itu diambil. Jika hanya anda beri salep atau antiseptik, biasanya keduanya hanya digunakan untuk mencegah infeksi. Tetapi, hal ini tidak dapat menyelesaikan masalah. Jadi bagi anda yang mengalami hal ini, silahkan pergi ke dokter.

Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Apa Itu Cantengan & Cara Mengatasinya

Apa Itu Cantengan & Cara Mengatasinya

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali saya akan membahas sebuah penyakit yang sering terjadi pada jari, baik itu jari tangan atau jempol kaki. Yaitu : “Apa Itu Cantengan & Cara Mengatasinya”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here