Klik disini untuk melihat video tersebut

Halo sobat sehat, jumpa lagi dengan saya dr. Sung. Pada kesempatan kali saya akan membahas topik yaitu : “Apa Itu Ambeien dan Penyebabnya?”.

Sobat sehat, di video sebelumnya saya pernah membahas tentang sembelit atau konstipasi. Dimana seseorang yang mengalami hal tersebut akan mengalami susah buang air besar. Hal itu bisa dikarenakan kurang serat atau kurang cairan. Dan salah satu efeknya adalah bisa menyebabkan timbulnya wasir atau ambeien. Bahasa medisnya adalah hemoroid.

Jadi, hemoroid ini adalah pelebaran dari pleksus atau pembuluh darah vena di bagian ujung terakhir saluran pencernaan, yaitu di bagian rektum dan anus, atau kita sebut dengan dubur. Mengapa bisa terjadi pelebaran?

Disini saya sudah merangkum faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan hemoroid atau wasir.

Jadi, yang pertama adalah konstipasi atau sembelit yang berkepanjangan/kronis. Saya sudah pernah membahasnya di video sebelumnya.

Kemudian yang kedua adalah diare berkepanjangan.

Jadi selain  konstipasi atau sembelit yang berkepanjangan, diare berkepanjangan juga dapat menyebabkan hemoroid. Karena ada tekanan di intra abdomen atau di dalam perut. Itulah yang menyebabkan timbulnya benjolan di pembuluh darah.

Kemudian obesitas atau berat badan berlebihan. Juga pada mereka yang aktif melakukan seks anal. Kemudian terlalu sering duduk dalam jangka waktu lama. Jadi mereka yang punya pekerjaan dan harus duduk dalam waktu lama misalkan kerja di kantoran, harus kerjakan tugas di depan PC atau laptop, maka sesekali setiap 30 menit anda harus bangun untuk berdiri atau sekedar jalan-jalan santai sekitar 2-3 menit, kemudian anda bisa duduk lagi.

Lalu batuk kronis. Misalkan pada mereka yang menderita PPOK, Penyakit Paruh Obstruktif Menahun. Jadi me reka yang sering batuk-batuk dalam jangka panjang karena penyakit, sebaiknya anda cek ke dokter karena harus diobati. Jika tidak, selain penyakit paru-paru, anda juga bisa menderita hemoroid atau wasir.

Lalu sering mengangkat beban yang berat, kemudian wanita hamil sehingga mengalami pembuluh darah terjepit juga dapat menderita hemoroid atau wasir. Tetapi pada wanita hamil, hemoroid atau wasir ini dapat sembuh dengan sendirinya setelah melahirkan selama ia tidak melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan kerja intra abdomen sehingga menimbulkan tekanan.

Kemudian bertambahnya usia. Jadi semakin tua seseorang, maka otomatis kondisi seluruh organ di tubuhnya akan menurun, baik itu fungsi maupun kekuatannya.

Jadi semakin tua seseorang, maka otomatis kondisi seluruh organ di tubuhnya akan menurun, baik itu fungsi maupun kekuatannya.

Hemoroid itu sendiri diklarifikasikan menjadi dua.

Yaitu hemoroid eksterna dan hemoroid interna. Anda bisa melihat perbedaannya pada gambar berikut ini.

Jadi, hemoroid interna itu lebih di atas, terdapat di bagian dalam sehingga tidak terlihat. Sedangkan hemoroid eksterna itu lebih di bawah, istilahnya superior dan inferior. Lalu disini juga dibagi lagi. Derajat hemoroid interna itu ada empat.

Derajat yang pertama itu terjadi pembengkakan kecil yang muncul di dalam dinding anus dan tidak terlihat di luar anus. Kemudian pada derajat dua, terjadi pembengkakan lebih besar, kemudian keluar dari anus ketika buang air besar dan bisa masuk lagi dengan sendirinya. Jadi tidak perlu manual dengan tangan karena bisa masuk lagi dengan sendirinya.

Kalau sudah derajat tiga, jadi terdapat benjolan kecil yang menggantung di anus, namun ketika BAB ia keluar dan setelah selesai BAB harus dimasukkan manual. Sedangkan derajat empat adalah yang paling parah. Benjolan besar ini menggantung di anus dan tidak dapat dimasukkan kembali.

Jadi, terapi untuk derajat satu itu masih ringan. Anda hanya perlu mengubah pola makan anda dengan lebih banyak serat dan cairan. Anda juga perlu mengubah gaya hidup. Jadi bagi anda yang suka angkat beban berat, coba dihindari dulu. Bagi anda yang punya batuk kronis, segeralah diobati.

Sedangkan bagi yang derajatnya sudah lebih berat, biasanya perlu dilakukan tindakan pembedahan. Video ini tujuannya adalah untuk memberikan edukasi. Bukan untuk memberikan diagnosis dan terapi untuk anda. Namun jika masih derajat satu, anda bisa mengubah gaya hidup anda. Jika setelah anda mengubah gaya hidup anda tetapi hemoroid anda tidak kunjung sembuh, maka anda harus mengunjungi dokter anda, terutama dokter spesialis bedah sehingga bisa diberikan penilaian apa tindakan yang harus diberikan selanjutnya.

Mungkin ada yang bertanya : “Dok, apakah ambien itu selalu mengeluarkan darah segar?”

Jawabannya adalah tidak selalu. Ketika terjadi luka misalkan pada saat anda buang air besar, ketika pembuluh darah vena anda lemah, maka ketika terjadi gesekan akan menimbulkan luka dan menetes darah segar dari sana. Jadi, darahnya bukan berwarna hitam. Ini berbeda dengan pendarahan dari lambung anda. Biasanya warnanya hitam karena bercampur dengan asam lambung anda. Sedangkan darah pada wasir adalah darah segar.

Jadi bagi and yang punya kloset, coba dicek dulu apakah ada darahnya atau tidak sebelum di’flush. Terkadang akan terasa perih, tidak nyaman dan gatal pada area tersebut. Namun, terkadang juga bisa tanpa gejala. Jadi seperti orang normal, padahal terdapat benjolan disana.

Semoga informasi yang saya berikan ini dapat bermanfaat. Dan seperti biasa, bagi anda semua yang membutuhkan produk-produk yang mendukung gaya hidup sehat, silahkan anda kunjungi boxsehat.com

boxsehat.com ini merupakan salah satu e-commerce yang menyediakan produk untuk mendukung gaya hidup sehat.

Oke, sampai jumpa di video saya selanjutnya. Salam hebat luar biasa..!

Apa Itu Ambeien dan Penyebabnya?

“Apa Itu Ambeien dan Penyebabnya?”.

Sobat sehat, di video sebelumnya saya pernah membahas tentang sembelit atau konstipasi. Dimana seseorang yang mengalami hal tersebut akan mengalami susah buang air besar. Hal itu bisa dikarenakan kurang serat atau kurang cairan. Dan salah satu efeknya adalah bisa menyebabkan timbulnya wasir atau ambeien. Bahasa medisnya adalah hemoroid. Pada kesempatan kali saya akan membahas topik yaitu : “Apa Itu Ambeien dan Penyebabnya?”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here